Lakukan 9 Hal Ini Agar Ginjalmu Tetap Sehat


Ginjal adalah salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia, ginjal memiliki fungsi yang sangat vital dalam sistem ekskresi. Apakah bisa manusia hidup tanpa memiliki ginjal? Jawabannya adalah tidak, jika hanya memiliki satu ginjal maka manusia masih bisa hidup namun tidak bisa melakukan pekerjaan atau aktifitas yang terlalu berat.
Berikut ini akan hanhan sebutkan beberapa fungsi utama ginjal manusia :

Membentuk dan Mengeluarkan Urine
Fungsi pertama dari ginjal adalah sebagai salah satu organ dalam sistem ekskresi manusia. Ginjal akan menyaring cairan dan kemudian melakukan penyerapan terhadap zat-zat yang berguna bagi tubuh, dan zat sisa atau buangannya akan dibuang yang kita sebut dengan urine.

Bertugas Untuk Menyaring Darah
Makanan yang telah dicerna oleh sistem pencernaan manusia tentu menghasilkan limbah atau zat sisa dan racun. Bila racun dan zat limbah tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh maka akan sangat berbahaya. Seseorang bisa mati karena teracuni oleh toksin atau zat beracun tadi bila tidak memiliki ginjal. Ginjal setiap harinya bekerja untuk menyaring kurang lebih 200 liter darah setiap harinya dan 2 liter zat sisa ataupun air.

Mengatur Kadar Kalium Di Dalam Darah
Kalium adalah mineral yang memiliki fungsi untuk membuat jaringan, sel atau organ tubuh bekerja dengan baik dan sempurna. Kalium ini sangat penting untuk tubuh tapi jika kadar kalium dalam darah sudah berlebih maka sangat berbahaya karena bisa menyebabkan otot jantung berhenti berdenyut atau hiperkalamia. Disinilah ginjal memainkan perannya dengan cara menyerap dan membuang kadar kalium dalam darah, agar kadar kalium di dalam darah tetap seimbang.

Mengatur Keseimbangan Air Di Tubuh
Kadar air yang berlebih dalam darah sangatlah berbahaya karena akan membuat darah menjadi encer. Oleh karena itu sebagian air dibuang dari tubuh melalui ginjal. Setidaknya sampai 2 liter air tiap harinya yang dibuang oleh ginjal.

Mengeluarkan Zat Berbahaya Bagi Tubuh
Zat beracun akan sangat berbahaya jika tetap di dalam tubuh, dan ginjal lah yang berfungsi untuk membuangnya. contoh zat yang berbahaya bagi tubuh : amoniak, bakteri, urea, creatinin dan lain-lain.
9 hal agar ginjal sehat

Dari beberapa fungsi ginjal yang telah hanhan sebut diatas tentu kita semua telah memahami akan pentingnya ginjal bagi kesehatan tubuh kita. Bisa dibayangkan kalu ginjal yang ada di tubuh kita tidak berfungsi dengan baik, sudah bisa dipastikan kesehatan tubuh kita akan cukup buruk, oleh karena itu di postingan ini akan hanhan sebutkan beberapa tips agar ginjal kita bisa selalu berfungsi dengan baik. simak beberapa tips di bawah ini :

1. Minum cukup air

Meskipun tidak ada penelitian yang membuktikan banyak minum air bisa meningkatkan fungsi ginjal. tetapi banyak kalangan dokter yang menyarankan agar kita bisa mencukupi kebutuhan minum air putih kita, minimal 8 gelas perhari atau setara 2 liter air, konsumsilah air putih secara teratur sebelum kita merasakan kehausan, apalagi sampai terkena dehidrasi. sebaiknya juga jangan terlalu berlebihan.

2. Makan makanan yang sehat

Ginjal Anda dapat "mengerti" berbagai metode diet. Tapi, Dr. Simon mengatakan bahwa kebanyakan besar masalah ginjal muncul dari kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Karenanya, ia menyarankan agar kita mengikuti kebiasaan makan yang sehat untuk mengontrol berat badan dan tekanan darah.Mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi bisa tetap menjaga ginjal dalam kondisi sehat.

3. Olahraga teratur

Olahraga adalah ide yang baik karena seperti kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur dapat mencegah darah tinggi dan kenaikan berat badan. Tapi, berhati-hatilah juga jangan sampai kita berlebihan olahraga karena ada beberapa olahraga yang tidak cocok dilakukan dalam beberapa kondisi.
Terlalu banyak olahraga saat kondisi badan tidak sehat bisa membebani ginjal terutama jika kita olahraga terlalu banyak yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot.

4. Hati-hati menggunakan suplemen dan obat herbal

Terlalu berlebihan mengkonsumsi suplemen vitamin dan beberapa jenis obat herbal bisa membahayakan ginjal kita. Ini disebabkan karena nantinya ginjal akan bekerja cukup keras untuk menyaring zat zat yang masuk ke tubuh kita. Jangan biasakan membeli obat obatan tanpa adanya resep dari dokter, Cobalah bicarakan dengan dokter terkait vitamin atau herbal yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan kita.

5. Berhenti merokok

Yup, merokok merupakan hal yang wajar dilakukan oleh sebagian kaum Adam di negeri ini, bahkan sebagian kaum hawa pun bisa sobat hanhan temui sudah terbiasa merokok. Namun apakah sobat hanhan ketahui bahwa merokok dapat merusak pembuluh darah yang bisa mengurangi aliran darah di ginjal. Saat ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, mereka tidak dapat berfungsi optimal. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

6. Jangan minum obat berlebih

Obat-obatan tanpa resep seperti ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Jika kita memiliki ginjal yang sehat dan minum obat-obatan jenis tersebut dalam waktu singkat, mungkin itu tidak menimbulkan risiko. Tapi, jika kita mengonsumsinya secara teratur atau dalam jangka waktu yang lama untuk mengatasi nyeri kronis atau radang sendi, sebaiknya minta dokter untuk mengecek fungsi ginjal atau cari alternatif lain untuk mengatasinya.

7. Jangan terlalu sering begadang/ kurang tidur

Bagi sobat hanhan sekalian mungkin sering melakukan hal yang satu ini.... ya, begadang sudah merupakan suatu hal yang sangat biasa dilakukan, baik itu dilakukan oleh kaum pekerja yang dikejar deadline ataupun oleh sekumpulan pemuda yang hobi nongkrong. Namun tahukah sobat hanhan sekalian bahwa terlalu sering begadang sangat merugikan kesehatan kita. Hal ini disebabkan karena ketika kita begadang maka tubuh kita akan dipaksa terus menerus untuk bekerja tanpa istirahat yang cukup. Sama halnya dengan ginjal ketika dipaksa bekerja terus menerus untuk menyaring segala sesuatu yang ada di tubuh kita tanpa adanya istirahat yang cukup. Ini bisa memicu kerusakan fungsi ginjal.

8. Hindari stress

Orang yang mengalami stress berada pada risiko lebih besar untuk terkena sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi dari diabetes, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol abnormal. Jika hal itu terjadi maka kerja ginjal di tubuh kita akan semakin berat dan ini bisa cukup beresiko tinggi untuk merusak fungsi ginjal kita. Oleh sebab itu hanhan sarankan untuk menghindari stress, mungkin seperti mendengarkan musik, latihan teratur seperti ke gym, berjalan-jalan, atau yoga, bertemu dengan teman-teman, kerabat, atau bergabung dengan organisasi yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan orang yang kita sayangi.

9. Rajin memeriksa fungsi ginjal

Jika kita memiliki penyakit diabetes atau darah tinggi, biasanya dokter akan rutin memeriksa fungsi ginjal kita sebagai cara untuk merawat dan menjaga kesehatan ginjal.
Seringkali, ginjal terpengaruh oleh kondisi medis lainnya. Hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah dengan merawat tubuh kita. Sehingga, kita bisa mengurangi kesempatan atau risiko terkena penyakit ginjal.

Makan sehat, olahraga teratur dan mengontrol berat badan adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Mudah mudahan postingan ini bisa bermanfaat bagi sobat hanhan sekalian.....met beraktifitas.....