Cara memperbaiki USB Device Not Recognized

Cara memperbaiki USB Device Not Recognized

Pernahkah sobat hanhan mengalami hal seperti ini : ketika mencolokan sebuah perangkat USB baik itu Flashdisk/ Harddisk eksternal / kabel USB ke PC/ laptop sobat hanhan sekalian tapi perangkat USB tersebut tidak terbaca dan muncul tulisan “USB Device Not Recognized”, kalau pernah maka simak beberapa langkah yang akan hanhan sampaikan di postingan kali ini.....
Pesan kesalahan “USB Device Not Recognized” biasanya akan muncul ketika Windows gagal mengenali perangkat USB yang tersambung ke komputer. Meskipun saat ini belum ada cara yang pasti untuk mengatasi hal tersebut, namun sobat hanhan dapat mencoba salah satu cara di bawah ini untuk memperbaikinya. simak langkah langkahnya ya sob....

Cara 1 : Goyang goyangkan perangkat USB

Adakalanya perangkat USB kita tidak terbaca oleh PC / laptop disebabkan karena port USB telah longgar, maka dengan sedikit menggoyang goyangkan perangkat USB yang tersambung ke PC/ laptop sobat hanhan sekalian mungkin bisa mengatasai masalah tersebut, namun apabila tidak membuahkan hasil silahkan sobat hanhan lanjut ke langkah berikutnya

Cara 2: Restart PC/ laptop Windows

Sering kali, dengan cara merestart komputer dapat mengatasi berbagai masalah pada Windows sobat hanhan sekalian. Jadi, ada baiknya sobat hanhan merestart PC/ laptop terlebih dahulu dan jangan lupa untuk menyimpan semua pekerjaan sobat hanhan sebelum merestart komputer.
Sebelum mengklik Restart, hanhan menyarankan agar sobat hanhan mencabut perangkat USB terlebih dahulu agar nantinya perangkat tersebut dikenali ulang.

Cara 3: Cabut PC dari stop kontak/ lepas baterai pada laptop dan pasangkan kembali dalam 15 menit

Cara ini mungkin terlihat konyol, namun beberapa pengguna Windows yang mendapat pesan error “USB Device Not Recognized” dapat kembali menggunakan perangkat USB mereka setelah menggunakan cara ini. Sebelum sobat hanhan mencabut kabel power supply dari stop kontak/ melepas baterai pada laptop, pastikan bahwa sobat hanhan sudah mematikan PC/ laptop dengan benar dengan shutdown terlebih dahulu. Tunggu 10 hingga 15 menit sebelum sobat hanhan kembali menyambungkan kabel listrik ke power supply/ memasang baterai pada laptop. Setelah itu cobalah hidupkan kembali PC/ laptop sobat hanhan dan sambungkan perangkat USBnya

Cara 4: Sambungkan perangkat USB ke port lain

Cara keempat ini mungkin tidak selalu berhasil, namun tidak ada salahnya sobat hanhan mencoba slot USB lain ketika mendapat pesan error “USB Device Not Recognized”. Jika sobat hanhan sedang menggunakan PC, hanhan sarankan agar mencoba port USB yang terletak di bagian belakang (karena terhubung langsung ke main board).

Cara 5: Update driver USB

Kemungkinan lainnya adalah karena driver USB untuk PC/ laptop  sobat hanhan sudah usang/ tidak up to date. Untuk memperbaruinya, ikuti langkah mudah di bawah ini:
Langkah 1: Buka Device Manager dengan cara mengklik kanan tombol Start lalu klik opsi Device Manager.
Langkah 2: Klik ganda Universal Serial Bus controllers dan lihat apakah terdapat perangkat USB dengan tulisan/ label unknown. Jika ada Unknown USB device, klik kanan pada perangkat tersebut dan klik Update Driver Software. Klik Search automatically untuk memperbarui driver secara otomatis.
usahakan PC/ laptop sobat hanhan terkoneksi dengan internet agar windows bisa otomatis mengupdate driver yang tidak dikenali tersebut.

Cara 6: Update driver Generic USB Hub

Selain karena driver perangkat itu sendiri, kerusakan “USB Device Not Recognized” juga dapat disebabkan karena driver USB Hub sudah usang. Untuk memperbarui driver USB Hub, silahkan sobat hanhan ikuti langkah di bawah ini.
Langkah 1: Buka Device Manager sekali lagi. klik opsi Universal Serial Bus controllers untuk melihat Generic USB Hub yang tersedia.
Langkah 2: Klik kanan pada opsi pertama Hub yang Anda temukan dan klik Update Driver Software. Klik Browse my computer for driver software, klik Let me pick from a list of device drivers on my computer, pilih Generic USB Hub, terakhir klik tombol Next.


 
Dalam beberapa detik seharusnya sobat hanhan akan melihat pesan “Windows has successfully updated your driver software”. mudah mudahan dengan cara diatas masalah USB device not recognize akan teratasi. Selamat mencoba

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar