11 Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Maag Agar Puasa Tetap Berjalan Lancar

11 Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Maag Agar Puasa Tetap Berjalan Lancar - Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa salah satu gejala penyakit maag adalah rasa perih atau nyeri di bagian ulu hati, rasa nyeri ini bisa terjadi kapan saja meskipun sehabis makan, selain rasa nyeri biasanya juga disertai dengan rasa mual dan perut terasa kembung, terlambat makan atau perut kosong merupakan pantangan bagi seseorang yang menderita sakit maag. Namun saat memasuki bulan suci ramadhan kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, ini berarti mengakibatkan kita harus menahan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam lamanya. Bagi Kebanyakan penderita penyakit maag akan merasa ragu-ragu dalam menjalankan ibadah puasa tersebut.


Bagi anda penderita sakit maag yang memutuskan untuk tetap berpuasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui penyakit maag yang diderita, karena tidak semua penderita maag diperbolehkan untuk tetap berpuasa. Maag bisa dibagi atas dua jenis, yaitu fungsional dan organik. Hasil ini bisa didapatkan setelah dilakukan pemeriksaan endoskopi (teropong saluran pencernaan atas). Pada penderita maag organik didapatkan adanya gangguan organ pencernaan seperti adanya luka di lambung, usus halus, atau organ lain, sedangkan pada penderita maag fungsional tidak ditemukan gangguan atau kelainan. Umumnya, penderita maag fungsional diperbolehkan untuk tetap berpuasa, sedangkan pada penderita maag organik, puasa bisa memperberat kondisinya jika tidak dilakukan penanganan yang baik.

11 Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Maag Agar Puasa Tetap Berjalan Lancar

Agar tetap bisa berpuasa dengan sehat dan lancar silahkan simak beberapa tips puasa sehat bagi penderita sakit maag di bawah ini:

1. Makan dan Minum Secara Bertahap

Ketika sudah waktunya berbuka, segeralah untuk berbuka puasa. Mulailah dengan menyantap sesuatu yang manis terlebih dahulu seperti teh manis hangat atau beberapa biji kurma, usahakan makan sedikit demi sedikit dan hindari langsung mengkonsumsi makanan utama. Berhentilah makan sebelum kenyang, lebih baik makan sedikit demi sedikit dengan intensitas yang sering daripada makan sekaligus dengan porsi yang banyak.

2. Makan Sayur dan Buah

Perbanyaklah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bagi penderita maag tentu ini sangat membantu kerja lambung dalam mencerna makanan. Yang perlu dihindari adalah konsumsi buah buahan yang memiliki rasa yang asam, juga buah pisang ambon, kedondong dan buah yang dikeringkan,

3. Jangan Pernah Tinggalkan Sahur

Bagi anda yang menderita penyakit maag jangan sampai meninggalkan sahur. Usahakan untuk sahur di akhir waktu dan kurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula pada saat sahur, karena justru akan memicu produksi insulin yang membuat tubuh kita lemas saat siang hari.

4. Minum yang cukup saat sahur dan buka

Kebutuhan cairan dalam tubuh kita yaitu minimal 2 liter dalam sehari, atau sekitar 8 gelas. Jika dibagi untuk waktu sahur dan buka, maka saat sahur 4 gelas, saat buka 4 gelas. Minum yang cukup juga membantu proses pencernaan makanan dan memulihkan stamina.  Kecuali apabila anda menderita penyakit jantung sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apakah konsumsi air masih dibolehkan sebanyak 2 liter.

5. Hindari makanan yang mengandung gas

Diantara makanan yang mengandung gas adalah makanan berlemak karena menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Hindari pula sayur seperti kol, nangka, sawi,  juga makanan yang terlalu pedas, dan asam. Jenis makanan tersebut tidak cocok bagi penderita maag. Memang makanan tersebut mengandung banyak serat, tapi cenderung akan memperparah sakit maag yang kita derita.

6. Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Penderita maag diusahakan jangan memaksa porsi makanan tertentu hanya karena suka makanan tersebut. Porsi makan yang baik bagi penderita maag adalah sedikit tapi sering. Jenis makanannya juga yang tidak terlalu keras, tapi yang lembut dan lunak, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang digoreng, dan yang terpenting adalah kandungan protein, vitamin dan mineral  untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh kita. Konsumsi makanan yang mengandung serat, karbohidrat, kalium dan magnesium seperti kurma, kacang almond dan pisang.

7. Hindari Stress

Seperti sudah diketahui oleh kita semua bahwa stress merupakan salah satu pemicu penyakit maag. Tahukan anda, karena stres dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat memperparah sakit maag.

8. Hindari Minuman yang memicu keluarnya asam lambung

Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung gas seperti minuman bersoda, ataupun minuman yang dapat memicu produksi asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol, sari buah citrus dan susu full cream.

9. Jangan Tidur Setelah Sahur

Bagi penderita penyakit maag sebaiknya hindari tidur setelah sahur, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung dan gerak peristaltik pankreas. Tidur di pagi hari juga akan membuat tubuh mudah merasa letih dan lesu.

10. Jangan Merokok

Apabila anda adalah seorang perokok dan menderita maag sebaiknya berhenti merokok karena merokok sangat merugikan kesehatan kita dan orang yang ada di sekitar kita seperti keluarga dan anak kita, merokok bisa mengurangi antibodi yang melawan bakteri perusak lambung. Merokok juga membuat perut bertambah kembung, dan menyebabkan terjadinya luka di usus atau lambung. 

11. Konsumsi Obat Maag

Bagi Anda yang menderita penyakit maag akut, mungkin harus rutin mengkonsumsi obat maag agar puasa tetap  lancar dan terhindar dari iritasi lambung, jangan lupa untuk meminum obat sakit maag ketika sahur dan buka puasa.

Demikianlah beberapa tips puasa yang sehat bagi anda yang menderita penyakit maag. mudah mudahan puasa anda dan kita semua bisa berjalan dengan lancar dan memperolah pahala yang berlipat. Aamiin
Silahkan share artikel ini apabila bermanfaat bagi anda dan kerabat anda.

SHARE THIS

0 Response to "11 Tips Puasa Sehat Bagi Penderita Maag Agar Puasa Tetap Berjalan Lancar"

Post a Comment