Cara Mudah Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Kurang Dari 2 Menit

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Kurang Dari 2 Menit

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Kesehatan Tubuh Kurang Dari 2 Menit - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang selalu sehat dan bugar, karena dengan tubuh yang sehat, beragam aktifitas bisa dilakukan dengan baik dan lancar.

Tetapi untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidaklah mudah, kita harus selalu menjaga pola hidup yang baik, dengan cara rajin berolahraga dan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta berbagai makanan sebagai sumber nutrisi dan vitamin.

Ketika anda mengabaikan sayur dan buah buahan, bahkan cenderung senang mengkonsumsi fast food / makanan secat saji, maka secara tidak langsung anda telah mengabaikan kesehatan tubuh anda sendiri.
kesehatan-tubuh
Tubuh Sehat
Apalagi jika ditambah dengan pola hidup yang tidak teratur, jarang berolahraga dan cenderung sering tidur tengah malam. Pola hidup yang buruk juga memiliki andil yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh anda.

Sebenarnya tubuh kita memiliki sistem sensor penyakit, sebagian besar ilmuwan menyatakan bahwa kita bisa mengetahui kesehatan tubuh berdasarkan aktifitas keseharian kita.

Respon tubuh terhadap aktifitas yang kita lakukan bisa menjadi gambaran sejauh mana tingkat kebugaran dan kesehatan tubuh kita.

Agar anda tidak penasaran, langsung saja anda praktekan beberapa hal kecil berikut ini :

1. Amati Kuku Anda

mengetahui-kesehatan-tubuh
Kuku Yang Sehat
Melihat kondisi dan warna kuku bisa menggambarkan kesehatan anda, kuku yang bersih dan transparan menggambarkan tubuh yang sehat. Bila terdapat garis/ bercak berwarna putih menunjukan anda kekurangan protein / vitamin, hal ini biasanya menandakan adanya gangguan pada kesehatan ginjal anda.

Tapi apabila terdapat garis/ bintik berwarna kekuningan sampai coklat kehitam-hitaman, ini menandakan terjadi infeksi atau kerusakan sel. Segeralah memeriksakan diri ke dokter agar diketahui penyakit/ gangguan kesehatan yang anda alami

2. Perhatikan kelopak mata, siku dan lutut

mengetahui-kesehatan-tubuh
Endapan Kolesterol
Amatilah kelopak mata, siku dan lutut anda, apabila terdapat benjolan kecil berwarna putih yang menyerupai jerawat, maka ini adalah timbunan kolesterol pada tubuh anda. Apabila benjolan ini sudah muncul, menandakan bahwa kadar kolesterol jahat pada tubuh anda sudah sangat tinggi, dan ini sangat membahayakan kesehatan jantung anda.

3. Amati bagian Ketiak dan Leher

gejala-diabetes
Garis Kulit Gelap dan Kasar
Amati kulit anda di bagian leher, ketiak dan selangkangan, apabila terdapat garis garis kulit yang terlihat lebih gelap, tebal dan kasar, kemungkinan anda mengalami diabetes.

Seperti yang dikutip oleh seorang pemimpin redaksi medis Michael Smith, M.D., mengatakan, kelebihan insulin dalam aliran darah bisa mengakibatkan sel kulit untuk bertambah dengan cepat secara abnormal, sehingga menyebabkan penumpukan jaringan dan melanin.

4. Kelenturan Tubuh Anda

kondisi-kesehatan
Menyentuh Jari Kaki
Cobalah untuk duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan, kemudian julurkan tangan anda ke depan dan usahakan untuk menggapai jari kaki tanpa menekuk lutut anda.

Apabila anda bisa melakukannya dengan mudah, bisa dipastikan anda memiliki kelenturan tubuh yang bagus. Tapi apabila anda kesulitan, ini biasanya menandakan peredaran darah yang tidak lancar, ditandai dengan otot tubuh yang kaku dan tidak fleksibel. Orang yang memiliki otot tubuh yang kaku biasanya rawan terhadap serangan jantung.

5. Cek Keseimbangan Tubuh

berdiri-satu-kaki
Berdiri Satu Kaki
Cobalah untuk berdiri dengan tegak, kemudian angkat salah satu kaki anda. Usahakan untuk tetap seimbang selam 60 detik, apabila anda merasa kehilangan keseimbangan kurang dari 30 detik, itu menandakan otak anda mengalami gangguan.

Keseimbangan tubuh seseorang akan mengalami gangguan apabila terjadi masalah pada otaknya, baik karena peredaran darah yang tidak lancar, ataupun gangguan lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa sekitar 30% orang yang mengalami gangguan keseimbangan cenderung mengalami pendarahan kecil pada otaknya. Hal tersebut merupakan gejala awal dari penyakit demensia maupun stroke.

6. Cek Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Duduklah di sebuah kursi, lalu berdiri tegak dengan cepat, setelah itu duduk lagi. Lakukan gerakan duduk dan berdiri dengan cepat sebanyak 10 kali. Apabila anda melakukannya dan tidak merasa lelah/ cape, berarti tubuh anda dalam keadaan sehat.

Tapi apabila ternyata sebelum 10 kali, atau bahkan baru 5 kali nafas anda sudah ngos ngosan, ini menandakan jantung dan paru-paru anda tidak sehat. Cobalah untuk berolahraga secara teratur agar kebugaran dan kesehatan jantung serta paru-paru dapat terjaga.

Demikianlah 6 cara mudah yang bisa anda praktekan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda. Apabila terdapat tanda tanda yang telah disebutkan diatas, ada baiknya anda segera melakukan pemeriksaan kesehatan agar diketahui dengan pasti penyakit/ gangguan apa yang ada di tubuh anda, dan tentunya akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Usahakan untuk selalu melakukan olahraga secara teratur dan konsumsi sayur serta buah-buahan agar kebugaran tubuh anda senantiasa terjaga.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar