Penyebab Pusing dan Cara Alami Mengatasinya

PUSING - Sebuah kata yang cukup familiar bagi sobat hanhan sekalian, pusing merupakan salah satu gangguan pada kesehatan yang kerap kali menyerang. Meskipun kadang terdengar sepele tapi jangan pernah menyepelekan pusing yang dialami oleh sobat hanhan sekalian. biasanya pusing akan sangat menggangu sekali, karena pusing akan menyebabkan penderitanya tidak mampu melakukan aktifitas dengan nyaman. Pusing bisa terjadi baik pada anak-anak, remaja ataupun orang dewasa, karena hal itu merupakan gangguan kesehatan yang paling sering dialami oleh setiap orang dan tidak mengenal batasan usia. Ketika sobat hanhan merasa pusing, sebaiknya jangan buru buru pergi ke dokter ya....coba simak beberapa penyebab pusing dan cara alami untuk mengatasinya di bawah ini :

Penyebab Pusing dan Cara Alami Mengatasi Pusing

1. Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan wajib semua orang, anak kecil atau bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, sementara orang dewasa paling tidak harus tidur selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam tiap harinya. Tidur memang sangat bermanfaat untuk tubuh, diantaranya adalah tidur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatur metabolisme, meningkatkan produktivitas dan berbagai manfaat lain. Namun terkadang banyak diantara kita tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur. Ada berbagai sebab yang sangat berbeda-beda mulai dari aktifitas pekerjaan dan kondisi psikologis. Salah satu akibat dari kurang tidur adalah kepala akan terasa pusing, oleh sebab itu biasakanlah untuk tidur dengan intensitas waktu yang mencukupi, dengan membiasakan tidur yang cukup akan membuat tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya pusing kepala.

2. Dehidrasi

Kandungan air pada kadar yang ideal di dalam tubuh berfungsi untuk membantu kerja sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, sebagai pelumas dan bantalan untuk persendian, melembapkan jaringan-jaringan pada telinga, tenggorokan, dan juga hidung, sebagai media transportasi nutrisi untuk sel-sel tubuh dan menjaga kulit tetap sehat. Beberapa tanda-tanda awal dari gejala dehidrasi adalah Anda merasa haus dan pusing, mulut kering, kelelahan, jarang buang air kecil, urine berwarna lebih gelap serta berbau lebih kuat, dan kulit kering. Oleh karena itu agar metabolisme tubuh bisa berjalan normal dan terhindar dari pusing kepala karena dehidrasi usahakan untuk minum minimal 8 gelas air putih perhari, cairan alami yang paling bagus dan berkhasiat adalah air kelapa.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Kopi

Banyak orang yang beranggapan bahwa meminum kopi dapat meningkatkan semangat dan hal ini mengakibatkan banyak orang mengkonsumsinya ketika melakukan aktifitas pekerjaan di malam hari (lembur), hal ini dikarenakan efek dari kafein itu sendiri. Sedikit fakta mengenai kafein adalah kafein bekerja pada sistem saraf pusat, otot (termasuk otot jantung) dan ginjal. Pengaruh pada sistem saraf pusat menghasilkan peningkatan aktivitas mental, dan membuat orang yang mengkonsumsinya tetap terjaga. Kafein meningkatkan kinerja dan hasil kerja otot, merangsang pusat pernapasan, meningkatkan kecepatan dan kedalaman napas. Kafein juga dapat mengakibatkan ketagihan ringan. Tapi pernahkah sobat hanhan tiba-tiba mengalami jantung berdebar lebih cepat, keringat dingin di tangan, badan lemas dan pusing setelah meminum kopi atau teh? Jika sobat hanhan mengalami hal-hal seperti yang disebut di atas, dapat dipastikan bahwa sobat hanhan sedang mengalami keracunan kopi atau lebih tepatnya keracunan kafein. Ketika sobat hanhan mengalami keracunan kafein sebaiknya tidak usah panik, Cukup dengan meminum susu segar sebanyak 200 ml atau air putih 600 ml, bisa menetralisir kandungan kafein yang telah terserap dalam tubuh. Air dan susu segar dapat memperlancar metabolisme tubuh. Kafein dapat cepat diurai dan dikeluarkan melalui saluran kemih. Agar Konsumsi kopi tidak menyebabkan gangguan kesehatan seperti hal diatas maka yang perlu diperhatikan oleh sobat hanhan sekalian adalah, pastikan tubuh dalam keadaan sehat atau fit ketika mengkonsumsi kopi, dan janganlah berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan biasanya akan membahayakan atau merugikan kesehatan.

4. Makan Tidak Teratur

Taukah sobat hanhan apa yang disebut dengan makan tidak teratur? makan tidak teratur adalah tidak makan atau terlambat makan pada waktu makan utama yaitu pada saat pagi, siang dan malam hari, biasanya faktor pencetus pola makan tidak teratur adalah adanya gaya hidup yang berubah-ubah, kondisi lingkungan yang mendesak misal karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, atau faktor lain seperti stres. Jika ketidakteraturan makan sering terjadi, asupan zat gizi bisa berkurang, atau sebaliknya zat gizi yang di konsumsi jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan zat gizi yang ada di tubuh kita tentu akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh dan biasanya dampak langsungnya adalah kita akan merasa pusing karena tubuh mengalami kekurangan asupan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas dengan normal. Untuk mengatasinya biasakan sobat hanhan untuk makan secara teratur 3 x sehari dan biasakan makan di jam yang telah ditentukan, serta pastikan juga terpenuhinya zat gizi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan tubuh kita.

5. Stres

Sebagai makhluk sosial kita senantiasa dihadapkan dengan berbagai macam persoalan hidup, baik itu masalah keuangan, pekerjaan dan lain sebagainya, manusia telah dibekali akal dan pikiran oleh yang maha kuasa, sehingga diharapkan kita bisa mengatasi masalah yang ada. Namun apa yang terjadi jika kita tidak sanggup mengatasi masalah yang ada, biasanya kita akan mengalami stres. Stres terjadi karena kurangnya kesiapan diri dalam menghadapi berbagai masalah dan tekanan dalam kehidupan. Kurangnya kesiapan diri ini menyebabkan sobat hanhan melihat suatu persoalan hidup sebagai permasalahan yang rumit sehingga sulit untuk mengatasinya. Berbagai masalahpun justru timbul jika sobat hanhan merasa stres, termasuk munculnya berbagai macam penyakit. Penyakit pertama yang bisa langsung kita rasakan biasanya adalah pusing. Karena pada saat kita mengalami stres maka otak akan bekerja lebih keras dari biasanya. Nah.... agar sobat hanhan terhindar dari stres maka sebaiknya lakukanlah penyegaran pada badan, seperti berlibur bersama keluarga atau orang yang sobat hanhan sayangi, pergi ke tempat yang asri atau sejuk dengan menikmati keindahan alam, melakukan olahraga ringan agar badan menjadi lebih segar, lakukan meditasi dengan mengatur olah nafas dan bayangkanlah hal-hal yang indah dan positif, adakalanya sobat hanhan harus berbagi dengan menceritakan masalah yang sobat hanhan alami kepada orang terdekat atau orang yang dianggap bisa memberikan sedikit solusi, biasanya setelah melakukan curhat maka akan sedikit mengurangi beban yang sobat hanhan rasakan.

Demikianlah beberapa Penyebab pusing dan cara alami untuk mengatasinya. mudah mudahan bermanfaat bagi sobat hanhan sekalian.... selamat beraktifitas.


SHARE THIS

0 Response to "Penyebab Pusing dan Cara Alami Mengatasinya"

Post a Comment