Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Gigi berfungsi untuk merobek dan mengunyah makanan agar makanan yang masuk ke dalam perut kita mudah dicerna. Tapi apa yang terjadi kalau kita mengalami Sakit Gigi, tentu kita tidak akan bisa mengunyah makanan dengan baik, jangankan untuk mengunyah, untuk membuka mulut saja bisa terasa sangat sakit. Sakit gigi merupakan sakit yang hampir semua orang pernah mengalaminya, ketika makan terasa senut-senut, mendengar suara keras juga tambah sakit, dan masih banyak lagi keluhan yang lainnya.
Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami
Penyebab sakit gigi biasanya adalah karena gigi berlubang dan terjadi infeksi atau peradangan pada lubang tersebut, awalnya lubang gigi terjadi pada permukaan gigi yaitu Email atau enamel, lubang gigi pada permukaan ini tidak terasa sakit sama sekali, jika lubang ini tidak ditambal maka lubang akan membesar dan lebih dalam yaitu menyerang bagian Dentin, jika kita minum dingin atau panas akan terasa ngilu, nah jika anda memiliki keluhan ngilu di gigi ada dua kemungkinan, yang pertama adalah gigi anda berlubang dimana lubangnya itu sudah mencampai Dentin, yang kedua adalah gusi anda terbuka sehingga membuat gigi sensitif karena bagian leher gigi kebawah yang terbuka peka terhadap rangsang. Jika lubang gigi yang sudah sampai dentin tidak dirawat maka yang terjadi lubang gigi akan mencapai pulpa (lapisan terdalam pada gigi yang berisi pembuluh darah dan saraf yang sensitif). Nah akibat infeksi bakteri pada pulpa inilah yang menyebabkan sakit gigi.

Resep Obat alami Sakit Gigi ini sifatnya hanya sementara yaitu untuk mengurangi dan meredakan sakit gigi, karena gigi berlubang itu tidak akan sembuh total hanya dengan cara alami yang akan disebutkan dibawah ini, sehingga jika anda terkena gigi berlubang atau karies maka mau tidak mau harus dilakukan perawatan misalnya ditambal. Namun karena kita sering menyepelekan kesehatan gigi, lubang gigi yang seharusnya dapat diatasi dan tidak menimbulkan sakit berubah menjadi penyakit menjengkelkan dan sangat mengganggu karena rasanya sakit sekali. Jika sudah terlanjur sakit gigi, anda bisa menggunakan cara alami dibawah ini sebagai tindakan sementara, tapi setelah sakit gigi reda anda harus pergi ke dokter gigi untuk dilakukan penanganan yang tepat seperti penambalan pada gigi yang berlubang agar sakit gigi tidak muncul lagi. Silahkan simak dan praktekan resep alami untuk mengobati sakit gigi berlubang berikut ini :

Garam

Kandungan Yodium dalam garam mampu meredakan rasa sakit atau nyeri pada gigi. Sebagian besar orang juga percaya bahwa garam mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Adapun cara menyembuhkan sakit gigi dengan garam adalah dengan mencampurkan garam 3-4 sendok makan dengan segelas air hangat, aduklah hingga garam larut kemudian berkumurlah dengan air garam tersebut sekitar 1 menit. 

Daun Pepaya

Selain digunakan sebagai lalapan ternyata daun pepaya bisa mengobati sakit gigi berlubang. Daun Pepaya telah dipercaya oleh sebagian besar masyarakat untuk berbagai pengobatan alami, kandungan senyawa karpain pada daun pepaya bisa menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Caranya yaitu, ambil daun pepaya muda. Getah yang keluar dari daun pepaya ini dioleskan pada bagian gigi yang sakit dengan menggunakan kapas.

Biji Alpukat

Kandungan antioksidan seperti katekin dan procyanidins pada biji alpukat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi. Ambillah sedikit biji Alpukat, kemudian tumbuk hingga halus dan masukkan tumbukan biji Alpukat tersebut ke dalam gigi yang berlubang. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian kumurlah dengan air hangat.

Bawang Putih

Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata bisa pula digunakan untuk mengobati sakit gigi, kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada bawang putih mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi. Ambil bawang putih kemudian kupas kulit luarnya dan bersihkan, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus tempelkan tumbukan bawang putih kedalam gigi yang sakit. Biarkan antara 10-15 menit kemudian kumur dengan air hangat.

Cabe Rawit

Cabe rawit banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Cabe rawit sudah dikenal memiliki berbagai manfaat sejak jaman nenek moyang kita. Kandungan Capsaicin pada cabe rawit dapat  membantu mengobati peradangan pada gigi yang sakit. Ambillah 1 buah Cabe Rawit, keringkan Cabe Rawit dan tumbuk hingga menjadi bubuk halus, kemudian masukkan ke dalam gigi yang berlubang.

Cengkeh

Cengkeh merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Cengkeh telah dibudidayakan sejak jaman dahulu karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh banyak diekstrak menjadi minyak, minyak cengkeh inilah yang biasa digunakan untuk mengobati sakit gigi karena mengandung Flavonoid sebagai anti inflamasi dan antioksidan serta kandungan zat lain yang berperan sebagai anti bakteri. Caranya ambil kapas yang bersih kemudian tetesi dengan minyak cengkeh sampai basah, lalu tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu kumurlah dengan air hangat.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki ciri khas khusus pada rasanya yang sangat masam dan banyak digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur oleh sebagian masyarakat. Jeruk nipis memiliki segudang manfaat, diantaranya sebagai obat alami mengatasi sakit gigi karena kandungan flavonoid pada jeruk nipis berperan sebagai anti inflamasi dan anti oksidan. Caranya ambil 1 buah jeruk nipis, kemudian peras dan ambil air perasan jeruk nipis untuk dioleskan pada gigi yang berlubang.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat masam dan telah banyak digunakan sebagai bahan masakan guna menghasilkan rasa masam yang alami, dan oleh sebagian masyarakat juga dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai bahan makanan dalam pembuatan rujak. Kandungan zat anti bakterial pada belimbing wuluh digunakan untuk mengobati sakit gigi secara alami. Caranya dengan menumbuk belimbing wuluh hingga halus lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10-15 menit lalu kumurlah dengan air hangat.

Demikianlah cara alami mengobati Sakit Gigi yang dapat hanhan bagikan, semoga bermanfaat dan lekas sembuh sakit gigi anda, segera periksakan gigi anda ke dokter gigi agar mendapat penanganan yang tepat dan maksimal. Jangan lupa untuk menyikat gigi secara teratur minimal 2x sehari agar gigi senantiasa bersih dari kuman dan bakteri.

Apabila artikel ini bermanfaat  bagikan/ share dengan teman dan keluarga anda.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar