Cara Alami Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi

Mata minus atau rabun jauh yang dalam istilah medisnya disebut Miopi adalah kelainan yang terjadi pada mata karena tidak mampu melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh, biasanya benda atau objek akan terlihat kabur. Pada umumnya Mata Minus terjadi karena kita banyak menghabiskan waktu di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang dekat, seperti membaca buku dengan pencahayaan kurang atau berselancar di dunia maya dengan durasi yang lama, terlalu banyak menonton televisi dengan jarak yang dekat, jarang bersentuhan dengan sinar matahari, konsumsi gula yang berlebihan, dan sering bekerja menggunakan komputer dengan monitor yang buruk. Hal ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu, sehingga otot mata cenderung melemah dan tidak bisa mengatur fokus pada lensa mata.

Cara Alami Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi


Mungkin diantara sobat hanhan sekalian ada yang menderita mata minus dan ingin menyembuhkannya ? Sebenarnya ada cara cepat menyembuhkan mata minus, yaitu dengan memilih jalur operasi, beberapa pilihan operasi yang bisa sobat hanhan lakukan seperti operasi LASIK, operasi LASEK, dan photorefractive keratectomy (PRK). Selain itu, bagi penderita mata minus sedang hingga berat, implan lensa intraokuler (IOL) dapat menjadi pilihan. Seperti kebanyakan operasi, terapi mata minus melalui operasi juga memiliki efek samping atau komplikasi yang mungkin terjadi. Antara lain, mata menjadi kering, infeksi, dan timbul jaringan parut pada kornea. Jika sobat hanhan menghendaki cara yang lebih aman atau sobat hanhan merupakan orang yang takut untuk operasi, simak beberapa cara mengurangi mata minus secara alami berikut ini : 

1. Senam Mata

Senam mata bertujuan untuk mengembalikan elastisitas otot mata sehingga mampu mengatur titik fokus pada lensa mata.  Adapun caranya dengan melirikan mata ke arah kanan dan kiri secara bergantian, lakukan selama beberapa kali, misal 20x. Kemudian melirik ke atas dan bawah secara bergantian, lakukan juga selama beberapa kali. Yang terakhir adalah gerakan mata melingkar mengikuti arah jarum jam, lakukan selama beberapa kali, kemudian lakukan gerakan melingkar melawan arah jarum jam, lakukan selama beberapa kali. Setelah itu kedip kedipkan mata selama beberapa kali. Lakukanlah senam mata secara teratur agar mata bisa berangsur-angsur normal dan terbebas dari minus.

2. Terapi Pijat Mata

Gunakan jari telunjuk atau jari manis dan mulai pada bagian sudut dalam mata. Beri tekanan perlahan dan pindahkan pijatan ke arah luar mata hingga kembali ke dalam. Lakukan selama kurang lebih 5 menit setiap malam hari sebelum tidur. Teknik ini mampu membantu memperlancar sirkulasi darah di area mata. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini. Lakukan Pijatan sesuai dengan urutan angka seperti terlihat pada gambar.
Terapi Pijat Mata

3. Terapi Daun Sirih

Daun sirih dipercaya dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya pun juga sangat mudah, ambil daun sirih yang tidak terlalu tua, kemudian cuci dengan air bersih, setelah itu remaslah daun secara perlahan lalu tempelkan di kelopak mata saat kita akan tidur. Lakukan terapi ini secara rutin. 

4. Istirahatkan Mata Sejenak

Apabila sobat hanhan terbiasa bekerja atau beraktifitas menggunakan komputer, pastikan setiap 30 menit untuk sejenak mengistirahatkan mata sobat hanhan sekalian dengan melihat objek lain atau memandang ke luar jendela, pandanglah objek objek yang jauh dan segar seperti pepohonan. 

5. Terapi lilin.

Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus pada mata sobat hanhan. Caranya sederhana, nyalakan lilin kemudian letakan dengan jarak kurang lebih 1 meter, lalu tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan  jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin. 

6. Jus Wortel

Selain kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga mengandung Beta karoten yang lazim muncul pada buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna kuning atau jingga, Beta Karoten ini sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan mata, termasuk meningkatkan daya penglihatan pada malam hari. Rajin rajinlah mengkonsumsi Jus wortel agar kesehatan mata tetap terjaga.

Demikianlah beberapa tips alami untuk menyembuhkan mata minus tanpa operasi....semoga bermanfaat bagi sobat sekalian. Kalau sobat hanhan mempunyai tips tambahan lainnya, silahkan bisa menambahkannya di kolom komentar.