Cara Cepat Upload Video ke Youtube

Apakah sobat hanhan adalah penikmat video youtube dan suatu waktu juga mempunyai keinginan agar memiliki video sendiri di situs tersebut, baik itu dengan tujuan untuk dimonetize atau hanya untuk sekedar have fun aja...apabila iya tentu akan melewati suatu proses sebelum video tersebut bisa ditayangkan....ya. proses itu adalah upload video.Pernahkah sobat hanhan mengalami kendala ketika proses upload video ke youtube.....kendala yang sering ditemui adalah lamanya proses upload video tersebut, bahkan ada yang mengalami stuck/ macet di 0% padahal waktu sudah berjalan cukup lama. seperti terlihat pada gambar diatas.

Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah ukuran file video yang terlalu besar dan koneksi internet yang lemot alias lambat. disini akan hanhan jelaskan bagaimana cara agar proses upload video ke youtube bisa berlangsung lebih cepat. simak langkah langkahnya ya sob....


Untuk mengatasi kendala koneksi yang lambat seperti yang telah hanhan sebut diatas yaitu dengan mempercepat koneksi internet sobat sekalian, atau paling tidak menstabilkan koneksi yang telah ada. Disini bisa dilakukan dengan cara sobat hanhan carilah waktu dimana koneksi internet yang sobat hanhan punyai memiliki kestabilan yang tinggi, ini biasanya terjadi di malam hari dimana jarang orang menggunakan/ mengakses internet.


sedangkan untuk mengatasi kendala besarnya ukuran file video yang sobat miliki yaitu dengan cara memperkecil/ mengkompresi ukuran video yang sobat miliki. Tentunya banyak sekali aplikasi aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file video. Nah...disini akan hanhan jelaskan salah satu aplikasi yang biasa hanhan gunakan untuk memperkecil ukuran file video, yaitu menggunakan aplikasi Handbrake, kenapa hanhan sarankan untuk menggunakan aplikasi tersebut?

alasannya adalah :
  • Aplikasi tersebut gratis/ freeware
  • Aplikasi cukup mudah digunakan, alias tidak ribet 
  • Proses berjalannya kompresi file terhitung relatif singkat 
  • Tidak membutuhkan PC/laptop dengan spesifikasi tinggi
Yup. berdasarkan keempat hal diatas maka hanhan lebih memilih aplikasi Handbrake tersebut.
baiklah....disini akan hanhan jelaskan bagaimana cara pemakaiannya. sebelumnya silahkan sobat hanhan download terlebih dahulu aplikasi Handbrake dengan mengklik link Handbrake ini. 

kemudian download file tersebut seperti pada gambar

Setelah sobat download jangan lupa untuk menginstallnya. kemudian bukalah aplikasi tersebut. nanti tampilannya akan seperti ini.


Pertama Klik Source, kemudian klik File untuk mencari file video yang akan kita perkecil size nya.

Setelah itu silahkan sobat klik tombol Browse untuk menentukan dimana file hasil kompresi tersebut akan disimpan.

Nanti akan muncul jendela Save As. Tentukan letak dimana file video kompresi tersebut akan sobat hanhan simpan, kemudian jangan lupa beri nama file videonya. Lalu klik save


Langkah selanjutnya silahkan pilih menu video sesuai dengan angka 1 pada gambar dibawah ini, kemudian lakukan setingan dengan menggeser ke sebelah kiri di pilihan Quality, saya anjurkan seting di angka 25 agar hasil kompresi video jauh lebih kecil dari video aslinya tanpa mengurangi kualitas video tersebut ( Lihat angka 2 ), lalu klik tombol Start ( pada angka 3 )




Setelah sobat hanhan menekan tombol Start maka proses kompresi akan berjalan. Waktu yang diperlukan untuk mengkompresi satu video milik hanhan dengan durasi tayang 44 menit (ukuran 2,7 Gb) hanya memakan waktu 28 menit saja di PC yang hanhan miliki.(lamanya waktu kompresi tergantung dari spesifikasi PC/ laptop sobat hanhan sekalian, semakin tinggi spesifikasinya maka waktu yang dibutuhkan akan semakin cepat).lihat gambar dibawah ini


Tunggu sampai proses kompresi selesai, dan lihatlah perbandingan besar ukuran file video asli dengan hasil kompresi( video asli milik hanhan sebelum dikompresi sebesar 2,7 Gb, setelah dikompresi hanya 426 Mb ). Jauh lebih kecil bukan..... Nah sampai disini sobat hanhan sudah memiliki video dengan ukuran jauh lebih kecil yang memiliki kualitas sama dengan vidoe aslinya. Sobat hanhan tinggal mengupload video hasil kompresi tadi ke youtube. Dan lihat hasilnya.....proses upload video akan jauh lebih cepat dari sebelumnya.....selamat mencoba.