Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan - Anggapan sebagian besar masyarakat yang menilai daging kambing sangat merugikan kesehatan tentu merupakan hal yang keliru. Daging kambing merupakan salah satu sumber makanan sehat yang telah dikonsumsi oleh manusia di berbagai belahan dunia selama berabad abad lamanya.

Daging kambing memiliki ciri khas dengan warna merah cerah agak sedikit pucat, memiliki lemak berwarna putih dan bertekstur keras. Adapun serat daging kambing memiliki tekstur yang lunak dan lembut dengan bau yang sangat khas.
daging-kambing-kesehatan
Manfaat Daging Kambing
Di Indonesia, daging kambing banyak diolah sebagai sate, gulai kambing, Sup dan berbagai olahan makanan lainnya. Rasanya yang lezat mampu menggugah selera makan banyak orang, terutama kaum adam yang selalu mengaitkan daging kambing dengan penambah kejantanan.

Kandungan Gizi Daging Kambing

Hasil analisa menunjukkan bahwa, daging kambing memiliki kandungan lemak jauh lebih rendah dibandingkan dengan daging lainnya, sehingga para ahli gizi menyimpulkan bahwa daging kambing sangat baik bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan daging hewan lainnya.
daging-kambing

Agar lebih jelasnya anda bisa melihat kandungan gizi yang dimiliki oleh daging kambing pada tabel di bawah ini.
gizi-daging-kambing
Kandungan Gizi Daging Kambing
Dari tabel kandungan gizi yang ada di atas, anda bisa mengetahui bahwa daging kambing mengandung berbagai macam zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Apa saja manfaat dan khasiat daging kambing, silahkan anda simak di artikel berikut ini :


Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

1. Sebagai sumber energi

Kandungan Lemak, protein, dan kalori dalam daging kambing akan membuat tubuh kita tetap fit untuk menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Kandungan protein yang tinggi dari daging kambing dengan kadar lemak yang rendah bermanfaat untuk membantu mengontrol berat badan secara optimal dan tidak membuat badan anda bertambah gemuk.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daging kambing mengandung zat besi dan selenium yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berperan sebagai anti oksidan guna menangkal rusaknya sel sel tubuh karena serangan berbagai radikal bebas, baik yang berasal dari makanan yang tidak sehat maupun dai lingkungan sekitar kita, seperti polusi udara dan lain sebagainya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Anggapan mayoritas masyarakat yang menyebutkan bahwa, daging kambing merupakan sumber kolesterol adalah sebuah kekeliruan. Karena kandungan kolesterol yang terdapat pada tiap 100 gram daging kambing hanya berkisar 63, 8 miligram saja.

Dengan mengkonsumsi daging kambing tidak akan membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda meningkat, justru dengan mengkonsumsi daging kambing akan membantu menjaga kesehatan jantung anda, karena daging kambing mengandung zat bernama Niacin yang berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

4. Mencegah penyakit stroke dan ginjal

Mengkonsumsi daging kambing juga bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke dan ginjal, hal ini karena daging kambing mengandung kalium yang cukup tinggi, serta kandungan sodium dan natrium yang rendah.

Fungsi dan peran Kalium adalah membantu melarutkan sodium dan natrium dalam tubuh kita. Dimana apabila terjadi penimbunan natrium dan sodium pada pembuluh darah akan menimbulkan penyakit stroke, dan apabila terjadi penimbunan di ginjal akan menyebabkan batu ginjal.

5. Mencegah kanker

Peran daging kambing sebagai pencegah kanker, karena daging kambing merupakan salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi.

Kolin dan selenium berperan sebagai sumber antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal bebas penyebab kanker mematikan dalam tubuh kita.

Baca Juga : Penyebab dan Pencegahan Kanker Payudara.
                   Penyebab, Gejala dan Pencegahan Kanker Serviks

6. Menurunkan berat badan

Jika anda sedang menjalankan program diet sehat tapi menginginkan tetap bisa menikmati makanan yang enak, maka konsumsilah daging kambing. Daging merah yang satu ini mengandung protein yang cukup tinggi dengan kandungan lemak yang cukup rendah, sehingga aman bagi program diet anda, bahkan membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas atau kegemukan.

7. Mencegah anemia

Anemia terjadi karena sel darah merah dalam tubuh mengalami penurunan, hal ini biasanya dikarenakan tubuh kekurangan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah (hemoglobin).

Kandungan zat besi dalam daging kambing cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengobati anemia, bahkan bisa dibilang lebih tinggi dari pada kandungan zat besi yang terdapat dalam telur.

8. Mencegah bayi lahir cacat

Kandungan zat besi yang tinggi dalam daging kambing dapat mencegah lahirnya bayi cacat, karena zat besi mampu mencegah anemia pada bayi dan ibu hamil, sehingga pertumbuhan janin akan berjalan secara optimal.

Agar manfaat daging kambing bisa dirasakan oleh ibu hamil, sebaiknya anda mengkonsumsinya secara rutin mulai dari masa kehamilan tri semester pertama. Selain mencegah lahirnya bayi cacat, kandungan mineral alami lainnya juga dapat mengoptimalkan suplai darah dan nutrisi dari ibu ke janin.

9. Mengurangi nyeri saat haid/menstruasi

Sebagian besar wanita yang sedang mengalami haid, biasanya akan merasakan nyeri. Nyeri tersebut sebenarnya wajar, mengingat ketika haid zat besi dari tubuh banyak terbuang.

Untuk memenuhi kandungan zat besi dan mengurangi rasa nyeri, anda bisa mengonsumsi daging kambing secara rutin setiap harinya. Dengan demikian, kebutuhan zat besi untuk tubuh dapat tercukupi secara optimal.

10. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Daging kambing tidak hanya mengandung vitamin B, kolin, dan selenium saja, tetapi juga mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A dan B12 yang terdapat pada daging kambing akan membantu menjaga kesehatan mata dan kulit kita.

11. Mencegah autisme, stres, dan depresi

Daging kambing mengandung senyawa Omega 3 yang cukup tinggi, Omega 3 bermanfaat untuk mencegah anak autis, karena berperan dalam mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat/otak pada anak.

Daging kambing juga mengandung Tryptophan, yang sangat baik untuk menenangkan pikiran, memperbaiki suasana hati dan mengatasi stres/depresi berat.

12. Menjaga kesehatan tulang

Daging kambing mengandung senyawa kalsium yang bekerja mengoptimalkan pertumbuhan tulang pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa.

Setiap 100 gram daging kambing juga mengandung fosfor sebanyak 272 mg, dimana ini berarti mampu mencukupi 27 % kebutuhan harian tubuh. Adapun fosfor bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang kita.

Dosis Konsumsi Daging Kambing Yang Tepat

Dari sekian banyak manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh kita yang telah hanahanif sebutkan di atas, kita juga perlu memperhatikan jumlah daging yang kita konsumsi. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik, begitu pula dengan daging kambing.

Agar konsumsi daging kambing tidak menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh anda, maka sebaiknya sesuaikan dengan kondisi kebugaran tubuh anda.

  • Aturan konsumsi untuk orang dengan kesehatan yang bugar tanpa ada keluhan penyakit, bisa mengkonsumsinya secara rutin 1x sehari, dengan catatan tidak lebih dari 100 gram.
  • Aturan konsumsi untuk orang dengan tubuh yang kurang fit, sebaiknya membatasi konsumsi daging kambing, terutama dalam bentuk gulai dan sate. Anda bisa mengkonsumsi daging kambing maksimal 2 Minggu sekali, masing masing tidak melebihi 50 gram.
Demikianlah manfaat daging kambing bagi kesehatan tubuh kita, agar tetap memberikan manfaat yang baik hindari mengkonsumsinya secara berlebihan. Semoga bermanfaat.



SHARE THIS

0 Response to "Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan"

Post a Comment