Cara Mudah Atasi Rasa Malas Berolahraga

Cara Mudah Atasi Rasa Malas Berolahraga

Apakah sobat hanhan sekalian suka berolahraga secara teratur ? dan hanhan kira jawaban dari sebagian besar sobat hanhan akan menjawabnya dengan sebuah kata yang cukup singkat....yaitu "JARANG atau bahkan TIDAK". ya hal tersebut cukup hanhan maklumi karena tidak semua orang suka berolahraga, khususnya yang dilakukan di gym. Mengapa? karena banyak orang berpendapat bahwa berolahraga di gym membosankan, apalagi jika dilakukan sendirian alias tidak ada teman atau orang yang kita kenal di gym tersebut dan tidak bisa dipungkiri, hal yang mudah membuat kita merasa bosan lambat laun akan dilupakan dan enggan untuk dilanjutkan. Selain rasa bosan, sebagian besar sobat hanhan juga merasa malas untuk berolahraga dan cenderung lebih menyukai kegiatan yang lebih sedikit menguras tenaga....alih alih berolahraga sebagian besar dari kita lebih memilih untuk kongkong bareng bareng temen atau asyik bermain game.
Namun sebetulnya ada beberapa orang yang awalnya tidak begitu menyukai olahraga tetapi akhirnya termotivasi untuk melakukannya.
Cara Mudah Atasi Rasa Malas Berolahraga

Penasaran apa yang membuat mereka tertarik sekejap atau setidaknya menjadi lebih berniat membuang keringat dengan cara sehat ini?
Jawabannya seperti dimuat di laman TIME, Rabu (26/10/2016), adalah musik. Tentunya sobat hanhan sudah terbiasa melihat seseorang yang tengah berlari atau melakukan aktivitas olahraga lainnya sambil mendengarkan musik bukan?

Ya, menurut para peneliti di University of British Columbia, Kanada, mendengarkan musik saat berolahraga, khususnya latihan olahraga yang tergolong dalam kategori High Intensity Interval Training (HIIT) seperti lari, sprint, jalan cepat, angkat beban dan kegiatan serupa yang didesain untuk meningkatkan metabolisme sekaligus memicu pembakaran lemak dalam tubuh, terbukti membuat seseorang lebih nyaman dan menikmati sesi berolahraganya dibandingkan mereka yang melakukannya dengan hampa tanpa iringan suara musik untuk menyemangatinya.
Hal itu dibuktikan melalui sebuah penelitian yang mereka lakukan beberapa waktu lalu terhadap sejumlah orang yang ditemui sedang berolahraga di area sekitar kampus.
Para peneliti menanyakan kepada mereka yang sedang berolahraga sambil mendengarkan lagu dan yang tidak soal kepuasan melakukan aktivitas tersebut dengan adanya atau tanpa adanya lagu kepada masing-masing individu.

Sebagian besar dari mereka mengaku bahwa mendengarkan lagu jauh lebih menyenangkan dan membuat kegiatan tersebut lebih menarik untuk dilakukan bahkan untuk mereka yang tidak terlalu suka melakukannya secara rutin.
“Mendengarkan musik secara tidak langsung membuat kegiatan olahraga tersebut menjadi terasa lebih singkat waktunya namun energi yang terkuras tetap banyak,” ujar salah satu peneliti di universitas tersebut.
Ia lanjut menjelaskan, musik, terutama yang iramanya kencang dan cepat secara tidak langsung memacu adrenalin sekaligus menumbuhkan semangat lewat psikis seseorang.

Pasalnya, tubuh kita akan termotivasi untuk bergerak mengikuti irama lagu dan fokus pun jadi lebih teralihkan pada lagu atau lirik yang dinyanyikan dalam lagu tersebut.
Inilah alasannya kenapa waktu terasa lebih singkat ketika berolahraga sambil mendengarkan lagu. Tanpa adanya lagu atau irama yang memotivasinya untuk bergerak, kita cenderung akan lebih fokus pada hal atau aktivitas yang kita lakukan yaitu, berolahraga.

Tentunya kita akan sangat mungkin menghabiskan waktu untuk memperhitungkan jarak yang sudah berhasil ia tempuh, berapa lama waktunya, serta menjadi sangat fokus pada rasa-rasa letih di bagian sendi kaki atau bagian tubuh lainnya yang sedang aktif digerakkan untuk kegiatan olahraga tersebut.

Nah....sekarang sobat hanhan sudah mengetahui tips agar kita giat berolahraga atau setidaknya memiliki sedikit semangat untuk berolahraga secara teratur. Pilihlah jenis musik yang sedikit bersemangat dan disukai oleh sobat hanhan sekalian. selamat berolahraga....
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar