Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Alami Mengatasinya

Apakah sobat hanhan sering terjaga di malam hari karena tidak dapat tidur atau bahkan tidak merasa mengantuk, jika hal tersebut sering sobat hanhan alami hampir setiap hari maka bisa dipastikan bahwa sobat hanhan mengalami insomnia. Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan atau kesulitan tidur. Mungkin sebagian orang banyak yang sering mengalami hal ini tetapi jika sobat hanhan terlalu sering mengalami insomnia atau susah tidur, hal ini sangat merugikan dan berdampak buruk bagi kesehatan sobat hanhan sekalian, karena kurangnya waktu yang cukup untuk istirahat sehingga kesehatan tubuh tentu saja akan terganggu.

Kenali Penyebab Insomnia dan Cara Alami Mengatasinya

Banyak diantara kita bertanya tanya apa sih yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia ini? Disini hanhan akan membahasnya lebih dalam mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia. Insomnia dapat terjadi akibat kita yang terlalu sering mengkonsumsi obat obatan, kelainan pada emosional seperti stres, selalu menahan rasa kantuk yang berulang ulang juga dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia. Selain itu kondisi lingkungan yang kurang nyaman juga bisa menjadi pemicu sobat hanhan mengalami insomnia yang jika terjadi terlalu sering dapat membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bergairah. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dibawah ini ada beberapa tips atau cara alami mengatasi insomnia yang bisa sobat hanhan lakukan tanpa harus mengkonsumsi obat obatan :

1. Buatlah Jadwal Kegiatan Sehari hari
Aktifitas kita sehari-hari memang sangatlah padat, banyak tugas dan Pekerjaan yang tidak bisa di tunda-tunda, maka dalam hal ini sebaiknya sobat hanhan perlu mengatur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan kita, karena dengan mengatur waktu yang baik dan tepat tentunya semua pekerjaan kita tidak akan berantakan dan cepat terselesaikan sehingga tidak perlu menggangu jam tidur untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. atur waktu dengan membuat jadwal sehari-hari agar tidak mengganggu jam tidur.

2. Kurangi Waktu Tidur di Siang Hari
Jika sobat hanhan terlalu sering tidur pada waktu siang hari, maka pada malam hari biasanya akan tidak merasa ngantuk karena sudah istirahat cukup pada waktu siang hari. Usahakan sobat hanhan melakukan aktifitas yang bermanfaat pada siang hari,  lakukan aktifitas seperti olahraga atau bekerja sesuai dengan pekerjaan sobat hanhan sekalian sehingga pada malam harinya sobat hanhan dapat tertidur pulas karena tubuh merasa capai dengan aktifitas yang sudah dilakukan pada siang hari.

3. Hindari Mengkonsumsi Kafein Pada Malam Hari
Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan kerja otak sehingga dapat menyebabkan kita menjadi susah untuk tidur, maka sebisa mungkin  hindarilah minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi pada malam hari, apabila sobat hanhan terbiasa sebaiknya meminum kopi minimal 5 jam sebelum sobat hanhan pergi untuk tidur.

4. Jangan Melihat Jam
Walaupun Jam merupakan alat yang paling penting sebagai penunjuk waktu, tapi dengan adanya Jam di hadapan kita justru akan menyebabkan kita mengalami sulit tidur, karena kita cenderung akan memikirkan waktu yang semakin mendekati pagi. Apalagi jika kita memiliki rencana untuk keesokan harinya, dan memiliki pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Maka untuk mengatasi hal ini sebaiknya jauhkan jam tersebut dari pandangan agar lebih rileks.
5. Membaca Buku
Cara ini bisa sobat hanhan lakukan dan sudah terbukti ampuh. Dengan membaca secara berulang ulang maka akan membuat mata kita menjadi lelah sehingga akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Mandi Dengan Air Hangat
Mandi menggunakan air hangat terbukti efektif untuk mengurangi ketegangan pada otot sehingga kita akan menjadi lebih rileks untuk beristirahat.

7. Jangan Merokok
Kandungan Nikotin yang terdapat pada rokok sama halnya dengan kafein. Nikotin bisa membuat sobat hanhan menjadi tidak merasa ngantuk dan kondisi ini justru makin memperburuk insomnia. sobat hanhan bisa saja merokok dengan catatan tiga atau empat jam sebelum waktu tidur, tapi hanhan sarankan untuk "berhenti merokok" dan mulailah hidup sehat.

8. Relaksasi Pikiran Sebelum Tidur
Pikirkan hal hal yang indah dan buat tubuh sobat hanhan senyaman mungkin ketika sobat hanhan berada ditempat tidur. Jangan terlalu banyak memikirkan hal hal yang dapat membuat kita menjadi tidak bisa tidur, contohnya masalah pekerjaan, masalah hutang dan lain lain yang membuat pikiran sobat hanhan tidak tenang. Agar terhindar dari itu sobat hanhan bisa melakukannya dengan cara mengatur ritme nafas, tarik nafas secara perlahan lahan dan buanglah melalui mulut secara perlahan lahan juga sambil memikirkan hal hal yang menyenangkan. bisa juga dengan mendengarkan alunan musik yang mellow atau musik musik yang dapat membuat pikiran sobat hanhan merasa lebih nyaman.

9. Matikan Lampu
Saat ada cahaya di tempat tidur sobat hanhan akan membuat otak untuk tetap bekerja walaupun otak kita sudah sangat lelah. Hal ini merupakan peristiwa dimana tidur tidak akan menjadi berkualitas, kurang nyenyak dan sering sekali terbangun. Agar tidur sobat hanhan bisa nyenyak dan berkualitas adalah dengan mematikan lampu saat ingin pergi tidur, agar otak beristirahat dan tidak terforsir.
10. Konsultasikan Pada Dokter Jika Sobat Hanhan Terus Saja Mengalami Insomnia
Jika sobat hanhan sudah menjalani hal hal yang tercatat diatas tetapi masih tidak bisa tidur, maka sangat disarankan agar sobat hanhan untuk mengkonsultasikan masalah ini pada dokter langganan sobat hanhan sekalian, karena tingkat keparahan Insomnia sobat hanhan sudah terlalu tinggi. Insomnia yang kronis membutuhkan adanya evaluasi dari dokter.

Demikian beberapa cara yang dapat sobat hanhan lakukan agar terhindar dari insomnia. Ada beberapa orang yang memang suka begadang malam, tetapi jika itu dilakukan setiap hari maka akan membuat kesehatan kita menurun dan tubuh menjadi tidak bergairah ketika kita beraktifitas pada siang hari.

SHARE THIS