Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Sakit maag adalah sakit yang sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Padahal sakit maag jika dibiarkan tanpa pengobatan cenderung akan bertambah parah dan jika penyakit maag ini sudah akut akan berakibat fatal karena pada kebanyakan kasus akan menimbulkan komplikasi penyakit lain bahkan bisa menyebabkan kematian. Sakit maag ini biasanya terjadi karena beberapa sebab seperti pola makan yang tidak teratur ataupun stres yang memicu produksi asam lambung berlebih, terdapat mikroorganisme yang merugikan, efek samping penggunaan obat anti inflamasi non streroid, atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol. 
Selain karena penyebab diatas penyakit maag juga bisa disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri Helicobacter pylori , bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak, Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka. Akibat dinding lambung yang luka, biasanya penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Gejala penyakit maag biasanya memiliki ciri ciri sebagai berikut :

- Sakit pada bagian ulu hati
- Merasa mual dan ingin muntah
- Cenderung tidak merasa lapar
- Perut bagian atas kembung
- Nyeri pada perut setelah makan

Ketika sobat hanhan sudah mengalami gejala seperti diatas ada baiknya untuk menghindari beberapa hal yang bisa memicu penyakit maag,  diantaranya :

  • Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih dan sari buah sitrus.
  • Kontrolah pikiran dengan relaksasi ataupun meditasi sehingga terhindar dari stres, karena stres cenderung akan meningkatkan produksi asam lambung.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas : seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda.
  • Hindari makan secara berlebihan atau makan terlalu banyak, usahakan berhentilah makan sebelum kenyang. Yang perlu dilakukan adalah mengurangi porsi makan dengan menambah intensitas jam makan, misal makan dengan porsi sedikit sebanyak 5 x dalam sehari.
  • Hindari makanan yangg sulit dicerna, yang membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju.
  • Hindari makanan yg dapat merusak dinding lambung seperti cuka, makanan pedas, merica.
  • Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, jagung, singkong, tales, serta dodol
Selain menghindari hal hal yang tersebut diatas, sobat hanhan bisa mengobati penyakit maag dengan ramuan tradisional yang dipercaya sebagian besar masyarakat indonesia mampu menyembuhkan penyakit maag. diantaranya adalah :

Obat Tradisional Pertama

Bahan yang digunakan :
- 1 buah Jeruk Nipis
- sedikit garam dapur
Cara Pengolahan :
Belah jeruk nipis, kemudian peras dan ambil air hasil perasan jeruk nipis tadi lalu beri sedikit garam untuk mengurangi rasa asam jeruk. Setelah itu tuangkan 3/4 gelas air hangat lalu aduk hingga rata. Minumlah secara rutin tiap pagi 1 jam sebelum sarapan.

Obat Tradisional Kedua

Bahan yang digunakan :
- Temulawak sebanyak 5 potong.
- Bawang putih sebanyak 2 buah.
- Kacang hijau sebanyak setengah gelas.
Cara pengolahan :
Bawang putih dan temulawak yang kita persiapkan kita bersihkan dan dicuci bersih, kemudian diiris tipis. Campurkan dengan kacang hijau dan rebus dengan segelas air hingga matang sampai airnya tinggal setengah gelas. Minum ramuan ini 2 kali sehari setiap pagi setelah sarapan dan sore hari.

Obat Tradisional Ketiga

Bahan yang digunakan :
- Daun jambu biji sebanyak 10 gram.
- Bunga belimbing sebanyak 10 gram.
- Kayu manis sebanyak 20 gram.
- Jinten sebanyak 10 gram.
- Jahe sebanyak 5 gram.
Cara pengolahan :
Bahan-bahan yang kita persiapkan terkecuali jahe dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu jahe diiris dan dimasukkan kedalam bahan yang sudah ditumbuk dan tuangkan air yang sudah masak secukupnya. Minum ramuan obat sakit maag ini setiap pagi dan sore hari dengan takaran setiap minum 3 sendok makan.

Demikianlah beberapa tips untuk mengobati sakit maag. semoga bermanfaat


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar