Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat Petai Bagi Kesehatan - Petai memiliki rasa yang khas dengan bau yang sangat tajam karena mengandung asam amino tertentu, sehingga akan memicu bau dalam mulut, tubuh, maupun urine selesai anda mengkonsumsinya.

Petai banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang khas dan mampu menggugah dan menambah nafsu makan. Biasanya petai dikonsumsi mentah dengan cukup mengupas kulitnya, atau dengan cara direbus, dipanggang, maupun dikombinasikan dengan berbagai makanan lainnya.
manfaat-petai-kesehatan
Manfaat Petai Bagi Kesehatan
Tetapi kebanyakan masyarakat belum mengetahui, dibalik aromanya yang khas ternyata petai memiliki berbagai macam kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh, misalnya jika dibandingkan dengan buah apel, petai ternyata memiliki protein 4x lebih banyak, 2x lipat karbohidrat, 3x lipat fosfor, juga kandungan vitamin , zat besi, dan mineral yang lebih banyak dibandingkan dengan buah apel.

10 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Agar anda tak penasaran, silahkan simak 10 manfaat petai yang sangat bagus untuk kesehatan berikut ini :

1. Mampu Mengurangi Depresi

Kandungan Trypthopan yang terdapat pada petai akan diubah oleh tubuh kita menjadi serotonin yang kemudian mampu membuat tubuh merasa rileks, nyaman dan efektif untuk memperbaiki suasana hati.

Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND pada sejumlah individu yang menderita depresi, menunjukkan hasil bahwa mereka merasakan perubahan suasana hati yang jauh lebih baik setelah mengkonsumsi petai.

2. Mengobati Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada petai bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh kita, sehingga membantu mengobati anemia.

3. Mengurangi Gejala PMS/ Premenstrual Syndrome

Petai mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin B6 yang berfungsi mengatur kadar gula dalam darah, yang dapat membantu menstabilkan mood wanita ketika akan mengalami haid.

4. Menurunkan Resiko Darah Tinggi Dan Stroke

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada petai, sangat bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Food and Drug Administration Amerika bahkan mengeluarkan ijin kepada para pemilik perkebunan petai untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan petai untuk menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan stroke.

5. Meningkatkan Kemampuan Otak

Berbagai riset telah membuktikan bahwa berbagai makanan dan buah-buahan dengan kandungan kalium yang tinggi dapat membantu meningkatkan kemampuan otak, yang sangat baik untuk penunjang proses belajar siswa.

6. Mengobati Tukak Lambung

Petai merupakan makanan yang aman dikonsumsi dalam keadaan mentah. Petai juga berkhasiat untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan bagian dalam lambung, sehingga Petai banyak dikonsumsi oleh penderita penyakit maag sebagai makanan untuk merawat kesehatan pencernaan.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada petai, yakni sebesar 200 IU per 100 mg. Sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kita. Selain itu vitamin A juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Kulit.

8. Sebagai Obat Penawar Mabuk Kendaraan

Salah satu cara yang cepat dan efektif untuk menyembuhkan mabuk perjalanan ialah dengan membuat milkshake petai yang dikombinasikan dengan madu. Madu bermanfaat untuk meningkatkan kadar gula darah yang mengalami penurunan, sedangkan susu akan memperbaiki kadar cairan dalam tubuh dan petai membantu menenangkan perut.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Petai mengandung serat alami yang cukup tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan, sehingga dengan mengkonsumsi petai dapat membantu mengatasi sembelit.

Selain itu Petai juga memiliki efek antasid alami dalam tubuh, sehingga ketika seseorang mengalami kekenyangan yang menyebabkan dada terasa sesak dan panas, maka cobalah untuk mengkonsumsi petai untuk mengurangi rasa begah atau kekenyangan.

10. Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium dan magnesium yang terdapat pada petai mampu membantu seseorang yang ingin berhenti dari kebiasaan merokok / kecanduan nikotin.

Bahaya Mengkonsumsi Petai

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Begitu juga dengan petai, meskipun memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh, tapi petai akan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan.

Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi petai, maka akan membahayakan kesehatan ginjal dan substansi filter ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan asam amino yang terdapat dalam petai.

Agar terjaga kebersihannya, pastikan sebelum anda mengkonsumsinya, belahlah buah petai menjadi dua bagian menggunakan pisau. Karena dikhawatirkan ada ulat yang berada di dalam daging buah petai, sehingga terdapat kotoran ulat yang bisa merugikan kesehatan anda.

Cara Untuk Menghilangkan Bau Setelah Mengkonsumsi Petai

  • Untuk mengurangi atau menghilangkan bau yang terdapat dalam petai, anda dapat mengkonsumsinya dengan merebusnya agak lama, karena efek dari perebusan ampuh untuk mengurangi aroma bau yang terdapat pada petai.
  • Setelah mengkonsumsi petai, segeralah menggosok gigi agar bau petai yang ada di dalam mulut bisa segera hilang.
  • Memakan mentimun setelah selesai mengkonsumsi petai.
  • Mengunyah sedikit kopi bubuk atau minum segelas kopi.
  • Mengunyah beras.
Demikianlah berbagai macam manfaat petai bagi kesehatan tubuh kita, dengan mengkonsumsinya secara teratur akan memiliki efek yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Hindari mengkonsumsi petai dalam jumlah yang banyak atau berlebihan, yang justru akan merugikan kesehatan tubuh kita.

SHARE THIS

0 Response to "Manfaat Petai Bagi Kesehatan"

Posting Komentar