Tips  Ampuh  Mengobati Sakit Tengggorokan

Tips Ampuh Mengobati Sakit Tengggorokan

Udara dingin dan kelembaban yang begitu tinggi saat musim hujan seperti sekarang ini membuat beragam bakteri dan kuman berkembang dengan cepat.  Apabila sistem kekebalan tubuh sobat hanhan sedang tidak dalam keadaan baik, maka dapat dipastikan virus dan bakteri akan menyebabkan sobat hanhan sakit. Salah satu penyakit yang banyak menyerang sewaktu musim hujan adalah flu. Biasanya salah satu gejala kita akan mengalami flu adalah dengan ditandai munculnya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan akan membuat sobat hanhan merasa tidak nyaman, terutama ketika makan dan berbicara, baik yang ringan maupun yang berat tentunya dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, apalagi pada anak-anak, biasanya mereka cendrung rewel ketika terkena penyakit yang satu ini. Oleh karena itulah Mengobati sakit/ radang tenggorokan dipandang sangat perlu, namun mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara yang ampuh dalam mengobati radang tenggorokan ini.
Tips  Ampuh  Mengobati Sakit Tengggorokan

Nah, berikut ini sedikit tips dari hanhan untuk mengobati sakit tenggorokan :

1. Perbanyaklah Minum Air

Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini sobat hanhan tengah mengalami sakit tenggorokan atau radang. Terpenuhinya jumlah cairan dalam tubuh akan menjaga membran mukus tetap lembab sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitupula kemampuan tubuh dalam melawan ancaman gejala flu lainnya. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan sobat hanhan dengan baik, namun jika sobat hanhan bosan dengan air putih, sesekali sobat hanhan bisa menyelanginya dengan teh hangat, jeruk hangat atau air jahe.

2. Hindari makanan yang berminyak

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak/ gorengan bisa mengakibatkan panas dalam dan sakit tenggorokan. Untuk mencegah atau meminimalisir efek buruk mengkonsumsi makanan berminyak sebaiknya sobat hanhan hindari terlalu sering mengkonsumsinya, dan hindarilah sembarangan membeli gorengan di penjual yang menjajakan gorengan di pinggir jalan, karena biasanya minyak yang digunakan tidak pernah diganti. Sebaiknya gorenglah sendiri makanan menggunakan minyak yang sehat, Minyak sayur yang diproduksi di pabrik biasanya berasal dari tanaman rekayasa genetika yang banyak diobati dengan pestisida . Tidak seperti mentega atau minyak kelapa, minyak sayur ini tidak dapat diekstraksi hanya dengan pressing atau pemisahan secara alami. Jadi harus menggunakan bahan kimia untuk memprosesnya. Minyak yang digunakan untuk memasak harus cukup stabil dan tidak berubah ketika dipanaskan hingga suhu tinggi. Minyak sayur yang tidak baik bagi kesehatan adalah yang bisa mengubah kolesterol baik menjadi kolesterol jahat karena terjadinya oksidasi. Ketika sobat hanhan memasak menggunakan minyak nabati tak jenuh ganda, maka kolesterol teroksidasi akan masuk kedalam tubuh sobat hanhan. Minyak yang dipanaskan akan bercampur dengan oksigen, dan akan berubah menjadi tengik. Tengik ini adalah karena minyak teroksidasi, dan TIDAK boleh dikonsumsi karena akan mengarah langsung kepada penyakit pembuluh darah. Lemak Trans adalah minyak yang berubah setelah digunakan untuk menggoreng, yang meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker payudara dan penyakit jantung. Gunakan mentega atau minyak kelapa yang merupakan 100 % minyak jenuh untuk menggoreng.

3. Minum Obat Anti Inflamasi

Cara paling efektif dalam mengatasi sakit atau radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi non-steroid, seperti tablet yang mengandung ibuprrofen. Tablet dengan kandungan ibuprofen akan dengan mudah sobat hanhan jumpai di apotek dan toko obat. Bukan saja dapat mengatasi radang, obat ini akan mampu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah konsumsilah obat sesuai resep/ petunjuk dokter.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi segala keluhan dalam tubuh termasuk ketika sakit tenggorokan. Munculnya keluhan pada tubuh bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Bukan saja mudah, istirahat terbukti dapat menurunkan rasa sakit pada tenggorokan, sebab pada umumnya pemicu sakit tenggorokan dipicu oleh virus influenza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

5. Konsumsi Antibiotik

Pada umumnya penyebab sakit tenggorokan dipicu akibat bakteri, biasanya bakteri yang menjadi sumber penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Dengan demikian solusinya tak lain adalah dengan pemberian antibiotik. Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya jika sobat hanhan mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter. Jika pada akhirnya sobat hanhan diberikan obat antibiotik maka jangan lupa untuk menghabiskannya.

6. Berkumur Dengan Air Garam

Meskipun terdengar kuno, namun berkumur dengan air garam akan lebih efektif dan lebih cepat dalam melegakan sakit tenggorokan. Disamping sebagai antiseptik, garam memiliki sifat dalam membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.

Mencegah Radang Tenggorokan agar tidak kambuh lagi

Nah....tentu sangat menyiksa apabila sobat hanhan sudah terkena sakit tenggorokan bukan......Apabila sakit tenggorokan sobat hanhan sudah sembuh, untuk mencegah terulangnya radang tenggorokan lakukanlah hal-hal berikut ini:


  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara menyeluruh dan sering, terutama setelah menggunakan toilet, sebelum makan, dan setelah bersin atau batuk. 
  • Hindari berbagi makanan, gelas minum atau peralatan lainnya dengan penderita. 
  • Batuk atau bersin ke tisu kemudian membuangnya. Jika tidak ada tisu, bersinlah ke ketiak sobat hanhan....hehehe.....
  • Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol sebagai alternatif untuk mencuci tangan saat sabun dan air tidak tersedia, misalnya dalam perjalanan. 
  • Menggunakan masker jika lingkungan berdebu atau ketika membersihkan rumah. 
  • Hindari paparan asap rokok, dan berhentilah merokok jika sobat hanhan seorang perokok


itulah dia beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat untuk sobat hanhan sekalian..........


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar