Cara mudah memperbaiki kerusakan pada windows tanpa install ulang

Cara mudah memperbaiki kerusakan pada windows tanpa install ulang

Apakah PC/ laptop sobat hanhan sudah mulai terasa lambat dan mengalami berbagai macam kesulitan saat startup, itu mungkin disebabkan oleh file sistem Windows yang rusak, hilang, atau bahkan telah diubah oleh instalasi perangkat lunak/software yang terinstal pada windows sobat hanhan. Untuk men-scan, memverifikasi, dan memperbaiki file sistem, sobat hanhan sekalian bisa menggunakan utilitas commad prompt yang bernama Windows Resource Protection/ System File Checker
System File Checker atau sfc.exe merupakan sebuah utilitas di Microsoft Windows yang terletak di C:\Windows\System32 folder. Utilitas ini berguna untuk memindai dan memperbaiki file sistem Windows yang rusak (corrupt) / terhapus. SFC ini sendiri sudah tersedia secara default mulai Windows Vista (Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10). Nah, pada postingan kali ini, hanhan akan membahas mengenai bagaimana cara menggunakan SFC untuk memperbaiki kerusakan pada Windows, seperti contohnya kerusakan startup, bluescreen, Windows hang / macet, dan sebagainya. 
Jika sistem sobat hanhan hanya mampu start melalui safe mode, sobat hanhan masih mampu menjalankan utilitas tersebut. Bahkan jika sistem sama sekali tidak dapat dijalankan, sobat hanhan masih bisa menggunakan utilitas tersebut dari media instalasi(CD/DVD master instalasi Windows) melalui opsi repair mode pada saat booting.
Untuk dapat menjalankan SFC, sobat hanhan perlu hak administartor dengan cara mengklik kanan  lalu pilih Run As Administrator.
Jika sobat hanhan sedang membuka aplikasi lain, sebaiknya disimpan dan tutup terlebih dahulu.
untuk windows 7 silahkan Buka Start menu lalu pilih All Programs => Accessories. Cari Command Prompt lalu klik kanan dan pilih Run As Administrator.
Untuk Windows 8/ 10 dengan mengklik kanan logo windows dan pilih Command Promt (Admin)
Saat ini seharusnya jendela command prompt sudah terbuka dengan hak administrator. untuk mengetahui semua perintah SFC yang ada di windows sobat hanhan sekalian silahkan ketikkan sfc/?  maka akan muncul semua parameter yang ada.
Berikut akan hanhan jelaskan macam macam SFC beserta fungsinya :
ParameterFungsi
/offbootdirMenentukan lokasi file boot jika file tersebut tidak ditemukan pada PC terkait
/offwindirMenentukan lokasi file Windows jika tidak ditemukan pada PC terkait
/scanfileMemindai dan memperbaiki / mengganti kerusakan file yang ditentukan.
/scannowMemindai semua file Windows dan memperbaiki atau mengganti ketika ditemukan  kesalahan.
/verifyfileHanya memindai file yang ditentukan tanpa memperbaiki / menggantinya.
/verifyonlyPindai seluruh file sistem Windows tanpa memperbaiki / mengganti kerusakan file.
Disini hanhan sarankan untuk menggunakan perintah scannow karena nanti sistem akan otomatis melakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan. Sobat hanhan dapat menjalankan SFC dengan cara mengetik sfc /scannow dan tekan Enter. Setelah menekan Enter, SFC akan memulai memindai sistem dan mencari file yang rusak atau hilang. sobat hanhan akan melihat pesan seperti berikut ini yang menandakan SFC sukses dijalankan.
Atau sobat hanhan bisa menggunakan perintah sfc /verifyonly untuk men-scan tanpa melakukan perbaikan apa pun.
Atau juga bisa men-scan atau memverifikasi menggunakan opsi /scanfile=<file> atau verifyfile=<file> dengan path lengkap dari file yang dijadikan target, seperti contoh di bawah ini:
sfc /scanfile=c:\windows\system32\kernel32.dll
sfc /offbootdir=c:\
sfc /offwindir=c:\windows

Begitulah caranya, semoga bermanfaat.....


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar