18 Tips Ampuh mengatasi Mabuk Perjalanan

Hanahanif - Momen Spesial Umat Islam disaat lebaran tidak bisa lepas dari aktifitas mudik dan silaturahmi ke tempat sanak famili. Bepergian bersama keluarga tercinta ke suatu tempat baik menggunakan transportasi darat, laut, atau udara sungguh sangat menyenangkan, disamping menjalin tali silaturahmi antar keluarga, biasanya juga dibarengi dengan kegiatan tamasya ke tempat tempat wisata di daerah yang dekat dengan keluarga kita. Tapi terkadang perjalanan mudik ataupun silaturahmi ke tempat keluarga menjadi tidak menyenangkan ketika kesehatan kita terganggu karena mabuk perjalanan (motion sickness) dengan beberapa gejala yang muncul seperti keluar keringat dingin, kepala menjadi pusing, wajah menjadi pucat, perut terasa mual, dan biasanya diikuti dengan muntah, sehingga tubuh pun akhirnya menjadi lemas.karena dehidrasi (kekurangan cairan tubuh akibat muntah).
18 Tips Ampuh mengatasi Mabuk Perjalanan
Mabuk perjalanan biasanya terjadi karena beberapa sebab, diantaranya yaitu :
  • adanya ketidaksesuaian penerimaan saraf sensorik yang melibatkan mata dan juga rongga telinga bagian dalam, pengiriman pesan yang berlawanan antara pesan dari telinga bagian dalam (pusat keseimbangan tubuh) dengan informasi yang disampaikan oleh mata ke otak akan menyebabkan kekacauan pada sistem koordinasi syaraf pusat (otak).
  • Aroma yang tajam seperti asap kendaraan bermotor yang menggunakan solar, asap rokok, aroma parfum yang terlalu tajam, pengharum kendaraan.
  • Kurangnya kadar oksigen dan karbon dioksida yang meningkat di dalam kendaraan.
  • Kondisi guncangan dalam kendaraan karena sistem suspensi atau jalan yang tidak rata dan banyak tikungan tajam, atau jika di laut karena gelombang besar atau badai yang menyebabkan guncangan pada kapal.
  • Asik menggunakan gadget ataupun membaca dalam kendaraan yang sedang melaju.


Mengalami mabuk perjalanan adalah suatu hal yang sangat tidak menyenangkan dan bisa mengganggu perjalanan kita. Karena itulah, Anda harus mengatasi hal tersebut agar perjalanan tetap terasa nyaman, bahkan Anda tidak perlu merasa khawatir ketika melakukan perjalanan jauh. Silahkan simak 18 Tips ampuh untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan berikut ini :

1. Pilihlah tempat duduk di bagian depan

Pilihlah tempat duduk yang memiliki jangkauan pandangan luas seperti duduk di kursi depan bila berkendara dengan mobil, atau duduk di belakang sopir bila menggunakan bus, duduk di bagian kursi sekitar sayap (bila perlu dekat jendela) jika menggunakan pesawat, dan bila menggunakan kapal laut pilih tempat di dek atau di kabin tengah terutama bagian bawah. Hal ini akan  akan membuat mata dan juga tubuh Anda menginterpretasikan informasi yang sama.

2. Hindari membungkuk

Ketika melakukan perjalanan usahakan untuk tidak terlalu sering membungkuk atau melihat ke bawah saat kendaraan melaju karena hal itu bisa menyebabkan pusing dan rasa mual, sebisa mungkin hindari kegiatan membaca atau bermain gadget karena hal tersebut akan memicu rasa mual dan menyebabkan kepala pusing.

3. Usahakan Agar Tetap Rileks

Setiap orang bisa saja mengalami mabuk perjalanan. Bahkan, orang yang sering mengalami mabuk perjalanan akan merasakan gejala-gejala mabuk perjalanan ketika perjalanan baru saja dimulai. Hal itu akan membuat perasaan cemas selama perjalanan berlangsung karena pikiran cenderung mengkhawatirkan gejala yang akan muncul selama perjalanan, oleh karena itu usahakan agar pikiran tetap tenang dan rileks dengan mendengarkan musik ataupun mengobrol dengan saudara atau  teman sebelah tempat duduk anda.

4. Fokuskan Pandangan Ke depan

Fokus pandangan ke depan misal melihat pemandangan, sawah, atau melihat benda yang tidak bergerak, hindari menoleh atau melihat ke samping kiri - kanan jika anda naik mobil, atau jika naik kereta api (putar kursi kereta agar pandangan anda dapat menghadap ke arah lokomotif), melihat lautan bebas jika naik kapal, dan melihat ke luar jendela jika naik pesawat, sehingga tidak membuat pusing dan mual.

5. Minum Obat Anti Mabuk

Salah satu cara mencegah mabuk perjalanan yaitu dengan minum obat anti mabuk yang banyak dijual bebas di toko maupun apotek terdekat, minumlah 30 menit sebelum berangkat, namun yang perlu diperhatikan biasanya obat anti mabuk akan menyebabkan kantuk sehingga tidak tepat apabila anda akan menyetir atau mengendalikan kendaraan sendiri.

6. Konsumsi Jahe

Obat anti mabuk yang alami dan tidak menyebabkan kantuk yakni jahe, jahe sudah dikenal sebagai rempah rempah yang memiliki manfaat mengobati gangguan pencernaan. Anda bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk makanan atau minuman, seperti minuman jahe sachet, roti jahe, permen jahe, permen rasa mint, dan sebagainya. Atau anda bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dan diberi gula. Selain tidak menyebabkan kantuk, anda juga bisa tetap waspada selama perjalanan terutama apabila melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum.

7. Hindari Makan Berlebihan

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tetap fit selama perjalanan, hal yang perlu diperhatikan adalah makanlah secukupnya dan jangan berlebihan, sebaiknya hindari makanan yang berbumbu pedas dan berlemak karena bisa memicu rasa mual dan muntah.

8. Jangan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol baik sebelum atau selama perjalanan, karena minuman beralkohol biasanya akan menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa pusing sehingga akan memperbesar potensi anda untuk mengalami mabuk perjalanan.

9. Hindari Aroma Yang Tajam

Selama perjalanan sebaiknya hindari mencium wangi-wangian atau pengharum kendaraan, pilihlah parfum kendaraan yang beraroma lembut. Hindari juga membawa benda-benda yang beraroma  tajam misal buah durian, karena aroma yang tajam bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.

10. Hindari Asap Rokok

Apabila anda melakukan perjalanan bersama keluarga yang merokok maka sebaiknya nasehati agar tidak merokok selama perjalanan atau berada di dalam kendaraan umum dimana sebelah tempat duduk anda adalah seorang perokok sebaiknya pindahlah tempat duduk anda, hindari menghirup asap rokok,  merokok atau duduk di dekat perokok selama perjalanan karena akan menyebabkan suplai oksigen dalam tubuh akan berkurang sehingga mempercepat rasa pusing dan mual,

11. Usahakan Sirkulasi Udara yang Bagus

Upayakan agar sirkulasi udara dalam kendaran tetap terjaga dengan baik. Buka jendela kendaraan sehingga hembusan angin membuat udara dalam kendaraan terasa segar dan tidak pengap. Selain itu, dengan cara ini, bisa memberikan pesan ke otak bahwa tubuh anda sedang bergerak. Apabila anda melakukan perjalanan dengan kapal laut,  coba anda berada di dek kapal agar dapat menghirup udara segar dan melihat lautan yang luas.

12. Usahakan Tubuh Nyaman dan Rileks

Usahakan posisi duduk anda tegak dengan kepala menyandar, kurangi pergerakan kepala, dan cobalah untuk melakukan teknik pernafasan dengan menghirup udara dalam-dalam kemudian hembuskan secara perlahan agar tubuh tetap rileks dan tenang.

13. Istirahatkan tubuh Anda

Apabila perjalanan Anda cukup panjang dan memakan waktu yang relatif lama, sebaiknya beristirahat sejenak sekitar 20 sampai 30 menit setelah menempuh perjalanan antara 4 sampai 6 jam. Keluarlah dari kendaraan untuk meregangkan tubuh dan hiruplah nafas dengan teratur agar otak bisa kembali rileks.

14. Perbanyak Minum Air Putih

Selama perjalanan usahakan untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh kita terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi, selain air putih cobalah untuk minum minuman yang mengandung jahe seperti wedang jahe, hal ini dimaksudkan untuk menetralkan dan mencegah rasa mual.

15. Gunakan Minyak Kayu Putih

Agar terhindar dari mabuk perjalanan maupun masuk angin dan gangguan pencernaan seperti mual, ambilah minyak kayu putih, kemudian oleskan pada bagian sekitar dada, perut dan leher. Selain efektif mencegah mabuk perjalanan minyak kayu putih juga bisa dijadikan aromaterapi.

16. Konsumsi Buah-buahan Segar

Sediakan juga buah-buahan segar, untuk mencegah mabuk perjalanan atau ketika kita merasa mual hendak muntah, segera konsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, pear, atau pisang. Buah jeruk paling efektif karena banyak mengandung vitamin C serta aromanya yang segar bisa mengurangi rasa mual.


17. Usahakan Peredaran Darah Selalu Lancar

Apabila dalam perjalanan anda merasa mual, cobalah untuk menggerakan jari dengan cara mengepalkan kemudian lepaskan dan lemaskan jari-jari tangan dan kaki berulang-ulang agar peredaran darah ke otak menjadi lancar. Bisa juga dengan memijat jari-jari dan telapak tangan.

18. Sebaiknya Muntahkan Bila Sudah Tidak Tahan

Tips terakhir, apabila rasa mual sudah tidak tertahan dan anda ingin sekali muntah, sebaiknya segera menepi dan muntahkan. Apabila anda menggunakan kendaraan umum dan tidak memungkinkan untuk berhenti sebaiknya gunakan kantong plastik yang cukup besar untuk menampung muntahan anda. Biasanya setelah muntah kondisi tubuh justru bisa menjadi lebih baik, usahakan untuk meminum air yang hangat setelah anda muntah seperti air teh hangat agar anda tidak kekurangan cairan tubuh.

Demikianlah 18 Tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Dapat disimpulkan bahwa mengatur posisi ketika berada di dalam kendaraan, memilih asupan makanan, dan juga menggunakan pengobatan medis seperti dengan minum obat anti mabuk merupakan tiga metode utama untuk menghilangkan mabuk perjalanan. Persiapkan kesehatan fisik Anda sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik dan nyaman digunakan untuk berkendara. Apabila Tips ini bermanfaat silahkan bagikan dengan kerabat atau teman anda.


SHARE THIS

0 Response to "18 Tips Ampuh mengatasi Mabuk Perjalanan"

Post a Comment