Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan - Jengkol, tumbuhan khas dari Asia Tenggara ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, baik dikonsumsi dalam bentuk semur, digoreng balado, dijadikan gulai jengkol, maupun sebagai lalapan.

Aroma dan rasanya yang khas dipercaya mampu menggugah selera dan nafsu makan, sehingga anda akan makan dengan lahap ketika jengkol ini menjadi menu dalam makanan anda.

Selain diolah sebagai menu utama, jengkol juga sudah banyak diolah sebagai camilan. Salah satunya adalah kerupuk jengkol atau keripik jengkol, yang juga banyak digemari oleh sebagian masyarakat.
manfaat-jengkol
Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan
Ketika jengkol memiliki banyak penggemar, ternyata orang yang membencinya juga lumayan banyak. Ini dikarenakan efek yang ditimbulkan setelah seseorang mengkonsumsi jengkol sangat mengganggu, yaitu bau yang tidak sedap dari urine ataupun bau mulut dari pemakan jengkol.

Namun dibalik baunya yang menyengat, ternyata jengkol memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Agar anda tidak penasaran langsung saja disimak manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh berikut ini :

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan :


1. Membasmi radikal bebas

Jengkol banyak mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B 1, vitamin B 2 dan vitamin C. Vitamin A bisa berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan serta meningkatkan ketajaman indra penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga bisa berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sangat berperan ampuh dalam menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Baca Juga :


2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam jengkol bisa berperan dalam mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh, jika tubuh kekurangan zat besi maka produksi sel-sel darah merah akan berkurang.

3. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Ibu hamil biasanya sering mengalami gangguan pencernaan berupa susah BAB atau sembelit, kandungan serat yang terdapat pada jengkol bisa membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

Baca Juga : 17 Tips Ampuh Mengatasi Sembelit

4. Merampingkan perut

Kandungan serat yang cukup tinggi pada jengkol bisa melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung bisa membuat perut menjadi lebih ramping, karena beberapa penyebab perut buncit yaitu buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

Baca Juga :


5. Mencegah osteoporosis

Kandungan fosfor dan kalsium (zat yang dibutuhkan untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat) yang terdapat pada jengkol mampu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

6. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah jengkol bisa membantu dalam merawat kesehatan mata, sehingga mata tidak mudah mengalami kerusakan.

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Mata Minus Tanpa Operasi

7. Pembentukan jaringan tubuh

Jengkol mengandung protein yang sangat tinggi yang bisa membantu dalam pembentukan jaringan tubuh. Kandungan protein yang terdapat dalam buah jengkol ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan kedelai ataupun kacang hijau.

8. Mencegah diabetes

Hebatnya lagi, jengkol juga berkhasiat mencegah timbulnya penyakit diabetes karena dalam jengkol terdapat zat yang namanya asam jengkolat, zat tersebut tidak terdapat pada buah-buahan lainnya selain jengkol. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut terhadap air.

9. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Kandungan mineral yang terdapat dalam buah jengkol bisa berkhasiat dalam mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan darah yang mengalir ke jantung menjadi tidak lancar, namun sebaiknya anda tidak memasak jengkol terlalu matang.

10. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat lain dari buah jengkol yaitu bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga jengkol sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang bersahabat dengan para penderita diabetes. Zat gula dalam jengkol merupakan zat gula yang mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes.

Efek Konsumsi Jengkol

Selain bermanfaat bagi kesehatan, jengkol juga memiliki efek samping bagi tubuh. Berikut beberapa efek samping yang mungkin dapat diderita oleh orang yang mengkonsumsi jengkol :

1. Terkena Jengkolan

Resiko anda untuk terkena jengkolan (susah buang air kecil) ini tidak tergantung pada banyaknya jengkol yang dimakan, tetapi tergantung pada kondisi tubuh seseorang. Orang yang rentan/ memiliki masalah kesehatan mungkin akan mudah terkena jengkolan, meskipun hanya mengkonsumsi jengkol dalam jumlah sedikit.

2. Bau Menusuk

Penyebab bau yang tidak sedap setelah mengkonsumsi jengkol sebenarnya merupakan asam amino yang terdapat di dalamnya. Asam amino tersebut didominasi oleh asam amino yang memiliki unsur Sulfur (S).

Ketika terdegradasi atau terpecah-pecah menjadi komponen yang lebih kecil, asam amino tersebut akan menghasilkan berbagai komponen flavor yang amat bau, salah satunya adalah gas H2S yang dikenal memiliki bau tidak sedap.

3. Asam Jengkolat

Asam jengkolat adalah salah satu zat yang terkandung dalam jengkol. Strukturnya menyerupai asam amino (pembentuk protein), tetapi tidak dapat dicerna oleh tubuh.

Kadar asam jengkolat pada jengkol bervariasi, tergantung pada varietas dan umur biji jengkol. Jumlahnya antara 1 – 2 % dari berat biji jengkol.

Asam jengkolat ini bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi seseorang dengan kondisi ginjal yang kurang sehat. Penyebabnya adalah asam jengkolat bisa mengendap dalam ginjal, yang lama kelamaan akan semakin banyak dan membentuk kristal yang akan menghambat saluran air seni.

Faktor yang mempengaruhi kerentanan seseorang terhadap asam jengkolat belum diketahui dengan jelas, tapi kemungkinan besar akibat faktor genetik dan lingkungan.

Meminimalisir Efek Samping Mengkonsumsi Jengkol

Agar efek samping mengkonsumsi ginjal bisa di minimalisir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan,yaitu :

  • Sebaiknya perbanyak konsumsi air putih ketika anda mengkonsumsi jengkol.
  • Untuk Menetralisir efek asam jengkolat anda bisa meminum air kelapa.
  • Untuk mengurangi kandungan asam jengkolat, anda bisa merendam terlebih dahulu jengkol yang akan dikonsumsi ke dalam air abu gosok atau dengan menanamnya dalam tanah selama 1-2 hari.
  • Untuk mengurangi bau akibat mengkonsumsi jengkol, disarankan untuk meminum kopi setelah anda memakan jengkol.
Demikianlah manfaat jengkol bagi kesehatan yang bisa hanahanif bagikan, agar anda terhindar dari efek yang buruk bagi kesehatan sebaiknya hindari mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang banyak atau berlebihan.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar