Orang Dewasa Wajib Tau....Ternyata Buah Kesemek berkhasiat Untuk....

hanahanif.com - Buah kesemek memiliki bentuk seperti buah tomat, yang membedakannya adalah rasanya yang manis dan warna buahnya, dimana ketika masih mentah buah ini berwarna hijau kekuningan dan perlahan berubah menjadi warna orange kekuningan. Buah kesemek bisa kita konsumsi langsung dalam keadaan segar, dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lainnya. Agar anda mendapat rasa yang manis dan lembut, maka harus dikonsumsi ketika buah sudah benar-benar matang.
manfaat-buah-kesemek
Buah Kesemek

Buah kesemek pertama kali ditemukan di RRC (Republik Rakyat Cina) kemudian menyebar dan dikembang biakan di Jepang. Seiring berjalannya waktu, buah kesemek kemudian berkembang di beberapa Negara Aisa termasuk indonesia. Buah kesemek sangat berkaitan dalam tradisi di negara Jepang dan Tiongkok, sehingga membuat harga buah ini cukup mahal disana.

Kandungan dan Manfaat Buah Kesemek

Selain rasanya yang manis dan lembut, buah Kesemek juga banyak manfaatnya, karena kaya akan kandungan mineral penting, seperti fosfor dan kalsium, juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A dan C yang kesemuanya bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan juga baik & aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
Baca Juga : Cara Alami Memperindah rambut tanpa rebonding

Manfaat buah kesemek yang sangat baik untuk kesehatan, tentunya tidak terlepas dari kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Manfaat buah kesemek belum banyak diketahui oleh masyarakat. Adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Dalam 100 gram buah kesemek hanya mengandung lemak total sebesar 0,19 gram, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehat yang lezat dan tidak membuat gemuk.

2. Sumber Phytochemicals 

Buah kesemek banyak mengandung Phytochemicals yang berperan sebagai anti inflamasi dan anti infektif, sehingga mampu mencegah terjadinya inflamasi dan infeksi yang berbahaya bagi tubuh kita.

3. Anti Hemoroid Alami 

anti-hemoroid
Hemoroid
Sejak jaman dahulu buah kesemek telah banyak digunakan oleh masyarakat di Asia Timur untuk menghentikan pendarahan yang berlebihan dari sebuah luka. Ini karena buah kesemek memiliki sifat anti hemoragik yang berperan dalam mengobati penyakit ambeien dan wasir.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan 

Buah kesemek mengandung serat alami yang tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah kesemek secara teratur dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Selain itu, kesemek juga mengandung tanin yang mampu mengatasi diare, sehingga sangat baik dikonsumsi apabila anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes 

Penderita diabetes pada umumnya akan cepat merasa haus dan lapar, oleh karena itu buah kesemek sangat cocok dikonsumsi sebagai kudapan untuk menunda lapar karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam buah kesemek juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

6. Bagus Untuk Hipertensi 

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan yang kita konsumsi dapat merangsang timbulnya penyakit hipertensi atau darah tinggi. Dalam tiap 100 gram buah kesemek hanya mengandung 1 mg Sodium di dalamnya. Itulah sebabnya kenapa buah kesemek aman dan baik dikonsumsi untuk penderita hipertensi.

7. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Kandungan Vitamin C dalam buah kesemek yang cukup tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur, bisa berperan sebagai perisai terhadap berbagai serang virus seperti flu, infeksi paru-paru, dan asma.

8. Membantu Melawan Kanker 

mencegah-kanker
Sel Kanker
Kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi dalam buah kesemek, sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan memicu timbulnya penyakit kanker.

9. Meningkatkan dan Memperbaiki Penglihatan 

Buah kesemek memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan dan memperbaiki penglihatan. Jadi, bagi Anda yang mempunyai masalah dan gangguan penglihatan, sebaiknya segera mengonsumsi buah kesemek secara rutin agar terhindar dari masalah tersebut.

10. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah 

Bagi penderita anemia, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kesemek, karena dalam buah ini terdapat kandungan tembaga yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi dengan tepat, sehingga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

11. Obat Alami Masalah Cegukan 

Cegukan terjadi ketika ada kontraksi yang tidak sengaja pada diafragma yang biasanya muncul secara tiba-tiba dan berulang. Para Praktisi medis dari China meyakini bahwa buah kesemek dapat membantu mengatasi masalah cegukan.

12. Menjaga Fungsi Hati 

Buah kesemek kaya akan kandungan antioksidan, sehingga membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Antioksidan juga berfungsi untuk mengurangi efek bahan beracun dan mencegah kerusakan sel. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah kesemek secara teratur dapat membantu menjaga dan menyehatkan hati anda.

13. Mengurangi Retensi Air 

Kesemek bermanfaat untuk menghentikan retensi air sekaligus meningkatkan jumlah urin yang keluar melalui ginjal, karena buah ini memiliki efek diuretik. Selain itu kandungan kalium di dalamnya mampu mencegah hilangnya mineral penting saat anda buang air kecil.

14. Meningkatkan Stamina dan Energi 

meningkatkan-stamina
Meningkatkan Stamina dan Energi
Agar anda terhindar dari kelelahan dan stress saat beraktifitas sehari-hari karena kurangnya stamina dan energi, maka cukup dengan mengkonsumsi segelas jus kesemek, sehingga dapat meningkatkan stamina dan energi anda.

15. Mencegah Infeksi dan Radang

Buah kesemek mengandung polifenol, katekin, fitokimia dan antioksidan yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi, sehingga mencegah terjadinya infeksi dan peradangan.

Demikianlah manfaat buah kesemek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan baik bagi tubuh anda. Sudah saatnya anda mengkonsumsinya secara rutin agar memperoleh efek dan manfaat yang dapat segera dirasakan oleh tubuh. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan bagikan pada kerabat dan keluarga anda.


SHARE THIS

0 Response to "Orang Dewasa Wajib Tau....Ternyata Buah Kesemek berkhasiat Untuk...."

Posting Komentar