25 Cara Alami dan Cepat Meninggikan Badan Secara Maksimal

25 Cara Alami dan Cepat Meninggikan Badan Secara Maksimal

25 Cara Alami dan Cepat Meninggikan Badan Secara Maksimal - Memiliki tubuh yang tinggi dan ideal merupakan dambaan setiap orang, karena dengan tubuh yang tinggi tentu akan menambah rasa percaya diri dan kelihatan lebih menarik ketimbang memiliki badan yang gemuk dan pendek. 

Dalam dunia pekerjaan juga banyak yang mengharuskan memiliki badan yang tinggi dan ideal seperti masuk Polisi, Tentara, Pilot, model dan profesi bergengsi lainnya. Tapi tidak semua orang memiliki tinggi badan ideal seperti yang mereka inginkan, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.
cara-meninggikan-badan

Faktor yang berperan dalam meninggikan badan


1. Genetik

Faktor genetik berperan besar dalam tinggi badan seseorang, tentu saja apabila anda memiliki orang tua dan nenek moyang yang berbadan tinggi, maka kemungkinan besar anda juga akan memiliki badan yang tinggi pula. 

Bagi anda yang memiliki orang tua dan nenek moyang yang berbadan pas-pasan atau bahkan tergolong pendek tidak perlu khawatir, karena masih banyak faktor pendukung untuk mencapai tinggi badan yang maksimal yang akan dibahas pada artikel ini.

2. Nutrisi

Mengkonsumsi makanan yang sarat nutrisi sangat penting bagi anda yang menginginkan tubuh yang sehat, selain itu nutrisi juga berperan penting dalam meninggikan badan. Badan yang mendapatkan asupan vitamin serta mineral yang cukup akan menstimulasi tubuh untuk tumbuh dan berkembang secara lebih optimal. Tentunya kunci utama dalam mengonsumsi makanan sehat ialah dengan menghindari junk food.

3. HGH (Human Growth Hormone) atau hormon pertumbuhan

Setiap manusia memiliki hormon HGH atau Human Growth Hormone di dalam tubuhnya di mana fungsi hormon ini membantu mengontrol jumlah lemak dan otot dalam tubuh, membantu menyembuhkan luka, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan.

4. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara alami yang sangat baik untuk menambah tinggi badan anda, ada berbagai macam olahraga yang dapat menambah tinggi badan anda secara efektif dan aman yang akan dibahas di artikel ini. Yang perlu diperhatikan adalah keseriusan dan konsistensi anda untuk rajin berolahraga agar memperoleh hasil yang cepat dan maksimal.

5. Istirahat yang cukup

Tidur yang cukup di malam hari akan membuat produksi HGH dalam tubuh berjalan maksimal, sehingga membuat jaringan-jaringan tubuh teregenerasi secara sempurna. 

Ketika seseorang tidak mendapat tidur yang cukup setiap harinya maka otomatis produksi HGH pun hanya sedikit dan jumlahnya menjadi sangat rendah. Oleh karena itu tidur yang nyenyak dengan waktu yang cukup sangat baik dan dianjurkan untuk pertumbuhan, pastikan bahwa waktu tidur anda antara 8-9 jam setiap harinya.

6. Air

Air penting bagi tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup. Kita lebih dapat menahan lapar daripada menahan haus. Mengapa? Karena sel-sel tubuh kita membutuhkan air untuk beraktivitas. Di samping itu, nutrisi yang masuk ke tubuh tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuh bila tidak terlarut dalam air. 

Dari keenam faktor yang berperan dalam meninggikan badan yang telah disebutkan diatas, akan hanhan bahas lebih lanjut mengenai nutrisi dan olahraga yang memiliki peran cukup besar dalam kesuksesan anda untuk memperoleh tinggi badan yang ideal.

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meninggikan badan dengan cepat

1. Protein

Protein adalah nutrisi vital dan utama untuk menstimulasi pertumbuhan jaringan otot, tulang, organ, kulit, dan gigi. Selain itu  pada protein terdapat asam amino yang butuhkan oleh hormon pertumbuhan. 

Makanan sumber protein berasal dari nabati dan hewani, sumber protein nabati yaitu kacang almond, Kacang hijau, kacang kedelai, Kacang merah, Kacang mede, Kacang hazel, Biji bunga matahari, Biji labu, Dan jintan. Adapun makanan sumber protein hewani yaitu susu hewan, Ikan, Telur, dan daging.

2. Vitamin

Vitamin diperlukan untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, dan K). 

Khusus vitamin D dapat terbentuk ketika kulit terkena sinar matahari, karena di dalam tubuh ada pro vitamin D. Vitamin yang paling berperan untuk meninggikan badan adalah Vitamin D. Karena vitamin D berfungsi untuk membantu tulang memperoleh kalsium secara optimal. 

Selain itu Vitamin D memiliki aktivitas membantu penyerapan kalsium untuk pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan Vitamin D akan berisiko terhadap pengeroposan tulang dan terhambatnya proses pertumbuhan.

3. Mineral

Mineral terdiri dari berbagai jenis dan fungsi yang sangat beragam. Termasuk kelompok dari mineral adalah magnesium, fosfor, yodium, zat besi, mangan, dan fluor yang kesemuanya berperan penting dalam faktor pendukung proses pertumbuhan. 

Sedangkan kalsium adalah mineral terpenting yang paling dibutuhkan untuk memelihara, menguatkan dan menumbuhkan tulang.

Protein, vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk meninggikan badan dengan cepat dan maksimal. Selain mengkonsumsi nutrisi, dengan rajin berolahraga akan memstimulasi pertumbuhan tulang dan otot yang bagus untuk merangsang bertambahnya tinggi badan anda.

Selain tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit, dengan rajin berolahraga bentuk tubuh anda juga akan lebih atletis serta dapat melangsingkan dan mencegah agar perut tidak buncit karena adanya pembakaran lemak disebabkan rajin berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat meninggikan badan dengan cepat dan alami yaitu antara lain :

1. Cara meninggikan badan dengan olahraga basket

Salah satu olahraga peninggi badan adalah basket. Basket adalah olahraga yang dapat memicu pertumbuhan tinggi badan dengan cepat, oleh karena itu jika anda ingin cepat tinggi jadikan olahraga basket sebagai salah satu olahraga rutin anda yang bisa anda mainkan setiap sore hari bersama teman anda.

2. Cara meninggikan badan dengan olahraga renang

Renang menurut hanhan adalah olahraga terbaik, karena dengan renang semua bagian tubuh akan bergerak aktif. Selain baik untuk diet berenang juga dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan. agendakan olahraga berenang ini setiap kali ada kesempatan minimal 3 kali dalam seminggu bersama keluarga atau teman anda.

3. Cara meninggikan badan dengan olahraga voli

Permainan olahraga voli adalah permainan yang banyak melakukan lompatan-lompatan karena itu olah ragavoli ini juga menjadi salah satu daftar olahraga yang dapat meniggikan badan dengan cepat. bermain bola voli bisa anda lakukan 3 kali atau 4 kali dalam seminggu.

4. Cara meninggikan badan dengan Jogging

Jika anda ingin cepat tinggi jangan lewatkan olah raga jogging, jogging selain baik untuk mengatasi obesitas juga dapat menyehatkan dan menghilangkan berbagai jenis penyakit. dan yang terpenting bagi anda adalah agar badan menjadi cepat tinggi. oleh karena itu jogging bisa anda lakukan setiap pagi hari kurang lebih selama 30-40 menit.

5. Cara meninggikan badan dengan olahraga lari gawang

Olahraga ini sangat efektif dan cepat untuk meningkatkan tinggi badan anda. anda bisa menjadikan lari gawang ini sebagai salah satu olahraga kesukaan anda. lari gawang adalah kombinasi dari lari dengan lompatan. 

Lari gawang membutuhkan fasilitas gawang oleh karena itu sediakan terlebih dahulu fasiliatas ini, anda bisa membuatnya dengan tinggi bervariasi dan dengan jumlah sesuai dengan keinginan anda.

6. Cara meninggikan badan dengan lompat jauh

Lompat jauh adalah salah satu olahraga yang mengkombinaskan lari dengan lompatan dengan target dapat melompat sejauh jauhnya dair titik lompat, olahraga lompat jauh juga sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan. anda bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu

7. Cara meninggikan badan dengan olahraga lompat tali

Lompat tali bermanfaat untuk memperkuat tulang dan otot kaki serta dapat menstimulasi pertumbuhan tinggi badan. lompat tali bisa anda lakukan sebagai pemanasan dari setiap olahraga yang ingin anda lakukan.

8. Cara Meninggikan badan dengan lari cepat jarak pendek (sprint)

Lari cepat berfungsi untuk meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan. penekanan pada otot kaki selama sprint berdampak pada pemanjangan tulang dan otot. namun latihan ini jangan terlalu sering dilakukan karena akan menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon.

9. Cara meninggikan badan dengan Menendang

Berdiri dengan kaki melebar atau lebih dikenal dengan posisi kuda kuda kemudian angkat satu kaki lalu lakukan tendangan, lakukan hal ini selama 20 kali secara bergantian antara kaki kiri dan kanan

10. Cara meninggikan badan dengan rajin bersepeda

Dengan bersepeda telapak kaki terus menerus harus mencapai pedal, ini merupakan peregangan otot dan tulang kaki yang membuat kaki lebih panjang. bersepeda bisa anda lakukan setiap hari selama 30 menit

11. Cara meninggikan badan dengan cara berayun

Anda bisa melakukan kegiatan berayun dirumah anda dengan menjadikan penahan atau ambang pintu sebagai tempat berayun atau bergelantungan. atau anda bisa membeli alat ini ditoko olahraga.

12. Cara meninggikan badan dengan olahraga free hand

Berdirilah tegak pada ruangan yang luas dan tarik nafas panjang dan dalam, kemudian angkat tangan lalu letakkan pada bahu kemudian dorong tangan sejauh mungkin dan lepaskan nafas. ulangi cara ini 10 kali.

Cara meninggikan badan dengan senam dan latihan fisik


Latihan fisik dan senam juga dapat menstimulasi tubuh agar dapat tumbuh dan berkembang semakin tinggi. berikut ini contoh latihan-latihan fisik yang bisa anda terapkan antara lain :

1. Cara meninggikan badan dengan latihan Stepper

Meninggikan badan dengan alat stepper juga memiliki dampak yang signifikan. Stepper adalah berbagai jenis alat olahraga yang biasa anda temui pada pusat kebugaran atau  tempat-tempat fitnes.
Cara meninggikan badan dengan menggunakan stepper tentunya anda harus memiliki alat ini, atau anda hanya perlu datang ke pusat kegiatan fitnes, dan biasanya sudah ada instruktur fitnes yang akan membimbing anda.

2. Cara meninggikan badan dengan latihan Squat jump

Cara meninggikan badan dengan latihan Squat jump
Gerakan squat jump adalah gerakan senam yang cukup efektif untuk menambah tinggi badan dengan cepat. Cara squat juamp yang benar adalah sebagai beriut :

  • Mula-mula posisikan tubuh anda dengan berdiri tegak dan lebarkan kaki sesuai bahu dengan kedua tangan berada di belakang kepala.
  • Ambil posisi jongkok sampai posisi kaki membentuk sudut 90 derajat
  • Pada saat jongkok fokuskan berat badan anda pada tumit
  • Lalu lompatlah setinggi tingginya.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 20 x dan tambahkan secara bertahap.

3. Cara meninggikan badan dengan senam Squat thrust

Cara meninggikan badan dengan senam Squat thrust
Latihan fisik squat thrust juga sangat membantu meninggikan badan dengan cepat. Berikut cara melakukan squat thrust :

  • Mula-mula berdiri
  • Lalu ambil posisi berjongkok sambil menemukkan kedua lengan dilantai dengan arah pandangan kedepan
  • Kemudian lemparkan kedua kaki kearah belakang sampai benar-benar lurus dengan sikap badan tengkurap namun terangkat
  • Lalu dengan serentak pula kedua kaki ditarik kedalam
  • Kemudian berdiri kembali seperti semula, begitu seterusnya. lihat pada gambar 2 di atas.

4. Cara meninggikan badan dengan latihan pull up

Cara meninggikan badan dengan latihan pull up
Latihan pull up juga sangat efektif untuk meninggikan badan. pull up adalalah latihan menggantung dengan tangan berikut ini langkah-langkah melakukan pull up yang baik dan benar :

  • Ambil posisi tubuh tegak
  • Dengan posisi tangan selebar bahu atau lebih sedikit
  • Gantungkan tangan pada kayu palang atau dimana saja anda bisa mengantungkan tangan.
  • Silangkan kaki dan tekuk lutut hingga menyerupai huruf V
  • Angkat tubuh anda keatas sampai kepala melebihi tiang palang
  • Lalu turunkan kembali tubuh anda dengan perlahan
  • Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang,
  • Jangan lupa untuk mengontrol atau mengatur nafas ketika melakukan latihan pull up.

5. Cara meninggikan badan dengan Vertical hangging

Latihan ini mirip seperti Pull up hanya saja anda tidak perlu mengangkat tubuh dan hanya cukup bergelantungan di tiang. Vertical hanging adalah latihan otot yang terkenal terbukti dapat meninggikan badan dengan cepat. Cara melakukan vertical hanging yaitu sebagai berikut :

  • Tarik lengan kearah atas selebar bahu
  • Lalu bergantunglah pada tiang palang selama yang anda mampu.
anda bisa memberi variasi latihan vertical hanging ini dengan menggerag gerakan kaki anda atau menghentak hentakan ke bawah. Gerakan ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan kaki Anda.

6. Cara meninggikan badan dengan Cobra  stretch

Cara meninggikan badan dengan Cobra  stretch
Cobra strech merupakan latihan ringan bertujuan untuk melakukan peregangan pada tubuh, latihan ini dapat membantu otot-otot tubuh bagian atas lebih renggang dan tumbuh lebih panjang sebagai salah satu cara cepat meninggikan badan secara alami. Berikut cara melakukan latihan cobra stretch yang benar :

  • Ambil posisi tengkurap
  • Lalu angkat bagian dada anda dengan arah pandangan keatas
  • Gunakan kedua tangan untuk bertumpu di lantai dan menopang bagian depan tubuh Anda di lantai.
  • Gerakan ini mirip seperti ular cobra yang sedang mengangkat kepalanya.

7. Cara meninggikan badan dengan Spin Stretch Forward

Cara meninggikan badan dengan Spin Stretch Forward
Cara cepat meninggikan badan secara alami berikutnya yaitu dengan melakukan gerakan spin stretch forward, berikut cara melakukan gerakan spin stretch forward yang baik dan benar :

  • Duduk tegak di atas lantai dengan menggunakan matras.
  • Kedua kaki kearah depan lalu dibuka selebar bahu, dan engkel kaki ditekuk.
  • Biarkan bahu tetap rileks dan tarik napas.
  • Perpanjang lengan ke arah depan dan perlahan-lahan membungkuk ke depan dan mencoba untuk menyentuh ujung jari kaki anda.
  • Berusahalah untuk bisa menyentuh ujung kaki anda,
  • Regangkan terus bahkan lebih ke depan lagi sehingga tulang belakang anda di regangkan semaksimal mungkin.

8. Cara meninggikan badan dengan Vilates roll over

Cara meninggikan badan dengan Vilates roll over
Gerakan vilates roll over ini bertujuan untuk meregangkan tulang belakang dan bermanfaat untuk memperpanjang tubuh bagian atas anda. Selain itu gerakan vilates roll over juga bertujuan untuk meregangkan dan memperpanjang tulang belakang di daerah leher. Berikut ini cara melakukan latihan vilates roll over yang baik dan benar :

  • Mula-mula ambil posisi berbaring telentang dengan tangan disisi tubuh anda
  • Telapak tangan mengarah ke bawah dan menempal di lantai.
  • Secara bersama-sama angkat kedua kaki ke arah langit-langit dengan kondisi kaki tetap lurus
  • Terus lengkungkan ke arah kepala anda sehingga kedua ujung kaki dapat menyentuh lantai.
Mungkin bagi pemula kedua ujung kaki belum  mampu menyentuh lantai, oleh karena itu teruslah berlatih dan mencoba. Semakin sering latihan peregangan ini anda lakukan, maka tulang belakang anda akan bertambah panjang.

9. Cara meninggikan badan dengan Ankle weigth

Cara meninggikan badan dengan Ankle weigth
Cara meninggikan badan dengan menggunakan alat ankle weigth, tidaklah sama dengan alat penarik tubuh. Ankle weight adalah alat pemberat untuk memberikan beban pada kaki yang diletakkan pada pergelangan kaki. Ukuran berat Ankle Weight berbeda-beda namun untuk standar yang dijual di toko biasanya beratnya 2 Lbs - 10 Lbs ( 1 Lbs = 0,4539 Kg ).

meninggikan badan dengan menggunakan ankle weigth juga sangat efektif dan cepat. Jika anda merasa perlu untuk menggunakan alat ini berikut cara latihan yang bisa anda terapkan :

  • Kenakan ankle weigth pada pergelangan kaki
  • Duduklah  di kursi yang sedikit tinggi
  • Biarkan kedua kaki ke arah bawah seiring dengan beban yang dihasilkan oleh pemberat kaki tersebut.
  • Jika telah selesai lepaskan bobot ankle weigth dan lakukan pelenturan kaki dengan cara menendang ke arah bawah secara perlahan dan lembut 5-10 kali
  • Secara bertahap tendangan lebih keras dari sebelumnya 5-10 kali.
fungsi latihan dan gerakan ini adalah untuk melenturkan "cartilage/tulang rawan" di daerah lutut agar tubuh bagian bawah anda bertambah panjang.
Jangan lakukan cara ini terlalu sering cukup, 3 kali seminggu.
Selain dengan cara tersebut, meninggikan badan dengan menggunakan alat ankle weigth juga bisa dengan berjalan kaki atau berlari kecil,
Catatan : Secara bertahap mulailah dengan bobot kecil terlebih dahulu, dan anda boleh menambah bobot seiring dengan seringnya latihan dengan alat ini.

10. Cara meninggikan badan dengan Senam

Cara meninggikan badan dengan Senam
Secara umum gerakan senam juga membantu untuk meninggikan badan. Banyak berbagai gerakan senam yang bisa anda lakukan untuk meninggikan badan dan anda bisa melakukan gerakan senam tersebut sendiri atau di tempat-tempat pelatihan senam kebugaran.

Itulah beberapa tips mengenai cara meninggikan badan secara alami dan cepat yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, pola makan sehat, dan berbagai jenis olah raga dan latihan yang bisa anda lakukan.  Anda harus menerapkan cara meninggikan badan tersebut di atas secara konsisten dan sungguh sungguh agar mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal.

Banyak yang berpendapat bahwa tubuh akan berhenti melakukan pertumbuhan ketika usia mencapai 25 tahun. pendapat itu tidak benar, sebenarnya tubuh masih dapat tumbuh bahkan sampai usia 30 tahun dengan metode dan cara yang benar dan disertai asupan gizi yang cukup, sebagaimana telah kami jelaskan secara mendetail pada artikel ini. 

Hal terpenting adalah bagaimana anda punya kemauan dan usaha untuk meninggikan badan agar tubuh memiliki tinggi yang ideal sesuai yang anda harapkan. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan pada kerabat atau teman anda.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar