20 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Cepat dan Alami

Semua orang tentu ingin memiliki gigi yang sehat dan putih berseri, akan tetapi tidak sedikit faktor yang dapat membuat gigi menjadi kuning dan hal tersebut dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Gigi yang putih dan berkilau akan menciptakan senyum yang indah dan membuat penampilan anda lebih menarik. Berdasarkan riset dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan sejumlah responden, 87% diantara mereka mengaku bahwa mereka merasa senang bilamana melihat orang lain tersenyum terutama apabila mereka mempunyai gigi yang putih.
20 Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Cepat dan Alami
Gigi menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi utama sebagai penghancur makanan. Jika tidak dirawat dengan baik sedangkan gigi setiap hari bertugas mengunyah makanan, maka kurangnya perawatan gigi akan menimbulkan banyak permasalahan pada gigi. Masalah yang timbul diantaranya gigi menjadi kuning, muncul kerak/ plak bahkan apabila jarang dirawat gigi dapat berlubang dan mengakibatkan kerusakan.



Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara memutihkan gigi, termasuk penting untuk kita ketahui juga faktor faktor penyebab gigi kuning, karena dengan mengetahui penyebab gigi kuning maka tentu saja kita paling tidak akan melakukan perubahan pola makan maupun pola hidup agar gigi kita tidak kuning, tetap putih, sehat dan indah. Agar gigi kita selalu putih dan sehat yaitu dengan menghindari beberapa penyebab gigi kuning yang disebutkan di bawah ini :

17 penyebab gigi kuning

1. Malas menggosok gigi 

Malas menggosok gigi adalah faktor utama yang menjadikan gigi kuning, selain gigi menjadi kuning, gigi akan mudah keropos, berlubang dan akhirnya akan mudah sakit gigi. Mungkin kita tidak menyadari bahwa orang yang malas menggosok gigi mulut akan berbau tidak sedap. Bahkan akan menyebabkan munculnya karang gigi.

2. Mengkonsumi Makanan Panas dan Minum Dingin Bersamaan

Memang kebanyakan makanan terasa lezat ketika disantap saat masih panas, kemudian sehabis mengkonsumsi makanan panas itu biasanya langsung meneguk es yang dingin. Hal tersebut selain menyebabkan masalah di saluran pencernaan juga bisa menyebabkan masalah pada gigi. Ketika anda mengkonsumsi makanan panas kemudian meneguk minuman yang dingin syaraf pada gigi anda bisa mati. Saat syaraf gigi tidak aktif atau berfungsi lagi maka gigi akan mati rasa. Gigi yang mati rasa itu akan membuat gigi berwarna kuning pucat, berbeda dengan gigi yang syarafnya masih aktif.

3. Efek Samping obat tetes mata

Ternyata menggunakan obat tetes mata memiliki dampak terhadap warna gigi kita, ini karena obat tetes mata dapat mengurangi produksi saliva (air liur) di mulut kita.

4. Klorin 

Penyebab gigi kuning yang lainnya adalah kandungan klorin yang ada di dalam kolam renang. Hasil penelitian menunjukkan fakta bahwa perenang mengalami kerusakan pada gigi mereka dan gigi mereka berwarna kuning. Klorin yang tinggi dalam air kolam renang bisa merusak dentin sehingga gigi bisa menjadi kuning.

5. Menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis

Jika anda mengkonsumsi yang manis-manis usahakan untuk tidak menggosok gigi setelahnya, karena setelah mengkonsumsi yang manis mulut kita akan asam, dan dengan menggosok gigi secara langsung setelahnya akan menyebabkan enamel terbuang sia-sia. zat enamel adalah  berfungsi untuk menetralisir keadaan mulut dan sebagai pelindung gigi.

6. Minum minuman berenergi

Minuman berenergi pada umumnya bersifat korosif, mengandung gula dan terdapat kandungan asam, maka tentu saja akan menyebabkan gigi kita kuning.

7. Merokok

Rokok mengandung zat nikotin yang menghasilkan asam pada dinding gigi oleh kerena itu  kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab gigi kuning.

8. Kopi

Kebiasaan merokok akan diperparah jika merokok dibarengi dengan kebiasaan minum kopi. Di dalam kopi terdapat kafein yang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu saja, kandungan kafein pada kopi yang tidak segera dibersihkan akan menempel di gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Efek terlalu banyak minum kopi selain bisa menyebabkan gigi kuning juga bisa membuat bibir menjadi hitam.

9. Menderita Penyakit Liver atau Diabetes

Penyebab gigi kuning lainnya adalah karena mengidap suatu penyakit tertentu. Penyakit seperti diabetes dan juga penyakit liver akan menyebabkan gigi penderitanya menjadi berwarna kuning. Kadang orang yang mengalami gejala diabetes kurang menyadari tanda diabetes berupa menguningnya gigi. Orang yang menderita liver bisa mengalami gigi kuning dikarenakan kadar bilirubin dalam hati tinggi sehingga berpengaruh terhadap kulit dan juga gigi penderitanya.

10. Membuka kemasan dengan gigi

Menjadikan gigi sebagai solusi membuka kemasan adalah kebiasaan buruk, ini karena dengan tidak kita sadari ternyata menjadikan gigi kuning, jika anda telah mengetahuinya maka upayakanlah untuk stop kebiasaan ini.

11. Faktor Genetik

Salah satu penyebab gigi kuning lainnya adalah karena genetik. Ketika ada saudara atau bahkan orangtua anda memiliki gigi yang kuning maka anda memiliki resiko yang besar untuk memiliki gigi yang kuning.

12. Obat pemutih Gigi

Pada dasarnya cara kerja obat pemutih gigi adalah dengan mengikis lapisan gigi tapi dibalik itu justru membuat gigi akan mudah keropos dan dalam jangka waktu tertentu pula justru menjadikan gigi kita kuning permanen.

13. Teh herbal

minum teh herbal ternyata salah satu faktor yang dapat menyebabkan gigi kuning, namun informasi bagusnya ahli gigi dari jepang yang dilansir daylimail menyarankan agar lebih memilih teh hijau karena kandungan Te'in pada teh hijau dipercaya dapat menekan bakteri pemroduksi asam pada gigi sehingga dapat mencegah gigi kuning.

14. Mengkonsumsi obat obatan tertentu

ketergantungan terhadap obat tertentu juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning, jika memang dokter anda mengharuskan untuk meinum obat, paling tidak anda harus menyeimbanginya dengan perawatan gigi yang maksimal.

15. Terlalu Sering Menggosok Gigi

Menggosok gigi memang baik untuk kesehatan gigi, namun apa jadinya jika dilakukan secara berlebihan? Terlalu sering menggosok gigi justru akan membuat lapisan gigi menjadi rusak. Hal itu dikarenakan lapisan terluar gigi akan terkikis karena terlalu sering bergesekan dengan bulu sikat gigi. Oleh sebab itu bijaklah dalam menggosok gigi, gosok gigilah minimal dua kali sehari dan maksimal 4 kali sehari.

16. Gemar Mengkonsumsi Alkohol

Selama ini alkohol dianggap sebagai perusak kesehatan dan penganggu kesehatan tubuh manusia. Sayangnya masih banyak orang yang gemar mengkonsumsi alkohol. Selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, alkohol juga dipercaya bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Alasannya adalah kandungan kimia pada alkohol mampu merusak lapisan luar gigi sehingga warnanya bisa berubah menjadi kuning. Alkohol pun mampu menyebabkan gigi menjadi berlubang.

17. Minuman Bersoda

Siapa yang tidak suka soda?, rasa asam, manis dan segarnya membuat seseorang suka untuk meminumnya. Namun siapa sangka jika dibalik kesegaran soda ada banyak bahaya yang bisa mengancam peminumnya. Soda bisa menyebabkan gula darah menjadi naik, menyebabkan maag menjadi kambuh dan juga bisa menyebabkan gigi menjadi kuning. Minuman bersoda bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dikarenakan soda memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi pada soda itulah yang bisa menyebabkan gigi berubah menjadi kuning. Lapisan dentin gigi semakin terkikis ketika mengkonsumsi soda setiap hari dengan jumah yang berlebihan.

Setelah mengetahui penyebab gigi menjadi kuning ada baiknya kita bisa melakukan tindakan prefentif dengan menghindari atau mengurangi hal hal yang menjadi penyebab gigi kuning yang sudah disebutkan diatas. Berikut ini 20 cara ampuh memutihkan gigi kuning secara alami yang bisa anda terapkan, antara lain :

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Siwak

Pada Ranting atau batang kayu siwak mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi karena batang siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plaque, mencegah gigi berlubang, dan dapat menjaga gusi tetap sehat. Diantara kandungan batang siwak yang bermanfaat untuk kesehatan gigi antara lain :

  • Anti bacterial acids, Seperti astringents, abrasiv dan detergent yang berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi, menghentikan pendarahan pada gusi, kayu siwak yang pertama kali digunakan akan terasa pedas dan sedikit membakar itu karena siwak mengandung senyawa mustard yang merupakan inti anti bacterial acids
  • Batang siwak mengandung zat kimiawi sperti klorida, potasium, sodium bicarbonat, fluorida, silica, sulfur,  vitamin C, trimetilamin, salvadorin, tannin, dan mineral lainnya yang bermanfaat untuk membersihkan gigi, memutihkan gigi, dan menyehatkan gusi. bahkan kandungan dalam batang siwak ini menjadi bahan penyusun pasta gigi.
  • Minyak aroma alami yang memberi aroma segar yang dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut
  • Mengandung Enzim yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan plak atau karang gigi yang menyebabkan radang gusi dan penyebab utama tanggalnya gigi secara prematur.
  • Anti decay agent (zat anti pembusukan) dan anti germal system yang bertindak seperti penicilin yang bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri di mulut dan mencegah proses pembusukan, siwak juga turut serta membantu proses pembentukan saliva yaitu organik mulut yang melindungi dan membersihkan mulut.

Dari sekian banyaknya kandungan kimiawi pada batang kayu siwak, secara alami keseluruhannya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi serta dapat menjaga kesehatan gusi dan mulut anda. Pilihlah kayu siwak terbaik yaitu kayu batang siwak yang masih basah, yang mengandung semua yang saya sebutkan diatas. Telah banyak beredar dipasaran batang kayu siwak basah ini.

PASTA GIGI SIWAK - F WHITENING
Selain secara tradisional kini sudah ada pasta gigi yang didesain secara modern dengan mengambil kandungan kayu siwak yaitu apa yang disebut dengan SIWAK - F dan siwak F sudah banyak dijual ditoko-toko baik toko offline maupun toko Online.

2. Cara Memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan kimiawi yang baik untuk gigi. diantara kandungan tersebut antara lain :

  • Zat pektin, kulit jeruk mengandung zat pektin berkisar 15% sampai 25% dari berat kering, namun kandungan zat pektin tertinggi dapat anda temukan pada kulit jeruk bali. seperti di ketahui zat pektin merupakan serat yang mudah larut, pektin termasuk kelompok polisakarida yang hetrogen dengan berat miolekul tinggi.
  • Minyak atsiri, kulit jeruk juga mengandung minyak atsiri atau minyak eteris, minyak esensial ini merupakan komponen terbesar minyak nabati. minyak atsiri juga sebagai antibiotic konvensional yang sangat aktif terhadap mikroba seperti bakteri virus dan jamur.

Dari kedua unsur tersebut kulit jeruk dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan memutihkan gigi yang kuning. cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk sangat mudah, cukup ambil bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih lalu gosokkan pada gigi kuning, lakukan setiap hari agar gigi anda lebih putih dari biasanya.

3.  Cara memutihkan gigi dengan Pasta Gigi daun salam.

Daun salam mengandung serat, minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. ekstrak ethanol. kesemua unsur senyawa pada daun salam ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut anda. Nah untuk membuat pasta dari bahan daun salam ini caranya sediakan daun salam dan kulit jeruk, lalu jemur sampai kering, setelah kering haluskan daun salam dan kulit jeruk dengan cara ditumbuk lalu di ayak. Cara menggunakannya campurkan dengan sedikit air hingga menyerupai pasta gigi lalu gosok gigi dengan pasta gigi buatan anda. pasta gigi berbahan dasar daun salam dan kulit jeruk ini sangat ampuh untuk memutihkan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut.

4. Cara memutihkan gigi kuning dengan  lemon dan garam.

Buah lemon dan garam dapur mengandung unsur senyawa yang berperan dalam proses pemutihan gigi secara alami sebagaimana tersebut di bawah ini antara lain :

  • Buah lemon mengandung pektin, minyak atsiri 70%, alpha terpinen, beta pinene, citral felandren, koumarins, bioflavonoids geraniol asetat, asam citratlinalil asetat dan nutrisi vitamin A, B1, B2, Vitamin C, kalsium , fosfor, zat besi, serat protein.
  • Sedangkan pada garam mengandung, yodium, phospor, cobalt, kalsium, kalium, zinc atau seng, sulfur dan belerang

Cara membuat pasta gigi berbahan lemon dan garam yaitu siapkan 1 buah lemon lalu jus kemudian campurkan dengan sedikit garam dan gosokan pada gigi anda yang kuning, pasta gigi ini sangat ampuh membuat gigi anda putih, akan tetapi jangan terlalu sering karena garam dapat membuat lapisan gigi anda terkikis.

5. Cara memutihkan gigi kuning dengan baking soda

Baking soda biasa digunakan oleh ibu-ibu untuk membuat roti dan masakan, tapi selain itu baking soda juga bisa kita manfaatkan untuk menyulap gigi kuning menjadi putih kembali. Adapun cara memutihkan gigi dengan baking soda sangat mudah yaitu cukup menggosokan baking soda pada gigi kuning secara perlahan dan diamkan selama 10 menit dan gosok kembali dengan pasta gigi. Penggunaan baking soda jangan terlalu sering cukup 1 atau 2 kali dalam sebulan. karena pemakaian baking soda yang terlalu sering akan membuat gigi terkikis dan rusak.

6. Cara memutihkan gigi kuning dengan buah pinang.

Buah pinang mengandung arecoline yang merupakan ester metil, tetrahidrometil, nikotinat yang berwujud minyak basa keras, kandungan senyawa lainnya yang terkandung dalam buah pinang arecaidine atau arecaine,  choline atau bilineurine, guvacine, dan tanin dari kelompok ester glukosa, yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tanin inilah yang bermanfaat untuk menyehatkan dan memutihkan gigi dan mengencangkan gusi serta menghentikan pendarahan pada gusi. Cara memutihkan gigi dengan buah pinang yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus kemudian haluskan sampai lembut. lalu gosokkan biji buah pinang yang telah halus tersebut pada gigi kuning dengan menggunakan sabut pinangnya sebagai sikat giginya, lakukan cara ini 2 kali seminggu dan buktikan hasilnya.

7. Cara memutihkan gigi dengan buah strawberi

Buah strawberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk mengikis noda pada gigi, selain itu strawberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, gusi berdarah dan membunuh bakteri dalam mulut. cara memutihkan gigi dengan strawberi sangat mudah, berikut caranya :

  • Haluskan buah strawberi
  • Gosokkan pada gigi yang kuning
  • Diamkan kurang lebih 10-15 menit
  • Bilas dengan berkumur kumur atau mengosok gigi dengan pasta gigi.

8. Cara memutihkan gigi dengan mengkonsumsi produk susu

Susu sangat baik untuk kesehatan tubuh anda dan sangat baik untuk gigi dan tulang, tahukah anda mengapa susu baik untuk gigi? itu karena susu mengandung banyak mengandung mineral dan kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan gigi yang kuat. Tanpa asupan kalsium yang mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan gigi, akibatnya tulang mudah keropos dan patah. Susu juga mengandung fosfor dan magnesium yang sangat penting untuk gigi. karena kandungan pada susu tersebut itulah susu juga dapat anda manfaatkan untuk memutihkan gigi kuning. cara memutihkan gigi kuning dengan susu cukup dengan banyak mengkonsumsi susu setiap harinya.

9. Cara memutihkan gigi kuning dengan hidrogen peroksida (H2O2)

Hidrogen peroksida pada dasarnya digunakan untuk mengobati luka pada kulit, namun bahan antiseptiknya sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran mulut. Memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida konsentrasi 3% aman untuk oral (kumur-kumur). adapun cara memutihkan gigi dengan hidrogen peroksida sebagai berikut :

  • Tuangkan 2 sendok teh hidrogen peroksida, lalu campurkan ke dalam  3 sendok teh soda kue (baking soda) kemudian aduk sampai membentuk pasta.
  • Tambahkan sedikit pasta gigi rasa mint atau dengan menambahkan 1 tetes pepermint pada pasta buatan anda untuk memberikan kesegaran.
  • Tambahkan setengah sendok teh garam atau soda kue yang berfungsi untuk mengelupas noda/ kotoran pada gigi anda.
  • Gunakan pasta buatan anda untuk menggosok gigi dengan sikat gigi.
  • Diamkan pasta buatan anda menempel pada gigi selama 2 menit.
  • Kemudian bilas dengan berkumur menggunakan air bersih.
  • Hilangkan sisa-sisa hidrogen pada mulut dengan menggosok gigi menggunakan pasta yang biasa anda beli di toko.

Hidrogen peroksida juga bisa anda gunakan untuk berkumur-kumur sebelum sikat gigi caranya tuangkan 2 sendok teh hidrogen peroksida, tambahkan air dan gunakan untuk berkumur kumur kurang lebih 3 menit dan jangan sampai tertelan. selanjutnya  bilas dengan gosok gigi seperti biasa.

Tips menggunankan hidrogen peroksida


  • Jangan menggunkan hidrogen peroksida terlalu banyak karena dapat merusak enamel gigi
  • Untuk memutihkan pada gigi yang lebih spesifik gunakan cotton bath (korek kuping) yang telah dicelupkan ke hidrogen peroksida.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan garam karena beresiko abrasi pada gigi untuk lebih aman gunakan soda kue.

10. Cara memutihkan gigi kuning dengan buah apel

Cara memutihkan gigi kuning ternyata tidaklah sulit. cukup mengunyah buah apel, serat apel akan bekerja membersihkan noda gigi membandel. Namun yang perlu diperhatikan setelah mengunyah apel jangan lagsung sikat gigi tapi tunggu 30 menit setelahnya karena justru akan berdampak tidak baik pada gigi anda.untuk hasil maksimal kunyahlah lebih lama dan lakukan 2 kali sehari, maka gigi anda akan lebih putih dari biasanya.

11.Cara mudah memutihkan gigi kuning dengan arang

Arang telah banyak digunakan oleh nenek moyang kita sebagai bahan untuk membersihkan gigi, arang memiliki sifat alkali sehingga membuat sekitar arang menjadi basa, kadar basa yang terdapat pada arang inilah yang dapat kita manfaatkan untuk memutihkan gigi yang kuning, mungkin pada level tertentu kadar basa memberikan dampak buruk untuk tubuh. Namun penggunaan arang pada kadar kecil masih aman untuk digunakan, oleh karena itulah arang masih relatif aman sebagai alternatif pemutih gigi yang kuning. Cara membuat pemutih gigi dari arang :

  • Arang batok kelapa di tumbuk sampai halus lalu di ayak menggunakan ayakan tepung, sehingga arang akan sangat halus seperti serbuk kopi.
  • Serbuk arang dicampurkan dengan pasta gigi favorit anda tanpa air dengan perbandingan 2:1 lalu diaduk sampai benar-bernar tercampur menjadi satu.
  • Simpan adonan ini pada wadah yang rapat untuk digunakan berulang ulang.

Cara pemakaian :

  • Tuangkan pasta gigi dari arang yang telah dibuat ke atas permukaan sikat gigi.
  • Basahi dengan air dan gosokkan pada gigi kuning sebagaimana anda menyikat gigi.
  • Upayakan menyikat gigi dengan benar dan merata pada seluruh permukaan gigi selama 2 menit.
  • Kemudian berkumur-kumurlah dengan air.
  • Sikat gigi anda sekali lagi tanpa pasta gigi untuk membersihkan sisa pasta arang.

12. Cara memuihkan gigi kuning dengan daun mimba

Manfaat dan khasiat daun mimba biasanya digunakan untuk obat segala macam penyakit, selain itu daun mimba juga bermanfaat untuk memutihkan gigi yang kuning dengan ampuh dan aman, untuk memutihkan gigi kita akan ambil kadar minyak pada daun mimba, caranya sebagai berikut :

  • Ekstrak daun mimba sampai mendapatkan minyak mimba
  • Campurkan minyak daun mimba pada pasta gigi anda
  • Gosokkan pada gigi secara merata
  • Setelah itu kumur kumur dengan air bersih
  • Gunakan 2 kali sehari.

13. Cara memutihkan gigi kuning dengan kulit pisang

Kulit pisang banyak mengandung senyawa yang bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya karbohidrat, air, Vitamin C, kalium, lutein, anti oksidan, kalsium, vitamin B, lemak protein, beragam vitamin B kompleks,  diantaranya  vitamin B, minyak nabati, serat, serotonin. unsur-unsur senyawa asam salisailat, dan asam sitrat. Selain bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh juga berkhasiat untuk memutihkan gigi yang kuning, kulit pisang tidak memberikan dampak buruk terhadap enamel gigi. cara untuk memutikan gigi kuning dengan kulit pisang yaitu :

  • Ambil lapisan dalam kulit pisang yang berwarna putih
  • Gosokkan pada gigi yang kuning selama 5 menit
  • Diamkan 2 menit dan bersihkahkan dengan tisu yang lembut
  • Akhiri dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang biasa anda gunakan.

14. Cara memutikan gigi kuning dengan  coklat hitam

Bukankah selama ini kita mendengar bahwa banyak mengkonsumsi coklat akan menjadikan gigi kita rusak, menghitam dan akan membuat gigi berlubang, memang benar akan tetapi coklat yang biasa kita  konsumsi  adalah coklat yang banyak mengandung gula. Coklat hitam adalah coklat yang mengandung suatu zat yang bermanfaat untuk memperkuat lapisan gigi dan dapat memutihkan gigi kuning, anda mungkin masih belum percaya oleh karena itu silahkan buktikan dengan banyak mengkonsumsi coklat hitam menggosokkannya pada gigi kuning dan diamkan sebentar lalu gosok gigi anda dengan pasta gigi.

15. Cara memutihkan gigi kuning dengan jahe

Jahe  termasuk rempah-rempah yang biasa ibu-ibu gunakan untuk memasak di dapur, selain itu masih banyak manfaat dan khasiat jahe khususnya untuk kesehatan, kesegaran, pengobatan, bahkan jahe juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Kali ini kita akan memanfaatkan jahe sebagai cara memutihkan gigi kuning, caranya sebagai berikut :

  • Siapkan 1 ruas Jahe
  • Parut jahe lalu gosokkan pada gigi yang kuning kurang lebih 3 menit
  • Bilas dengan berkumur kumur menggunakan air bersih.

16. Permen karet tanpa gula

Permen karet bermanfaat untuk membasmi bakteri dalam mulut dan gigi, dengan sering mengunyah permen karet tanpa gula akan menjadikan gigi anda bersih, sehat dan memutihkan gigi kuning.

17. Memutihkan gigi kuning dengan cuka sari apel

Cuka sari apel ternyata bermanfaat untuk memutihkan gigi yang kuning dengan cara mencampurkan sari cuka apel dengan minyak zaitun, kemudian rendam sikat gigi anda pada campuran tersebut selama 3 menit dan gunakan sikat gigi tersebut untuk menggosok gigi anda, lakukan hal ini 2 kali sehari, gigi anda akan putih bersih dalam sekejap.

18. Memutihkan gigi kuning dengan air hangat

Cara memutihkan gigi dengan air hangat sangat mudah yaitu masukkan sedikit garam dan perasan lemon pada air hangat secukupnya, rendam sikat gigi selama 5 menit pada campuran tadi dan gosokkan pada gigi, kemudian sisa campuran air hangat tadi digunakan untuk berkumur-kumur selama 1 menit dan 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

19. Cara memutihkan gigi dengan minyak cengkeh

Cengkeh mengandung minyak atsiri, eugenin, asam oleanolat, asam galatanat, dan vanillin, kesemua unsur senyawa ini selain bermanfaat untuk mengobati sakit gigi juga bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning. caranya oleskan minyak cengkeh secara merata pada gigi kemudian lanjutkan gosok perlahan dengan menggunakan sikat gigi.

20. Rajin menggosok gigi

Agar gigi anda tetap sehat, kuat, dan putih upayakanlah untuk rajin menggosok gigi sedikitnya 2 kali sehari, yaitu bangun pagi dan sebelum tidur. pilihlah sikat gigi yang sesuai dengan struktur mulut anda agar seluruh permukaan gigi dapat terjangkau oleh sikat gigi. dan gosoklah gigi anda dengan cara yang benar yaitu jangan terlalu keras menggosok gigi dan dengan cara memutarkan sikat gigi pada permukaan gigi.

Demikianlah 20 cara memutihkan gigi kuning secara alami cepat dan ampuh beserta faktor penyebab gigi kuning, agar kita dapat menghindarinya, dengan demikian gigi tidak mudah kuning dan mudah untuk melakukan perawatan agar gigi tetap putih cemerlang. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada keluarga atau kerabat anda.


SHARE THIS