Ketika Anak Kita Susah Untuk Makan Segera Praktekan 14 Jurus Ampuh Berikut Ini

Tips Mengatasi Anak Susah Makan - Setiap orang tua tentu mendambakan anak yang sehat, ceria dan memiliki badan yang padat berisi. Tapi apakah yang terjadi apabila anak kita menolak setiap kali kita menyuapinya ataupun mengajak si kecil makan. Tentu kita menjadi khawatir tentang kecukupan gizinya. Asupan makanan bagi anak merupakan hal terpenting apalagi dalam masa pertumbuhan bagi balita usia 1 sampai dengan 5 tahun. Dimana pada masa tersebut makanan berguna untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan energi bagi anak dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Jika kurang asupan makanan, maka anak balita cenderung akan mudah terserang penyakit karena kekurangan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh, kurangnya asupan gizi juga dapat mengganggu pertumbuhan anak. Gejala anak susah makan harus segera diatasi agar tidak menjadi kebiasaan yang berkelanjutan. Tanda-tanda yang umumnya terjadi antara lain anak cenderung tidak menyukai sayur-sayuran, hanya menyukai menu tertentu saja, cenderung menyukai permen dan makanan manis lainnya.


Pada umumnya terdapat 2 faktor yang menjadi penyebab anak kita susah untuk makan, diantaranya:
  • Faktor fisik yakni terganggunya organ yang berkaitan dengan proses makan anak kita, seperti gigi yang berlubang sehingga akan terasa sakit ketika anak kita mengunyah makanan. Atau Gangguan organ pencernaan anak yang bisa terjadi karena infeksi dalam tubuh anak.
  • Faktor psikis yakni yang berkaitan dengan psikologis anak, seperti anak sedang sakit sehingga kehilangan nafsu makan, anak merasa cemas, ketika kita terlalu memaksakan anak kita untuk makan, suasana ketika makan kurang menyenangkan, merasa tertekan akibat mendapat tindak kekerasan atau hukuman, dan lain sebagainya.
Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Pada Umumnya kondisi anak susah makan ini sering terjadi ketika usia anak kita sudah mencapai diatas 1 tahun. Kita sebagai orang tua biasanya akan berusaha untuk mengatasi anak kita yang susah makan. Bahkan ada sebagian orang tua menjadi stress menghadapi problem anak susah makan ditambah lagi apabila anak kita pilih-pilih dalam hal makanan.

Jika anak kita susah untuk makan, Silahkan praktekan 14 Jurus Ampuh Mengatasi Anak Susah Makan berikut ini:

1. Sajikan Dalam Porsi Sedikit

Kita sebagai orang tua harus mengetahui dan menyadari bahwa lambung anak kita tidak sama dengan lambung orang dewasa, yang artinya anak kita hanya bisa menampung sedikit makanan. Jadi sediakan makanan dalam porsi yang sedikit. Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan dengan porsi berlebihan karena lambung anak kita belum mampu menampung makanan terlalu banyak. Jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit agar ia tidak bosan dan bisa menikmati menu makanannya. Jika anak kita senang dan ketagihan biasanya ia cenderung meminta lagi setelah porsi yang dihadapannya habis.

2. Sajikan Menu Sesuai Umur

Saat anak kita berusia diatas 6 bulan, mulailah dengan memberikan makanan pendamping ASI seperti bubur susu, sari buah, lalu bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat seperti nasi tim, dan seterusnya. Untuk makanan pendamping ini harus disesuaikan dengan umur anak kita. Kita Bisa merujuk ke bidan atau dokter anak untuk menu makanan yang sesuai dengan umur anak kita. Jangan langsung memberikan nasi padat karena bisa mengganggu saluran pencernaannya dan bisa berakibat fatal.

3. Sajikan Makanan Secara Bervariasi

Untuk anak dibawah usia 2 tahun, kita bisa memilih variasi makanan seperti bubur instant, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan dan perlu juga menyesuaikan dengan usia anak kita. Biasanya tersedia bubur instant untuk usia 6 – 24 bulan dengan berbagai rasa. Kita bisa melakukan variasi rasa saat memberikan makan kepada anak kita sehingga ia tidak merasa bosan saat makan, misalnya bubur instan tersebut ada 7 rasa, berarti dalam 1 minggu anak kita akan menikmati makanan yang berbeda setiap harinya. Untuk anak diatas 2 tahun, variasikan menu lauk pauknya. Buat pilihan menu makanan dan biarkan anak kita memilih makanan favoritnya. Atau kita bisa juga variasikan berdasarkan waktu makannya. Misal sarapan pagi : kentang, telur, dan minum segelas susu, makan siang : nasi tim sayur dengan ikan, makan malam nasi sayur dengan daging atau ayam. Jangan lupa untuk menyediakan sayur dan buah buahan.

4. Sajikan Makanan Dengan Semenarik Mungkin

Sajikan makanan dengan menarik, jangan dicampur aduk antar nasi dan lauknya. Penyajian menarik bisa dengan menggunakan piring makan yang ia sukai kemudian pisahkan antara nasi dengan lauk pauknya sehingga tampak menarik dan mengundang selera makan anak kita. Atau bisa juga dengan menghias makanan yang akan kita sajikan, misal dengan mencetak nasi dalam cetakan berbentuk beruang atau bebek, diberi potongan sayuran, mentimun, tomat, dengan bentuk yang menarik perhatiannya.

5. Susun Jadwal Makan Anak

Susunlah jadwal makan anak kita, dengan penerapan jadwal makan akan membantu dan membiasakan anak kita untuk makan tepat waktu sehingga secara otomatis anak kita akan makan bila telah tiba waktunya.

6. Berikan cemilan jauh sebelum waktu makan

Jika kita senang memberi cemilan, berikan cemilan jauh sebelum waktu makan anak kita tiba. Beri cemilan yang sehat misalnya buah-buahan yang dipotong menyerupai dadu, agar-agar, sayuran seperti wortel yang telah dikukus, timun, yoghurt, pudding,es krim, cake buatan kita sendiri dan lain lain. Hindari pemberian cemilan berupa coklat, permen, snack yang mengandung penyedap rasa (MSG) karena dapat mengurangi nafsu makan anak kita.

7. Libatkan anak kita dalam menyajikan makanan

Ketika kita sedang mempersiapkan makanan, Libatkanlah anak kita, misalnya dengan meminta pertolongan untuk mengambilkan buah atau sayur, membantu merapikan peralatan makan dan lain lain.  ketika anak kita mau melakukannya jangan lupa untuk  memberi pujian supaya anak merasa senang dan lebih bersemangat untuk makan.

8. Bujuklah anak dengan cara yang tepat

Ketika kita membujuk anak kita untuk makan, jangan memaksa, mengancam, apalagi menakut-nakuti anak agar ia mau makan karena hal ini hanya akan menimbulkan trauma psikologis. Bujuklah anak kita dengan lemah lembut dan sabar agar ia mau makan dan menuruti kata kata kita, misalnya dengan memberikan penjelasan pada anak kita tentang pentingnya makanan bergizi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, gunakan bahasa yang bisa dicerna dan dipahami oleh anak kita.

9. Menunggu saat yang tepat untuk makan

Kita sebagai orang tua harus bisa memahami kondisi anak kita dan bersabar. Jika anak kita tetap tidak mau makan ada baiknya kita membiarkan anak kita untuk beraktifitas seperti biasa terlebih  dulu, biasanya ketika anak kita telah melakukan aktifitasnya seperti bermain, maka dia akan merasa lapar, nah disaat hal itu terjadi ia akan meminta makan dengan sendirinya.

10. Singkirkan hal yang bisa merusak konsentrasi makan

Ketika waktu makan tiba, sebaiknya biasakan mengajaknya makan di ruang makan, hindari tempat yang bisa merusak konsentrasi makannya, jangan biasakan makan di ruang bermain atau ruang tv, matikan televisi, jauhkan mainan dari meja makan, atau benda lainnya yang bisa mengganggu konsentrasinya saat makan.

11. Komunikasi saat makan

Selama kegiatan makan berlangsung tetaplah berkomunikasi yang baik dengan anak kita, ajaklah dia mengobrol atau bercerita tentang hal hal yang ringan seperti mainan favoritnya, kegiatan apa yang paling dia suka sehingga kegiatan makan terasa menyenangkan baginya.

12. Batasi minum saat makan

Atur pemberian minuman saat anak kita makan, usahakan jangan terlalu banyak minum karena anak akan merasa cepat kenyang sehingga mereka cenderung tidak menghabiskan makanannya.

13. Biarkan si kecil bereksplorasi saat makan

Sekali-kali biarkan anak kita untuk mencoba memakan makanan sendiri tanpa disuapi, kita hanya cukup mengawasinya saja. Jangan khawatir meja makan menjadi berantakan karena tumpahan makanan, karena hal ini justru membuat suasana makan menjadi menyenangkan bagi anak kita.

14. Memberikan Multivitamin dan suplemen penambah nafsu makan

Adakalanya kita perlu mencoba untuk memberikan multivitamin atau suplemen penambah nafsu makan yang banyak dijual bebas, multivitamin atau suplemen penambah nafsu makan biasanya mengandung curcuma yang dipercaya dapat meningkatkan penyerapan sari makanan pada saluran pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafsu makan serta kandungan Lysine HCl  yang merupakan asam amino untuk menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh agar nafsu makan anak kita meningkat.

Demikianlah 14 Jurus ampuh untuk mengatasi anak yang susah makan. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan dengan keluarga dan teman terdekat anda.

SHARE THIS

0 Response to "Ketika Anak Kita Susah Untuk Makan Segera Praktekan 14 Jurus Ampuh Berikut Ini"

Post a Comment