Pahami Lebih Jauh Tentang Kolesterol Serta Cara Alami Menurunkannya

Pahami Lebih Jauh Tentang Kolesterol Serta Cara Alami Menurunkannya

Kolesterol - Apa yang terlintas di pikiran kita ketika berbicara tentang kolesterol ?
Sebagian besar orang tentu akan berpikiran bahwa kolesterol identik dengan hal negatif seperti serangan jantung, stroke dan gangguan kesehatan lainnya. Kandungan kolesterol dalam darah kita sekitar 70-75 % diproduksi oleh hati, sedangkan sisanya didapat dari makanan yang kita konsumsi. Ada baiknya sebelum membahas mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami, sebaiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian, peran dan fungsi kolesterol dalam tubuh kita.


Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena berfungsi sebagai bahan baku pembuatan hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kolesterol juga membantu hati untuk menghasilkan asam empedu yang berguna untuk mencerna lemak. Kolesterol juga berfungsi sebagai komponen utama dari membran dan struktur sel yang bermanfaat dalam pembentukan sel sel baru agar tubuh kita bisa berfungsi secara normal. Kolesterol juga membantu tubuh dalam produksi Vitamin D yang mengatur penyerapan kalsium dan fosfor, serta membantu sistem kekebalan tubuh kita.

Banyak orang beranggapan bahwa kolesterol sama dengan lemak. Kebanyakan dari kita biasanya menganggap makanan yang berlemak pasti sarat dengan kolesterol yang tinggi. Padahal kenyataanya tidaklah demikian, suatu makanan bisa saja tinggi lemak, tapi belum tentu berarti tinggi kolesterol. Lemak merupakan zat yang kaya energi dan kolesterol merupakan salah satu sub bagian dari lemak. Kolesterol diartikan juga sebagai senyawa lemak yang kompleks. Kolesterol tidak larut dalam air, sehingga agar bisa dibawa melalui aliran darah, ia harus membentuk suatu struktur yang disebut lipoprotein. Di dalam tubuh manusia dikenal 2 jenis lipoprotein, yaitu HDL (high density lipoprotein atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi) dan LDL (low density lipoprotein atau lipoprotein dengan kepadatan rendah).

LDL dikenal sebagai "kolesterol jahat" mempunyai fungsi mengangkut kolesterol dari hati ke seluruh sel sel tubuh karena pada dasarnya sel tubuh kita membutuhkan kolesterol. Sedangkan HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" berfungsi menjaga pembuluh arteri tetap bersih dengan mengangkut sisa kolesterol yang didistribusikan oleh LDL kembali ke organ hati. Biasanya sisa kolesterol akan dihancurkan oleh hati dan dibuang melalui kotoran.

Dari keterangan diatas kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa ketika kadar LDL atau "kolesterol jahat" pada tubuh kita terlalu tinggi maka rentan terjadi pengendapan atau penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, penyempitan pembuluh arteri atau arterosklerosis, kolesterol akan mengendap pada dinding arteri sehingga aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat sehingga berpotensi terkena stroke, serangan jantung dan penyakit lainnya.

Agar tubuh kita terutama pembuluh arteri terhindar dari penyumbatan kolesterol maka kita perlu menjaga pola makan kita dengan membatasi asupan makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Misalnya makanan cepat saji, telur burung puyuh dan otak sapi yang kadar kolesterolnya cukup tinggi. Selain menjaga pola makan, kita juga perlu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, yaitu bisa dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol. 


Berikut ini beberapa makanan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat yaitu:

1. ALPUKAT

Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan mengkonsumsi Alpukat, tidak hanya nikmat sebagai hidangan sehari-hari, namun buah alpukat juga mengandung asam oleat tak jenuh dan pitosterol. Kandungan dalam alpukat tersebut dalam berbagai penelitian telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, vitamin K, vitamin C, serat makanan, vitamin B6 dan folat. Penyajiannya bisa dengan cara membuat jus atau yang lain yang sesuai selera anda.

2. KEDELAI

Kedelai merupakan bahan alami yang banyak mengandung protein, serat alami, kalsium, letichin, asam linoleat yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebuah studi yang dilakukan menemukan bahwa penderita kolesterol tinggi yang mengkonsumsi kedelai setiap hari secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Adapaun kedelai bisa diolah dengan berbagai cara seperti merebus kedelai lalu menjadikannya sebagai camilan atau menambahkannya ke masakan, membuat jus kedelai, susu kedelai dan mengkonsumsi tahu sebagai pengganti daging. Tapi bagi penderita gangguan kelenjar tiroid dan wanita yang mengidap kanker payudara sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi kedelai.

3. TOMAT

Tomat banyak mengandung Serat alami, kalium, vitamin C, dan, kolin serta senyawa likopen yang dipercaya mampu mencegah serangan jantung dan stroke. Untuk mengkonsumsinya bisa diolah sebagai campuran sop, dalam bentuk jus maupun dikonsumsi secara langsung. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin sekitar 50 gram setiap harinya mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Likopen juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka. Yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi tomat adalah pastikan kita sudah mencuci tomat dengan bersih, karena buah tomat diketahui merupakan buah yang paling banyak menerima insektisida sehingga jika kurang baik membersihkannya bisa berakibat buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

4. BUAH DELIMA

Buah delima mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Jus buah delima berdasarkan penelitian dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang dapat menyebabkan resiko tinggi terkena penyakit jantung.

5. TEH HIJAU

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Meminum teh hijau setiap hari adalah salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) karena kandungan tanin pada teh hijau mampu mencegah penumpukan plak di arteri dan mengurangi resiko mengalami serangan jantung ataupun stroke.

6. KACANG ALMOND

Almond adalah kacang yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin serta asam lemak tak jenuh yang cukup ampuh untuk menurunkan kolesterol dengan membantu meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan LDL. Lemak yang terkandung dalam kacang almond membantu membuat kolesterol LDL terurai. Sejumlah penelitian yang dilakukan oleh asosiasi kesehatan jantung Amerika menyebutkan terjadi penurunan 10% kolesterol buruk (LDL) bagi seseorang yang setiap harinya mengkonsumsi kacang almond sekitar 70 gram.

7. JERUK

Buah jeruk paling banyak diminati oleh sebagian orang, baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus karena rasanya yang enak, buah jeruk juga mengandung vitamin, kalium, fruktosa, beta karotin dan berbagai nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan Pectin dan Hesperidin yang terkandung dalam buah jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. 

8. MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak zaitun tergolong kedalam minyak yang sehat karena mengandung nutrisi yang kaya antioksidan dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Konsumsi olive oil setiap hari dengan cara mencampurkan kedalam sayuran atau menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega saat mengolesi makanan dan sebagai saus untuk roti. Yang perlu diperhatikan adalah minyak zaitun mengandung kalori yang tinggi, sehingga sebaiknya kita tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jumlah konsumsi minyak zaitun yang disarankan sekitar 2 sendok makan (23 gram) setiap harinya.

9. GANDUM

Gandum dikenal di berbagai tempat sebagai makanan pokok yang menyehatkan dan digunakan sebagai pengganti nasi. ketika anda menginginkan menurunkan kolesterol menggunakan gandum, cukup dengan mengganti sarapan kita dengan satu porsi gandum tiap pagi. Gandum dapat menurunkan kolesterol jahat 5,3% hanya dalam 6 minggu. Di dalam gandum mengandung beta-glukan, yaitu suatu zat yang mampu menyerap LDL, dan membuat tubuh menjadi bugar.

10. BERAS MERAH

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet serta sebagai konsumsi penderita diabetes. Beras merah mengandung senyawa monacolin yang menghambat kolesterol jahat dan membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Cobalah untuk mengkonsumi 1 piring kecil beras merah 1-2 kali setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa beras merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun, hati-hati mengkonsumsi beras merah bagi wanita yang sedang hamil, menyusui atau seseorang yang menderita gangguan hati.

11. IKAN SALMON

Ikan salmon dikenal karena merupakan sumber protein yang sangat berkualitas, kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon mencegah tingginya kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, salmon rendah kolesterol dan lemak jenuh. Untuk mendapatkan hasil penurunan kadar kolesterol jahat yang maksimal konsumsilah ikan salmon sedikitnya 2 x dalam seminggu.

12. BAWANG PUTIH

Bawang putih selain dipergunakan sebagai bumbu masakan ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C, Kalsium dan zat besi. Bawang putih merupakan bahan alami yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, bawang putih juga bisa dipergunakan untuk mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah dan melindungi terhadap penyakit jantung atau stroke. Menurut Laporan National Institute of Integrative Medicine, ekstrak bawang putih adalah alternatif yang aman dan efektif untuk tekanan darah dan obat alami penurun kolesterol. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan memakan 2-3 siung bawang putih mentah saat perut kosong setiap hari atau bisa juga dengan mencampur bawang putih segar dalam masakan dan sup.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan di atas maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita bisa diturunkan. Selain melalui makanan, cara lain menurunkan kolesterol secara alami adalah dengan berolahraga. Olahraga yang teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Aktivitas fisik dalam olahraga membantu  meningkatkan (HDL)“kolesterol baik” yang ada dalam tubuh. Tidak perlu memulainya dengan olahraga berat, olahraga sederhana yang bisa kita lakukan sebagai cara cepat menurunkan kolesterol secara alami antara lain seperti jalan kaki, bersepeda, lari dan berenang ataupun sekedar menyibukan diri dengan berkebun. Pilih bentuk olahraga yang sesuai dan cocok untuk kita. WHO merekomendasikan, minimal, 30 menit per hari.

Demikianlah beberapa cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh kita. dengan senantiasa menjaga pola makan kita dan rutin berolahraga mudah mudahan kita selalu dalam kondisi yang sehat dan fit. selamat beraktifitas. semoga bermanfaat.....

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar