Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat bawang putih bagi kesehatan - Bawang putih termasuk dalam keluarga umbi-umbian yang telah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan sejak jaman dahulu kala, selain itu nenek moyang kita juga telah memanfaatkan bawang putih sebagai ramuan yang dikenal sangat ampuh sebagai herbal anti kanker.

Tapi karena bau bawang putih yang begitu menyengat, membuat kebanyakan orang enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung, dan hanya memanfaatkannya sebagai bumbu masakan saja.
manfaat-bawang-putih-bagi-kecantikan
Manfaat Bawang Putih
Namun apakah anda tahu, dibalik baunya yang sangat menyengat tersimpan beragam manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Hal itu dikarenakan bawang putih mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat kandungan nutrisi yang terdapat pada bawang putih di bawah ini :

bawang-putih
Kandungan Gizi Bawang Putih

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Kesehatan

Tingginya kandungan kalsium, fosfor, vitamin dan berbagai nutrisi yang ada bawang putih membuatnya memiliki khasiat yang sangat bagus bagi kesehatan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak berbagai khasiatnya berikut ini :

1. Herbal Anti Kanker

Berdasarkan studi dan penelitian yang telah dilakukan oleh berbagai pakar kesehatan membuktikan bahwa bawang putih mengandung berbagai zat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah sulfida alil, yaitu suatu zat yang efektif bekerja sebagai anti kanker.

Sebuah studi multinasional yang dilakukan oleh European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) dengan melibatkan beberapa pria dan wanita dari 10 negara menyebutkan bahwa, orang yang rutin mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko 50% lebih rendah untuk terkena berbagai macam penyakit kanker.

2. Sebagai Antioksidan

Bawang putih mengandung vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan guna menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sebagaimana yang anda ketahui bersama, bahwa radikal bebas bisa merusak sel sel pada tubuh kita, yang menjadi salah satu faktor timbulnya kelainan sel yang berujung pada penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University Of Ottawa yang diterbitkan oleh Phytotherapy Research menyebutkan bahwa bawang putih berperan sebagai senyawa aktif yang bekerja membantu pencegahan infeksi yang ditimbulkan oleh virus, bakteri serta cacing yang ada dalam tubuh.

3. Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Bawang putih bekerja secara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam darah anda, tanpa mengurangi kadar kolesterol baik sehingga sangat bagus bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah anda.

Sebagaimana telah diketahui bahwa tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah mampu menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang sangat membahayakan, seperti stroke dan serangan jantung karena tersumbatnya pembuluh arteri yang ada pada tubuh kita.

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah juga sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi, ada baiknya untuk selalu menyajikan menu yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, serta mengurangi konsumsi makanan cepat saji atau fast food.

Adapun cara mengkonsumsinya yaitu dengan memakan 2-3 siung bawang putih mentah 1 jam sebelum makan setiap hari, atau bisa juga dengan mencampur bawang putih segar ke dalam masakan ataupun sup.

4. Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Berbagai macam riset telah membuktikan bahwa, bawang putih sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8 % . Hal ini karena bawang putih mengandung berbagai senyawa, salah satunya adalah Allicin yang bekerja efektif melebarkan pembuluh darah dan mengencerkan darah/ mencegah pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

5. Efektif Untuk Kecantikan Kulit

Ternyata khasiat bawang putih tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan,tetapi juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk kecantikan kulit, diantaranya untuk :

  • Obat jerawat - Ambilah 1 siung bawang putih, kemudian haluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat. Agar lebih efektif, anda bisa menggunakannya saat sebelum tidur, maka keesokan harinya jerawat akan mengecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.
  • Membersihkan komedo - Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang tergolong ringan, biasanya paling sering muncul di daerah hidung dan tentu saja sangat menggangu penampilan. Untuk penanganannya sama seperti cara mengobati jerawat diatas.
  • Menghilangkan noda bekas luka - Luka atau lecet pada kulit bisa dialami oleh siapa saja, dan biasanya akan meninggalkan bekas, yang kadang membuat anda menjadi kurang percaya diri. Khasiat bawang putih, yaitu bersifat anti radang yang mampu menghilangkan/ membersihkan sisa luka pada kulit anda. Caranya dengan mengoleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut, lakukan secara teratur sampai noda luka menghilang.

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan bawang putih, karena akan menimbulkan sensasi panas dan kulit menjadi merah. Ada baiknya untuk mencoba terlebih dulu dengan sedikit mengoleskannya pada bagian tangan, apabila tidak terjadi reaksi alergi silahkan anda gunakan pada bagian wajah.

6. Mencegah Demensia dan Penyakit Alzheimer

Manfaat bawang putih selanjutnya, mampu mencegah kerusakan syaraf atau oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berakibat pada proses penuaan dini. Kandungan antioksidan pada bawang putih berperan dalam mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Konsumsi bawang putih, baik secara langsung maupun dalam bentuk suplemen telah terbukti efektif meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada seseorang yang menderita tekanan darah tinggi.

Manfaat bawang putih dalam mengurangi kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan demensia.

7. Dapat Mengobati Kutil

Dalam berbagai penelitian, menemukan bahwa sifat antimikroba yang kuat dari bawang putih karena adanya senyawa allicin kompleks, yang berperan aktif membantu sistem imunitas tubuh dari berbagai patogen, termasuk virus yang menyebabkan kutil.

Cara pengobatannya adalah, dengan menggeprek bawang putih, kemudian tempelkan pada kutil, lalu balut yang kuat dengan kain atau perban. Tunggu sampai sekitar 30 menit. Lakukan 3x sehari, maka kutil akan mengkerut dan mengering.

9. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi pada umumnya disebabkan oleh gigi berlubang yang mengalami peradangan karena infeksi oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda. Sifat antibakteri serta anti inflamasi yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

10. Mencegah Penyakit Liver/ Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena serangan virus hepatitis. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa sifat anti bakteri, anti virus dan anti oksidan yang terdapat pada bawang putih, sangat efektif untuk menjaga sistem imunitas tubuh dari berbagai serangan radikal bebas, bakteri dan virus, salah satunya adalah virus hepatitis yang dapat menimbulkan peradangan hati/ penyakit liver.

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, hindari konsumsi bawang putih yang berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping, atau bahkan merugikan kesehatan anda.

Berhati hatilah mengkonsumsi bawang putih mentah bagi penderita penyakit maag, karena dapat menyebabkan iritasi saluran Gastrointestinal. Gunakanlah secara sedikit terlebih dahulu, misal 3/4 atau setengah siung bawang putih, kemudian lihat efeknya, apabila anda tidak mengalami sakit perut, bisa tingkatkan penggunaannya.

Demikianlah berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan yang dapat hanahanif sampaikan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar