7 Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop

7 Cara mempercepat kinerja komputer atau laptop

kali ini hanhan membahas tentang bagaimana cara mempercepat kinerja suatu komputer/ laptop. Memiliki komputer yang lambat tentu sangat menguji kesabaran sobat hanhan sekalian.
Tidak heran jika beberapa orang sangat kesal ketika mengerjakan tugas sekolah/ kantor dengan komputer yang sangat lambat/ lelet.Banyak dari mereka yang lebih memilih mengerjakan tugas di warnet daripada menggunakan komputer yang kinerjanya super lambat.
Sebenarnya, untuk mengatasi komputer/ laptop yang cenderung semakin lama semakin lambat/ lelet, sobat hanhan hanya perlu melakukan perawatan secara rutin dan juga melakukan beberapa hal yang akan hanhan jelaskan satu per satu dalam postingan hanhan kali ini.
Okey langsung saja, untuk mengatasi kinerja komputer/ laptop yang semakin lama semakin lambat, lakukan beberapa hal dibawah ini untuk membantu mempercepat kinerja komputer/ laptop sobat hanhan sekalian.....

1. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang terlalu berat menyebabkan kinerja suatu komputer/ laptop menjadi lambat. Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar lagi merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer. misal jika komputer sobat hanhan hanya memiliki RAM 2Giga tidak ada salahnya dengan menambahkan lagi, misal menjadi 4Giga.
Perhatikan pula kapasitas harddisk sobat hanhan. Jika memang sudah hampir penuh (misalkan tersisa 10GB), tidak heran jika komputer/ laptop kita semakin melambat saja. hanhan sarankan agar sobat hanhan memperbesar kapasitas harddisk dan jika mempunyai dana lebih, tidak ada salahnya membeli SSD untuk meningkatkan performa komputer/ laptop sobat hanhan.

2. Hapus file-file sementara (sampah) pada Recycle Bin

File sementara (sampah) dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika sobat hanhan menghapusnya. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin. Apabila sobat hanhan menghendaki untuk menghapus file secara permanen tanpa disimpan di Recycle Bin yaitu dengan cara menekan tombol SHIFT + Delete saat mengapus file, maka secara otomatis file akan langsung hilang tanpa mampir terlebih dahulu di Recycle Bin.

3. Uninstall program yang tidak penting

Untuk apa menginstal program yang tidak digunakan. Sayang jika menginstal program yang hanya memenuhi hard disk sobat hanhan sekalian.
Untuk uninstall program, sobat hanhan bisa melakukannya melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan/ tidak penting.

4. Pasang Antivirus dan rajinlah untuk meng update nya

Pastikan sobat hanhan sudah menginstal antivirus. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/ file sobat hanhan sekalian. Setelah memasang anti virus sobat hanhan harus rajin meng update anti virus nya biar database anti virus selalu dalam keadaan up to date.

5. Minimalkan program yang berjalan pada Startup

Semakin banyak program yang berjalan pada startup menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kinerja suatu komputer menurun. hanhan sarankan untuk menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak penting dan tidak perlu berjalan di startup dengan cara tekan tombol Win+R >ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.(untuk windows 8 atau 10 silahkan menuju ke task manager lalu pilih tab start up, pilih aplikasi yang akan di disable)
Agar lebih mudah, anda juga bisa menggunakan aplikasi CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

6. Meminimalisir penggunaan efek visual

Semakin banyak efek visual yang digunakan, semakin bagus tampilan dekstop sobat hanhan. Dan yang perlu sobat hanhan garis bawahi, hal tersebut mengakibatkan semakin lambat pula kinerja komputer sobat hanhan sekalian bila terdapat banyak visual efek yang berjalan.
Untuk itu kita harus meminimalisir penggunaan efek visual pada dekstop dengan cara sebagai berikut:
Masuk ke Control Panel > System and Security > System, kemudian pilih Advanced system settings yang berada di pojok atas kiri jendela System.
Lalu pilih tab Advance kemudian klik Settings pada menu Performance.
Pada tab Visual Effect, silakan pilih custom dan uncheck efek visual yang tidak diperlukan. sobat hanhan bisa melihat settingan efek visual yang hanhan gunakan yang terdapat pada gambar berikut ini. Jika dirasa ada efek visual yang tidak muncul, dan sobat hanhan ingin mengembalikan tampilan nya ke semula silakan kembalikan ke default.
Catatan :
  • Pilih Let Windows choose what’s best for my computer, bila sobat hanhan ingin windows sendiri yang menentukan efek visual apa saja yang terbaik untuk komputer sobat hanhan sekalian.
  • Pilih Adjust for best appearance, bila sobat hanhan ingin desktop dalam tampilan yang paling baik. Tapi dampaknya bakalan bikin kesel, yaitu komputer menjadi lebih lelet.
  • Pilih Adjust for best performance, bila sobat hanhan ingin komputer dalam kinerja yang paling baik. Tapi siap-siap saja, mata sobat hanhan bakalan sedikit ‘tersiksa’, karena tidak ada efek visual yang memanjakan mata sobat hanhan sekalian. Tapi opsi ini cocok sekali untuk gaming.

7. Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi pada data membuat drive sobat hanhan bekerja lebih keras, tentu hal tersebut membuat performa komputer turun. Maka dari itu, hanhan menyarankan menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. sobat hanhan bisa menggunakan tool ini dengan cara klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

Demikian beberapa Cara yang bisa hanhan berikan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat hanhan sekalian. Selamat mencoba....

Share Jika Artikel ini bermanfaat


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar