Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang

Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang

Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang - Sakit pinggang pada umumnya terjadi karena adanya ketidak beresan pada tulang belakang seseorang, maupun karena adanya bagian otot atau syaraf yang terjepit karena berbagai sebab.

Sakit pinggang tidak mengenal usia dan jenis kelamin, karena setiap orang bisa mengalaminya. Yang perlu anda ketahui adalah mengapa sakit pinggang ini bisa anda alami.
sakit-pinggang
Sakit Pinggang

Penyebab Sakit Pinggang

Ada banyak faktor dan penyebab mengapa seseorang menderita sakit pinggang, sebelum berbicara lebih jauh, sangat penting untuk anda ketahui beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang agar kita bisa melakukan tindakan pencegahan.

Mengetahui penyebab sakit pinggang juga diperlukan agar nantinya bisa mendapatkan penanganan yang tepat serta dapat menghindari agar tidak kambuh lagi maupun menjadi bertambah parah. Berikut ini beberapa penyebab umum sakit pinggang yang sering menimpa seseorang.

Kurang Olahraga

Olahraga sangat penting manfaatnya bagi kesehatan, tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, olahraga juga akan memelihara elastisitas dan kelenturan sendi dan otot tubuh kita.

Apa jadinya apabila anda kurang atau bahkan malas berolahraga, maka tubuh dan sendi serta otot tubuh menjadi kaku, sehingga mudah mengalami cedera yang menyebabkan sakit pinggang.

Obesitas / Kegemukan

Obesitas atau kegemukan bisa membahayakan kesehatan, karena orang yang mengalami kegemukan akan menjadi rawan untuk terkena serangan jantung, kolesterol tinggi, terkena stroke, bahkan juga menjadi penyebab seseorang terkena sakit pinggang. Hal ini disebabkan karena Berat badan yang berlebihan akan membebani dan memberikan tekanan yang besar pada otot dan persendian terutama tulang belakang.

Mengandung atau hamil

Ketika seorang wanita sedang hamil, maka seiring pertumbuhan dan bertambah besarnya janin akan menimbulkan tekanan pada bagian perut yang membuat tulang belakang tertarik kedepan atau lordosis dan akan membuat tulang belakang menjadi sakit.

Cedera Pada Sendi

Cedera bisa terjadi pada siapa saja, baik orang tua ataupun muda, dan di bagian tubuh mana saja termasuk pinggang. Adapun penyebab terjadinya cedera juga sangat beragam, bisa karena mengangkat beban yang terlalu berat, maupun salah gerakan ketika beraktifitas sehari-hari. 

Sepatu dengan hak tinggi

Saat anda memakai sepatu dengan hak tinggi, maka sebagian besar berat badan anda akan bertumpu pada ujung kaki, hal ini akan membuat kaki anda cepat lelah dan lama kelamaan pinggang mengalami kesulitan untuk tegak sehingga pinggang melengkung kedepan yang akan meningkatkan resiko sakit pinggang.

Alas tidur yang terlalu empuk

Penggunaan alas tidur yang terlalu empuk atau lentur membuat tulang kita mengikuti lengkungan alas tidur, hal ini akan menyebabkan posisi tulang belakang menjadi melengkung sehingga akan menimbulkan sakit pinggang.

Kelainan Tulang

Adakalanya seseorang mempunyai kelainan tulang bawaan dari lahir, kondisi ini biasanya akan menjadi penyebab seseorang menderita sakit pinggang jangka panjang. Biasanya keluhan sakit pinggang ini akan mulai dirasakan apabila telah tumbuh dewasa.

Menderita Suatu Penyakit

Selain karena beberapa sebab diatas, sakit pinggang juga bisa diakibatkan karena anda menderita suatu penyakit, seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, ostheoporosis, dan gangguan sistem pencernaan.

Sakit pinggang yang disebabkan oleh suatu penyakit biasanya ditandai dengan rasa sakit yang lama dan menahun, meskipun sudah mengkonsumsi obat pereda nyeri ataupun dilakukan terapi pijat.

Apabila anda mengalami sakit pinggang yang menahun, sebaiknya membutuhkan bantuan medis agar segera diketahui dengan pasti penyebab nyeri ataupun penyakit yang diderita sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Alami Mengobati Sakit Pinggang

Konsumsi obat-obatan pereda sakit pinggang dianggap sebuah langkah yang paling tepat untuk mengobati sakit pinggang, tapi seperti yang kita ketahui bersama, setiap obat-obatan biasanya memiliki efek samping yang tidak bagus bagi kesehatan tubuh kita.

Oleh karena itu, berdasarkan pada beberapa penyebab sakit pinggang yang telah disebutkan di atas, ada beberapa cara alami untuk mengobati sakit pinggang, yang tentu saja lebih aman dan tanpa efek samping. Silahkan anda lihat pada artikel berikut ini :

Mandi air hangat 

Mandi dengan air hangat membuat tubuh kita lebih rileks, sehingga syaraf dan otot menjadi lebih kendur dan tidak tegang.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga akan melancarkan peredaran darah dan membantu tubuh mengeluarkan racun atau toxin melalui keringat, sehingga nyeri pinggang perlahan-lahan dapat segera sembuh.

Kompres 

Apabila anda mengalami cedera atau trauma, baik disebabkan karena benturan ataupun terkilir, sebaiknya segeralah menggunakan kompres es di area cedera. Lakukan kompres es 15-20 menit beberapa kali dalam sehari.

Apabila setelah 2-3 hari masih terasa nyeri, gantilah dengan kompress hangat. Kompres hangat akan membantu melancarkan peredaran darah serta mengendurkan otot-otot, serta mempercepat proses pemulihan cedera atau trauma yang anda alami.

Terapi Pijat 

Disamping menggunakan kompres, terapi pijat lebih efektif dilakukan daripada chiropractic maupun akupunktur. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan terapi pijat pada orang yang belum berpengalaman, karena akan membahayakan dan bisa memperparah sakit pinggang anda.

Terapi pijat apabila dilakukan dengan benar dapat memperlancar peredaran darah, membantu meringankan nyeri otot, mengendurkan otot yang kaku, sehingga otot-otot bisa bergerak lebih leluasa dan fleksibel tanpa adanya rasa sakit.

Olahraga 

Dengan berolahraga secara teratur dapat meregangan otot-otot tubuh yang kaku dan memperkuat otot yang mendukung tulang belakang, serta melancarkan peredaran darah pada tubuh kita, sehingga membantu otot atau syaraf yang terjepit serta mencegah cedera di kemudian hari.

Adapun olahraga yang disarankan bagi anda yang menderita sakit pinggang adalah sebagai berikut:
  • Jalan Santai tanpa menggunakan alas kaki di bebatuan kecil
  • Olahraga Peregangan seperti Yoga dan pilates
  • Bersepeda
  • Berenang 

Menurunkan Berat Badan 

Bagi anda yang mengalami kegemukan, menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu pereda nyeri pinggang. Karena pada umumnya semakin gemuk badan seseorang, maka pinggang akan bekerja ekstra untuk menyokong berat badan anda.

Dengan menurunkan berat badan, otomatis kerja pinggang lebih ringan karena tidak terlalu berat menyokong berat tubuh yang ramping dan ideal.

Baca Juga : 



Mengobati Sakit Pinggang Dengan Ramuan Herbal


Jahe Merah

Jahe merah telah banyak digunakan sebagai tanaman kesehatan sejak dahulu kala, jahe merah memiliki efek hangat dan lebih terasa pedas dibandingkan dengan jahe putih biasa.

Jahe merah mengandung berbagai macam senyawa kimia yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah mengobati sakit pinggang.

Adapun cara pengolahannya bisa digunakan sebagai bahan untuk dibalurkan pada bagian pinggang yang sakit, dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu, kemudian ditambahkan dengan sedikit garam, lalu balurkan.

Untuk pemakaian dalam, anda bisa membuat minuman dari jahe merah. Caranya yaitu:

  • 25 gram jahe merah segar
  • 25 gram temu hitam segar
  • 30 gram akar sawi langit segar
  • 30 gram daun dewa segar
  • Cuci keempat bahan di atas dengan air bersih
  • Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc
  • Saring air rebusan, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur 1x sehari.


Daun Dewa

Daun dewa yang memiliki nama latin gynura divaricata, telah banyak digunakan secara turun temurun, sebagai ramuan herbal yang memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan.

Untuk mengobati sakit pinggang dengan daun dewa, caranya sebagai berikut :

  • 30 gram daun dewa segar
  • 30 gram temu lawak segar
  • 25 gram daun baru china segar
  • Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc
  • Saring, minumlah selagi masih hangat. Lakukan secara teratur.


Cabai Rawit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kandungan capsaicin pada cabai rawit juga memiliki khasiat untuk meredakan sakit pinggang. Untuk cara pengolahannya adalah :

  • Ambil beberapa cabai rawit segar, lalu buang tangkainya
  • 1-2 rimpang jahe, lalu iris tipis
  • Rendam dengan alkohol 75% secukupnya selama 2 minggu.
  • Setelah itu gunakan sebagai ramuan untuk dibalurkan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur.


Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai tanaman umbi umbian, yang telah banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Dibalik baunya yang menyengat, bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, serta sebagai ramuan herbal untuk meredakan nyeri pinggang.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, cukup haluskan bawang putih lalu balurkan pada bagian pinggang yang terasa nyeri.

Akar Ilalang

Banyak orang yang menganggap ilalang sebagai tanaman pengganggu yang tidak berguna, sehingga keberadaannya kerap menyusahkan, terutama bagi kalangan petani. Namun, anda sebaiknya jangan menganggap remeh tumbuhan yang satu ini.

Kandungan berbagai macam bahan kimia yang terdapat pada ilalang telah banyak digunakan untuk ramuan herbal, seperti untuk pengobatan sakit pinggang, akar dari ilalang bisa dimanfaatkan. Caranya cukup ambil akar ilalang sekitar 120 gram, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, minumlah air rebusan akar ilalang tadi  2 x sehari.

Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional sakit pinggang maupun ginjal yang cukup ampuh. Untuk membuat ramuan pereda sakit pinggang anda bisa menggunakan daunnya.

Caranya yaitu, ambil masing masing 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, minum secara teratur 3x sehari.

Daun Bakung

Untuk meredakan sakit pinggang dengan daun bakung sangatlah mudah. Anda cukup mengambil beberapa lembar daun bakung, lalu panggang dengan api kecil sampai sedikit layu, setelah itu olesi daun bakung tersebut dengan minyak wijen atau minyak kelapa hingga merata, lalu tempelkan pada bagian pinggang yang sakit.

Daun Beluntas

Daun dari tanaman yang biasa tumbuh liar dan kadangkala ditanam di pekarangan rumah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang, caranya pun sangat mudah, yaitu dengan merebus daun beluntas muda selama kurang lebih 2 menit, lalu gunakan sebagai lalapan. Atau dengan merebus akar serta daunya, kemudian meminum air ramuan tersebut secara teratur.

Demikianlah cara alami mengobati sakit pinggang yang bisa hanahanif berikan. Agar pengobatan sakit pinggang anda bisa maksimal, imbangilah dengan pola hidup yang sehat dan lakukan olahraga dengan teratur .

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar