7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja dengan Komputer

Di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini sobat hanhan sekalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer atau laptop, ya....sebuah perangkat yang memiliki segudang manfaat, dengan adanya komputer akan sangat memudahkan sobat hanhan sekalian dalam membantu menyelesaikan suatu pekerjaan atau hanya sekedar have fun saja, semisal bermain game.

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja dengan Komputer


Bekerja di depan komputer memang cukup mengasikkan, tapi apabila kita dihadapkan dengan pekerjaan yang cukup banyak dan membuat kita berjam jam terus terusan menatap monitor tanpa terasa sampai mata mulai terasa pedas, terkadang sampai punggung capek, Oleh karena itu agar pekerjaan sobat hanhan sekalian tetap lancar tanpa mengalami gangguan kesehatan mata maka banyak hal yang perlu sobat hanhan perhatikan demi menjaga kondisi kesehatan mata saat bekerja di depan komputer. Diantaranya sebagai berikut :

1. Pergunakan Filter Monitor

Agar sinar dan radiasi dari layar monitor yang dipancarkan berkurang, gunakan filter glass monitor. Silahkan sobat hanhan Pergi ke toko perlengkapan hardware atau accesories komputer untuk mendapatkan filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.

2. Pastikan Ruangan Kerja Cukup Penerangan Cahaya

Sobat hanhan harus memerhatikan pencahayaan dalam ruang kerja sobat hanhan sekalian, karena tidak bagus bekerja di ruangan yg terlalu terang dan menyilaukan mata. Sobat hanhan bisa menggunakan tirai atau gorden untuk mengatur cahaya yang masuk melalui jendela. Hindari menatap cahaya matahari yang masuk melalui jendela secara langsung. Begitu juga dengan sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruang yang kurang cahaya atau redup. Dengan begitu usahakan agar ruangan sobat hanhan cukup terang agar mata sobat hanhan tidak bekerja terlalu keras.

3. Gunakanlah Font yang cukup besar

Jikalau sobat hanhan dihadapkan dengan pekerjaan mengedit tulisan,  misalkan mengetik berita, pembukuan dan lain sebagainya,  maka sebaiknya pergunakanlah ukuran Font yang besar, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil . karena tidak baik  memaksakan mata sobat hanhan untuk membaca huruf huruf yang kecil pada monitor, apalagi untuk waktu yang cukup lama. Mata sobat hanhan memang memiliki lensa mata, tapi bukanlah seperti mikroskop bagi tulisan yang ada dilayar monitor, gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor sobat hanhan. Karena dengan ukuran huruf yang pas akan mengurangi kinerja kontraksi otot mata sehingga mata kita tidak cepat merasa lelah.

4. Posisikan Kertas Kerja Agar Mudah dibaca

Jika sobat hanhan harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja tersebut dalam jarak yang seimbang dengan monitor anda. Ini agar sobat hanhan tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja kita, karena selisih jarak yang cukup jauh antara monitor dan kertas kerja kita akan membuat mata terus menerus menyesuaikan fokus pandangan dan akan membuat mata cepat lelah.

5. Tata Letak Posisi Monitor

Letakkan posisi layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pendangan lurus sobat hanhan sekalian. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata sobat hanhan, juga menjaga agar bahu dan leher sobat hanhan cukup nyaman bekerja.

6. Lakukan Peregangan atau Olahraga Ringan

Saat sobat hanhan dihadapkan dengan deadline dan memaksa kita untuk selalu bekerja di depan komputer, maka tubuh sobat hanhan biasanya akan merasakan kaku dan pegal, oleh karena itu imbangilah dengan melakukan sedikit peregangan atau olahraga ringan untuk mengendurkan otot dan urat syaraf sobat hanhan sekalian yang seharian dipaksakan untuk bekerja secara terus menerus dalam kondisi duduk dan sedikit melakukan pergerakan. olahraga ringan di sela sela sibuknya pekerjaan akan membantu kita sedikit mengurangi rasa stress dan tentunya badan terhindar dari kaku dan pegal pegal. Selain melakukan olahraga badan kita juga perlu melakukan olahraga mata dengan cara melakukan lirikan ke atas, bawah kemudian kanan dan kiri, lalu melakukan lirikan memutar searah jarum jam selama beberapa kali, kemudian sebaliknya, lalu pejamkan dan buka mata secara bergantian selama beberapa kali. Hal ini akan sangat membantu mata sobat hanhan sekalian agar terhindar dari gangguan kesehatan mata.

7. Sejenak Istirahatkan mata Anda

Rilekskan mata sobat hanhan. Apabila mata sobat hanhan sudah terasa pegal dan lelah itu tandanya mata sobat hanhan harus diistirahatkan terlebih dahulu,  Jangan sekali kali mengkucek-kucek mata sobat hanhan. Namun, sering-seringlah berkedip, Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata sobat hanhan tetap basah dan sejuk. Bila sobat hanhan terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan sobat hanhan ke arah yang jauh. pandanglah obyek obyek yang jaraknya jauh, bisa dilakukan dengan melihat keluar jendela, pandanglah obyek obyek yang segar seperti pepohonan dan lain lain. Lakukan hal ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

Demikian sedikit tips untuk sobat hanhan sekalian yang bekerja di depan komputer, semoga bermanfaat.
SHARE THIS

0 Response to "7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja dengan Komputer"

Post a Comment