Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Pikun di Usia Muda

Apakah sobat hanhan pernah lupa? Kalau pernah itu merupakan hal yang sangat wajar, tapi apa yang terjadi kalau sobat hanhan terlalu sering lupa, itu namanya tidak wajar. Dan itu berarti ada sesuatu yang salah pada kinerja otak kita sehingga membuat otak kita lemah untuk mengingat sesuatu seperti yang dialami oleh orang yang sudah lanjut usia alias pikun. Walaupun sobat hanhan banyak melakukan kegiatan yang banyak menyita pikiran serta waktu, namun mudah lupa atau pikun bukanlah sesuatu yang normal bagi orang-orang yang masih muda. Gejala kepikunan seperti ini dalam ilmu kedokteran disebut SMS atau Short Memory Syndrome. Kondisi seperti ini membuat seseorang menjadi lupa terhadap apa yang baru aja dia lakukan atau melupakan kejadian yang baru saja terjadi.

Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Pikun di Usia Muda


Orang yang mengalami gejala Short Memory Syndrome umumnya disamakan dengan kepikunan atau demensia yang sering terjadi pada orang-orang lanjut usia. Short Memory Syndrome disebabkan karena adanya penurunan daya ingat sehingga si penderita kehilangan informasi yang seharusnya terekam dalam memori otaknya.Penyakit pikun ini tidak kenal usia, tidak hanya menyerang kaum lanjut usia saja, yang muda muda pun juga bisa terkena penyakit ini.

Bukan tidak mungkin, penurunan memori otak sudah terjadi di usia produktif. Penyakit lupa di usia muda biasanya terjadi karena beberapa sebab seperti gaya hidup yang tidak sehat, adanya gangguan pada peredaran darah di organ otak, banyaknya teknologi maju yang semakin canggih sehingga kemampuan otak jarang sekali untuk diasah.  Alih-alih menjaga dan merawat otak, gaya hidup kita seringkali malah merusaknya. Berikut ini hanhan sampaikan beberapa gaya hidup yang sering kali kita lakukan yang bukan hanya berakibat buruk bagi kesehatan tetapi juga dapat merusak atau menurunkan fungsi otak, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Stres
Stres akan memicu ketegangan di otak dan membuat energi otak habis. Itu sebabnya pada orang stres seringkali muncul istilah pikiran buntu atau mampet. Seseorang yang mengalami stres biasanya tidak dapat berpikir jernih atau normal karena otaknya kewalahan dan kehabisan energi termasuk saat harus mengingat atau mencari informasi di otak. Stres yang berlebihan juga dapat memicu pelepasan hormon kortisol yang akan mengganggu ingatan.

2. Terlalu Sibuk Dengan Pekerjaan
Kesibukan dan tuntutan pekerjaan terkadang membuat orang sering tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuhnya melalui makanan. Semua itu membentuk gaya hidup "asal kenyang" dan "asal enak"  serta terbiasa mengkonsumsi makanan instan yang banyak mengandung pengawet, pewarna dan perasa sehingga banyak yang tidak memperdulikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh

3. Mengkonsumsi Rokok dan Alkohol
Rokok dan racun-racun lain, seperti narkoba, menyebabkan penyakit-penyakit kronis untuk tubuh seperti kanker atau stroke dan memicu penuaan dini salah satu ciri penuaan dini yang terjadi adalah menurunnya daya ingat.

4. Kurangnya Istirahat
Terlalu asyik dengan pekerjaan atau hiburan terkadang membuat kita lupa waktu dan lupa istirahat, termasuk lupa tidur. Padahal sepertiga waktu manusia harus digunakan untuk beristirahat. Artinya, sekitar delapan jam dalam sehari. Saat tidur itulah tubuh beristirahat dan melakukan normalisasi, termasuk otak. Tetapi, tak hanya jatah tidur saja yang diperhatikan, kualitas tidur pun harus sangat dijaga. Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tanpa dengkuran. Dengkuran dapat memicu penyakit lain, seperti jantung atau stroke. Selain itu, mendengkur dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat menyebabkan pikun.

5. Kurangnya Olahraga dan Interaksi dengan Orang Lain
Banyak orang yang bekerja hingga kelelahan sehingga malas berinteraksi dengan orang lain dan malas berolahraga. Padahal interaksi dengan orang lain membuat otak kita terasah. Seringkali dalam mengobrol ingatan lama dipanggil kembali sehingga memori otak terlatih. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga tentu saja juga dapat menjaga kebugaran otak karena saat berolahraga biasanya kita akan rileks dan otak menjadi tidak tegang. Berolahraga juga memungkinkan kita menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Mungkin kita merasa masih terlalu muda untuk mencemaskan penyakit pikun. Tapi, kita harus tetap mengambil langkah pencegahan pikun sejak dini. Berbagai jenis makanan dan minuman sehat yang bisa kita konsumsi untuk mencegah terjadinya kepikunan di usia muda, meliputi:

Sayuran
Sayuran seperti kubis, brusel sprout, kembang kol serta brokoli memiliki banyak nutrisi yang baik sebagai obat anti penuaan pada organ otak. Bila otak kita tetap muda, maka kemampuan berpikir kita tidak akan mengalami gangguan serta jauh dari pikun. Selain itu, konsumsi sayuran akan membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin kuat sehingga jauh dari berbagai macam penyakit.

Berrie
Berrie sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan organ otak. Blueberry serta raspberry mengandung antosianin yang dapat melindungi neuron otak yang berkaitan dengan memori. Senyawa fiestin dalam strawberry dapat membantu kekuatan memori dalam jangka panjang. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi secangkir buah berrie setiap hari akan dapat meningkatkan daya ingat hanya dalam waktu beberapa bulan aja.

Kuning telur
Kuning telur merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, selama dikonsumsi secara wajar. Kuning telur mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak. Maka dari itu, anak-anak sering dianjurkan untuk mengkonsumsi telur demi perkembangan dan kesehatan otaknya.

Kopi
Kopi kaya akan vitamin, mineral, asam amino serta antioksidan. Mengkonsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir per hari dapat mengurangi terjadinya kepikunan atau demensia. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Korsel, telah terungkap bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor di otak.

Teh
Selain kopi, teh pahit juga dapat melawan kepikunan. Uji laboratorium menemukan, bahwa minum secangkir teh hitam dan hijau secara teratur dapat menghambat aktivitas enzim tertentu di otak, yang membawa pada Alzheimer, yaitu suatu bentuk demensia generatif yang mempengaruhi 10 juta orang di seluruh dunia.

Minyak ikan
Ikan laut seperti tuna, salmon serta ikan cod mengandung minyak ikan omega 3 yang kaya DHA. Sering mengkonsumsi ikan akan memperlancar proses pengiriman signal yang menuju ke otak. Rendahnya DHA pada seseorang akan menyebabkan hilangnya memori, kurangnya konsentrasi serta gangguan mood.  Bahkan kurangnya DHA dapat menyebabkan munculnya depresi, autisme serta skizofrenia. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi ikan.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E yang dapat menyehatkan organ otak sehingga memori kita akan tetap terjaga sampai tua. Kacang kenari juga mengandung omega 3 yang baik untuk otak. Sedangkan kacang mede mangandung magnesium yang dapat meningkatkan produksi okigen ke sel-sel otak.

Buah bit
Buah bit mengandung banyak vitamin B yang baik untuk menjaga fungsi otak. Nutrisi ini sangat penting untuk kemampuan otak dalam mengolah data serta kekuatan dalam hal mengingat. Buah bit segar dipercaya sebagai obat anti depresi yang alami sejak jaman dulu. Selain itu, buah bit juga akan mengikat folat agar tetap stabil dalam tubuh kita.

Cabai
Cabai mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang dapat meredakan nyeri serta dapat menggelontor lemak berlebih dalam tubuh kita. Cabai juga dapat kita konsumsi untuk menjaga perkembangan organ otak. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai akan membuat saraf-saraf dalam tubuh serta saraf otak kita menjadi lebih tenang dan meningkatkan produki hormon endorfin yang nantinya akan membuat kita menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, masih ada beberapa cara yang efektif agar  kita bisa mengatasi penyakit lupa ini, tapi yang perlu sobat hanhan perhatikan adalah itu semua jelas tidak “instan” alias langsung sembuh tapi hal ini bisa melatih otak kita agar lebih tajam. Cara tersebut antara lain:

- Olahraga rutin dan Istirahat yang cukup
Berolahragalah secara rutin dan imbangi dengan istirahat yang cukup dengan tujuan untuk memberi energi serta oksigen yang cukup pada otak disaat olahraga dan pada saat kita tidur maka otak diberi kesempatan untuk berelaksasi.

- Latihan otak 
Latihlah otak sobat hanhan dengan beberapa hal yang ringan namun sangat efektif untuk menjaga kesehatan otak kita seperti rajin membaca buku dan menuliskannya kembali, menulis diary atau mengisi TTS, atau bermain catur.

- Jangan Menunda Pekerjaan
Jangan Pernah membiasakan untuk menunda-nunda pekerjaan atau segala sesuatu yang bisa sobat hanhan lakukan saat itu juga, saat sobat hanhan ingat untuk melakukan sesuatu maka harus langsung dilakukan jangan menunggu sampai esok hari karena yang pasti esok hari biasanya kita dihadapkan dengan kesibukan yang lain sehingga biasanya akan lupa.

- Konsentrasi pada satu hal
Bagaimanapun juga otak manusia terbatas kemampuannya. Jangan biasakan untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu, selain akan menyebabkan konsentrasi kita terpecah, hal itu juga bisa membebani kerja otak kita, biasakan untuk melakukan pekerjaan satu per satu, Setelah selesai satu hal, istirahat untuk menjernihkan pikiran dan baru mulai yang lain. Tidak perlu mencemaskan banyak hal. Ketika kamu cemas, pikiran dipenuhi berbagai hal. Lahan untuk memori menjadi tersita dan akhirnya lupalah akan beberapa hal.

Semoga beberapa cara tersebut dapat bermanfaat dan membantu sobat hanhan sekalian dalam mengatasi ke”pikun”an sejak dini. Seperti yang kita ketahui bahwa usia muda adalah usia produktif sehingga apabila penyakit pikun ini menyerang di usia muda maka akan dapat menghambat aktifitas dan prestasi sobat hanhan sekalian. selamat beraktifitas dan semoga bermanfaat......

SHARE THIS

0 Response to "Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Pikun di Usia Muda"

Post a Comment