Cara mengatasai file yang tidak bisa dihapus pada windows

Pernahkah sobat hanhan mengalami kesulitan saat menghapus sebuah file.....yup, adakalanya suatu file yang ada di PC/ laptop kita tidak bisa kita hapus. maka pada kesempatan kali ini, hanhan akan memberikan tips tentang cara mudah mengatasi file yang tidak bisa dihapus pada windows. Berikut ulasan lengkapnya dibawah ini.



1. Periksa apakah file tersebut masih terbuka/ tidak.

Salah satu penyebab file yang tidak bisa dihapus pada windows adalah ada beberapa file, atau aplikasi maupun folder yang belum di close atau ditutup. Ini yang menyebabkan jika akan menghapus file maupun folder ada pemberitahuan terlebih dahulu, seperti gambar dibawah ini.
Untuk mengatasinya silahkan sobat close/ tutup terlebih dahulu file tersebut, lalu barulah sobat hapus filenya.

2. Tutup Aplikasi Melalui Task Manager

Adakalanya meskipun kita sudah menutup aplikasi yang ada tapi masih belum bisa juga untuk menghapus file tersebut, karena ternyata aplikasi tersebut masih berjalan. maka sobat hanhan juga dapat melakukan cara lainnya yakni dengan cara menutup file tersebut melalui task manager, langkahnya sebagai berikut.
shortcut keyboard 1: Tekan Ctrl+Shift+Escape
shortcut keyboard 2: Tekan Ctrl+Alt+Delete dan pilih Task Manager
karena disini hanhan mencontohkan untuk menghapus sebuah file dokumen, dan ternyata masih ada proses aplikasi microsoft word yang berjalan, maka silahkan sobat hanhan pilih aplikasi tersebut, kemudian tekan end task. setelah aplikasi microsoft word berhenti barulah sobat hanhan hapus file dokumennya.

3. Lakukan Restart atau Rebooting pada perangkat komputer/laptop sobat hanhan

Cara berikutnya yakni sobat hanhan bisa langsung melakukan restart perangkat PC/ laptop, karena saat melakukan restart dapat mengurangi/ merefresh memori RAM dan juga dapat memperbaiki sistem yang mengalami sedikit kerusakan.

4. Cek setingan security file tersebut

Cara yang terakhir adalah sobat hanhan periksa setingan security file yang tidak bisa terhapus tersebut, barangkali memang diproteksi agar tidak bisa dihapus, dicopy/ dipindahkan lokasinya. caranya adalah klik kanan file....kemudian pilih properties.

Bisa sobat lihat di setingan Administrator semua terletak pada pilihan Deny, ubahlah setingan dengan menghapus semua pilihan Deny dengan meng klik tombol Edit.

Setelah itu klik OK. kalau hal tersebut sudah sobat hanhan lakukan silahkan hapus file tersebut.

5. Unlock File dengan aplikasi

Saat ini memang banyak aplikasi pihak ketiga yang berfungsi untuk Unlock/ membuka seting keamanan file, salah satunya bernama IOBIT Unlocker. Ini sangat cocok bagi sobat hanhan yang tidak mau ribet dan suka yang instan. silahkan sobat bisa download dengan mencari di mesin pencari google atau langsung menuju ke IOBIT

6. Boot Safe Mode

Cara yang terakhir bisa sobat hanhan lakukan dengan Booting ke safe mode, namun terlebih dahulu sobat hanhan harus reboot PC/ laptop, kemudian tekan “F8” sampai opsi boot ditampilkan. Seperti gambar dibawah ini.
Pilih safe mode lalu tekan Enter, maka windows akan berjalan di mode safe.lalu hapuslah file yang sobat hanhan ingin hapus.
Selamat mencoba