Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Operasi Pada Anak Maupun Dewasa

Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Operasi - Radang amandel atau tonsilitis adalah sebuah penyakit dimana terjadi peradangan pada amandel yang menyebabkan penderita akan mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk. Gejala biasanya akan pulih dalam tiga hingga empat hari. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang masuk ke mulut. Biasanya penyakit ini diderita oleh anak-anak namun juga tidak menutup kemungkinan di alami oleh orang dewasa.
Cara Alami Mengobati Amandel Tanpa Operasi
Amandel (tonsil) itu sendiri merupakan kumpulan dari jaringan limfoid yang terletak di rongga mulut, tepatnya ada dikedua ujung lipatan mulut bagian belakang. Apabila organ tersebut terkena infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus yang masuk melalui mulut, hidung, dan kerongkongan maka tugasnya amandel (tonsil) adalah mencegah agar infeksi tersebut tidak menyebar keseluruh tubuh dengan cara menahannya, itu sebabnya mengapa terjadi peradangan amandel atau masyarakat banyak yang menyebutnya adalah penyakit amandel (tonsilitis). Penyakit amandel dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena virus atau bakteri, faktor makanan, kurangnya mengkonsumsi vitamin C, kurangnya mengkonsumsi air putih, kurangnya menjaga kebersihan tangan, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas.


Biasanya penyakit amandel akan sembuh dalam waktu satu minggu, namun apabila penyakit amandel atau tonsilitis ini tergolong parah dan sering kambuh biasanya dokter akan menyarankan untuk  dilakukan operasi. Walaupun operasi amandel ini tergolong sederhana, namun tetap saja sebuah hal yang menakutkan bagi anak-anak, selain itu juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pengobatan penyakit amandel ini dengan cara yang alami, karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping. Silahkan simak cara alami  untuk mengatasi amandel pada anak di bawah ini :

Perbanyak Air Putih

Perbanyaklah asupan air putih setidaknya 8 gelas perhari. Karena air putih akan membantu tubuh menetralisir racun yang ada dalam tubuh dan dibuang bersama urine yang keluar. Air putih juga bermanfaat untuk mencegah keringnya bagian tenggorokan dan juga untuk menambah daya tahan tubuh, agar tidak merasa lemas. Apabila kondisi tubuh sedang sakit usahakan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dari 8 gelas perhari. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih dalam kondisi hangat dan hindari konsumsi air dingin atau es yang bisa memperparah peradangan yang terjadi.

Garam

Garam dipercaya bisa membantu membunuh kuman dan bakteri, sehingga bisa dipergunakan untuk mengatasi peradangan amandel. Adapun cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan 3-4 sendok garam dengan segelas air hangat, lalu aduk hingga rata kemudian dipergunakan untuk berkumur. Lakukan Pagi dan sore hari.

Buah mengkudu

Buah mengkudu telah dipergunakan oleh banyak orang karena memiliki berbagai khasiat yang bagus untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan penyakit amandel. Adapun cara pengolahannya adalah siapkan dua buah mengkudu yang telah matang dan madu secukupnya. Kemudian cucilah buah mengkudu dan dihaluskan,  lalu saring dan diambil airnya, campurkan dengan 1 sendok madu, kemudian aduklah hingga rata. Pakai sebagai obat alami amandel 2- 3 kali sehari, gunakan untuk berkumur dulu selama beberapa menit kemudian baru diminum.

Jambu Biji

Kandungan Flavonoid dan antioksidan pada jambu biji bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang amandel, adapun pengolahannya cukup mudah, bisa dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus jambu biji dan minumlah secara teratur.

Buah Nanas

Buah nanas selain mengandung berbagai macam Vitamin yang bermanfaat bagi tubuh kita juga mengandung zat anti inflamasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang amandel, adapun cara pengolahannya bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan jus nanas dan minumlah 2x sehari.

Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki berbagai manfaat, selain sebagai pelengkap bumbu masakan, jeruk nipis juga telah banyak digunakan sebagai obat tradisional, diantaranya sebagai obat alami mengatasi amandel karena kandungan flavonoid pada jeruk nipis berperan sebagai anti inflamasi dan anti oksidan. Cara Pengolahannya yaitu, sediakan 2 jeruk nipis lalu diperas kemudian ambil airnya dan beri sedikit kapur sirih dan aduk rata. Minum ramuan perasan air jeruk dan campuran kapur sirih sebelum tidur.

Kulit manggis

kulit manggis mengandung senyawa xanthone, tanin dan antosianin yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya, diantaranya adalah untuk mengobati amandel. adapun pengolahannya yaitu, 15 gram kulit manggis yang sudah kering direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga tersisa 1 botol. Minum rebusan kulit manggis sebelum tidur malam hari selama 3 hari berturut-turut.

Jahe

Jahe telah banyak digunakan oleh banyak orang baik sebagai pelengkap bumbu masakan atau dijadikan bahan untuk minuman. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala-gejala yang dapat ditimbulkan oleh radang amandel. Siapkan beberapa rimpang jahe kemudian rebus dengan air, kemudian dapat ditambahkan dengan madu atau bahan lainnya, lalu minumlah secara teratur.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dikenal memiliki fungsi sebagai anti bakteri  dan virus. Sebagai obat untuk mengatasi amandel, untuk pengolahannya ambil beberapa rimpang kunyit lalu haluskan hingga menjadi pasta, peras dan ambil airnya. Tambahkan beberapa sendok madu dan campur dengan air panas, gunakan untuk berkumur kemudian diminum.

Bawang merah

Untuk pengobatan amandel bawang merah bisa dimanfaatkan karena mengandung zat anti inflamasi. Cara penggunaannya adalah kupas terlebih dahulu 1 atau 2 siung bawang merah lalu cuci hingga bersih, kemudian kunyah bawang merah sampai lembut kemudian telan. 

Sambiloto

Bubuk sambiloto sebanyak 3 – 4,5 gram diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, lalu diminum hangat-hangat. Atau 30 gram sambiloto segar direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring airnya, bisa diminum langsung, namun apabila anak kita tidak tahan dengan rasa pahitnya bisa ditambahkan 1 sendok makan madu, lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali minum 200 cc.

Kita bisa memilih salah satu pengobatan di atas untuk mengobati amandel anak kita, tidak harus dipilih semuanya, tapi bisa dipilih salah satunya saja. Selain menggunakan obat-obatan alami untuk menyembuhkan radang amandel, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh dan konsumsi makanan serta asupan gizi agar radang amandel tidak bertambah parah. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu penyembuhan radang amandel :

Istirahat yang cukupIstirahat sangatlah penting bagi tubuh, istirahat dapat membantu mengembalikan stamina dan daya tahan tubuh agar radang amandel yang diderita tidak menjadi semakin parah.
Hindari makanan yang bersifat pedas dan panas – makanan pedas dan bersifat panas, akan memperparah kondisi radang amandel. Jadi kita harus bisa menghindari jenis makanan yang pedas dan berlemak tinggi, seperti sambal, gorengan, gulai dan jenis makanan lainnya.
Konsumsi makanan yang lembek – Agar asupan nutrisi tetap terjaga, maka kita perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan, hindari makanan yeng bertekstur kasar seperti gorengan dan pilihlah makanan dengan tekstur yang lembek, lunak dan encer. Kita bisa mencoba mengkonsumsi jus buah dan jus sayur.

Demikian beberapa cara alami untuk menyembuhkan radang amandel. Apabila bermanfaat silahkan bagikan kepada kerabat atau teman terdekat.


SHARE THIS