1001 Tips Aman dan Sehat Saat Mudik Lebaran

Menjaga kesehatan saat melakukan perjalanan mudik sangat penting karena secara tidak langsung berhubungan dengan keselamatan anda di jalan. Pastikan kondisi tubuh Anda tidak menjadi kelelahan sehingga mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh dan akhirnya membuat tubuh kita mudah terinfeksi oleh kuman atau virus terutama bakteri dan virus penyebab penyakit infeksi usus seperti diare serta penyakit infeksi saluran pernafasan atas seperti flu, batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Oleh karena itu, perjalanan mudik harus dipersiapkan dengan baik agar saat tiba di tempat tujuan tubuh kita tetap sehat dan bugar, dan momen lebaran bersama keluarga Anda menjadi hari yang spesial dan tak terlupakan.
1001 Tips Aman dan Sehat Saat Mudik Lebaran
Banyak hal tak terduga yang bisa saja terjadi saat melakukan perjalanan mudik. Tidak hanya masalah kesehatan saja tetapi juga masalah transportasi. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum melakukan perjalanan mudik, agar kesehatan dan keselamatan saat mudik bisa tetap terjaga secara optimal. Nah.... berikut tips yang bisa anda praktekkan :

Tips Persiapan Sebelum Mudik

  1. Usahakan untuk tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat.
  2. Sehari sebelum mudik, usahakan mengkonsumsi makanan bergizi, perbanyak unsur Karbohidrat dan Protein yang merupakan sumber tenaga.
  3. Siapkan bekal makanan yang tahan lama, minuman manis yang selalu hangat.
  4. Tanggulangi terlebih dahulu penyakit ringan, bawalah obat-obatan seperlunya.
  5. Menghindari begadang jika anda merencanakan berangkat pagi hari, agar terhindar dari kelelahan mengantuk apalagi Anda sedang mengendarai mobil atau motor. Istirahat tidur yang cukup agar stamina anda benar-benar segar.
  6. Memperbanyak minum air putih sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan untuk menjaga agar cairan tubuh tetap terjaga.
  7. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pemeriksaan kondisi kendaraan dan pastikan semuanya baik-baik. Jangan lupa membawa perlengkapan mobil, seperti : senter, pompa ban, ekstra ban, segitiga pengaman, dongkrak, payung, perlengkapan P3K. Apabila anda mempunyai anak sediakan ruang yang lega bagi tempat si kecil agar ia bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan tape dan lagu anak-anak agar anak tidak bosan selama perjalanan.
  8. Jika anda akan menggunakan kendaraan motor roda 2 persiapkan jas hujan, dan jangan lupa menggunakan masker untuk meminimalisir polusi udara. Apalagi jalan raya pasti semakin berpolusi dari kanlpot-kanlpot kendaraan lainnya.
  9. Bawa peta jalur mudik yang menyediakan jalur alternatif secara detil dan jelas. Lengkapi peta dengan beberapa nomor penting yang akan memberikan info penting terkait perjalanan anda.
  10. Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan jalan. Dengan memperhitungkan lamanya perjalanan, maka bisa ditentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan.

Tips Selama Perjalanan Mudik

  1. Apabila anda seorang perokok, usahakan untuk tidak merokok selama perjalanan, karena dapat menyebabkan kekurangan Oksigen.
  2. Hindari mengkonsumsi alkohol untuk mencegah dehidrasi.
  3. Perbanyak minum air putih selama perjalanan agar terhindar dari dehidrasi.
  4. Mencari informasi lalu lintas mudik yang akan anda lewati, agar dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal.Ambillah waktu terbaik yang sesuai, jika anda ingin tidak terlalu lelah selama perjalanan, ada baiknya Anda mencoba untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. Selain tidak terpapar sinar matahari yang bisa membuat cepat kekurangan cairan, di perjalanan malam tenaga yang Anda miliki masih banyak karena baru saja berbuka puasa.
  5. Kalau anda sering menahan hajat kecil maupun besar saat mudik, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan. Jangan ragu untuk berhenti ketika merasa ingin buang air kecil atau buang air besar. POM bensin bisa jadi tempat yang tepat untuk melepas hajat dan sejenak beristirahat.
  6. Meskipun perjalanan masih jauh dan lama, segera beristirahat jika sudah merasa lelah berkendara. Tidak ada yang lebih penting selain keselamatan anda sampai di kampung dengan selamat dan tetap bugar. Anda bisa mengambil istirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina tetap bugar.

Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Perjalanan Mudik

  1. Tingkat kejahatan saat mudik sangatlah tinggi, bukan saja karena ada niat pelaku saja tetapi kesempatan di segala situasi termasuk saat Anda membawa uang yang banyak untuk sanak saudara di kampung halaman, waspadalah saat menaruh uang tersebut. Jangan menaruhnya di sembarang tempat atau menaruh semua uang Anda di dompet. Sebisa mungkin Anda dapat bisa menyimpannya di ATM saja agar lebih mudah.
  2. Saat jalanan macet memang sangat membuat Anda kehilangan kesabaran. Hal ini hanya akan membuat Anda lelah fisik dan lelah hati. Bersabarlah saat berada diperjalanan, jangan pula Anda memilih salip sana salip sini agar perjalanan anda terhindar dari kecelakaan yang rawan terjadi saat mudik.
  3. Usahakan jangan membeli jajanan di pinggir jalan mengingat kualitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik karena selalu terpapar dengan panas dan berpotensi terkontaminasi baik dari debu maupun kotoran lain.
  4. Perhatikan barang bawaan Anda, buat daftar keperluan yang terpenting terutama keperluan si kecil agar tidak ada yang tertinggal maupun terlupakan, kemudian jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan, apalagi bagi pemudik yang memang menggunakan kendaraan umum yang harus membawa barang bawaannya sendiri dan yang membawa anak-anak yang masih kecil, tentu ini akan lebih menguras tenaga pemudik.

Tips Memilih Makanan Saat Perjalanan Mudik

1. Cuci tangan:

  • Usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan.
  • Jika tidak ada air, gunakanlah “tissue basah” atau cairan pembersih tangan lainnya.

2. Pilihlan makanan yang berasal dari:

  • Bekal yang disiapkan dari rumah.
  • Rumah makan/warung yang terlihat bersih, aman dan nyaman.
  • Waspadalah terhadap kasus pembiusan, jangan mengkonsumsi makanan/minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.
  • Hindari makanan yang dingin, pilihlah makanan dan minuman yang hangat.

3. Bekal yang dibawa sebaiknya:

  • Makanan yang berprotein tinggi atau berkadar air yang tinggi sebaiknya dikonsumsi kurang dari 4 jam agar terhindar dari basi, seperti: telur, lontong isi, lemper, kue basah dan hindari makanan yang pedas atau bersantan.
  • Makanan kering/minuman dalam kemasan seperti: roti, biskuit, minuman botol/kalengan. Pastikan membeli minuman kalengan pada agen/toko resmi, untuk menghindari penggunaan bahan yang berbahaya bagi kesehatan dan senantiasa perhatikan masa kadaluarsanya.
  • Agar tetap fit dalam perjalanan, sebaiknya anda mengkonsumsi buah-buahan segar seperti: jeruk, pisang, mangga, belimbing dan apel.

4. Jika setelah makan terjadi hal-hal berikut:

Kepala pusing, Muntah-muntah, Gatal-gatal, Perut sakit dan sering buang air. Segeralah menghubungi petugas di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat

Tips Sehat Mudik Bagi Ibu Hamil

  • Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan pribadi Anda mengenai rencana perjalanan Anda. Tentunya Anda harus dalam keadaan sehat dan segar. Dokter juga biasanya akan memberikan vitamin agar Anda lebih berstamina.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman selama perjalanan. Seorang ibu hamil harus tetap mendapat nutrisi selama mudik. Hindari membeli makanan di pinggir jalan yang belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sedikit longgar. Hindari menggunakan alas kaki dengan hak tinggi karena akan menyulitkan ibu hamil untuk bergerak. Lebih praktis lagi jika Anda menggunakan sendal.
  • Hal yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sulit tidur. Upayakan membawa bantal dan selimut agar ibu tetap hangat dan nyaman tertidur.
  • Ingatkan sang supir untuk tidak berkendara terlalu kencang. Selain membuat tidak nyaman bagi ibu hamil, mengendarai kendaraan dengan kecepatan normal akan menghindarkan Anda sekeluarga dari kecelakaan lalu lintas.
  • Jaga posisi kaki Anda agar tetap lurus, atau angkat sedikit bagian kaki Anda. Ini dimaksudkan unuk mengurangi terjadinya kram kaki,bengkak, atau varises.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Disaat Mudik

  • Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu didepan pintu rumah.
  • Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan di lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.
  • Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
  • Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  • Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah. 
  • Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.
  • Jika perlu, pasang CCTV atau kamera tersembunyi di titik tertentu seperti di bagian depan pintu rumah, kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.

Kondisi badan yang sehat dan bugar saat mudik tentu akan menjadikan momen silaturahmi dengan keluarga besar Anda makin menyenangkan. Apabila bermanfaat silahkan bagikan artikel ini pada keluarga dan sahabat anda.


SHARE THIS