6 Cara  Mengatasi Nyeri Ulu Hati

6 Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Nyeri ulu hati seringkali dialami oleh siapa saja, pada umumnya banyak orang yang menduga bahwa penyebab utama rasa nyeri di bagian ulu hati disebabkan oleh penyakit maag atau segala sesuatu yang berhubungan dengan lambung maupun pencernaan.

Sebagian besar kasus nyeri ulu hati memang diakibatkan oleh penyakit maag, tapi ada pula beberapa penyebab lainnya, seperti peradangan pada pankreas, penyakit kandung empedu, maupun penyakit hati atau liver. Yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah mengatasi nyeri ulu hati yang disebabkan karena penyakit maag atau gangguan pada lambung.

Nyeri pada ulu hati yang disebabkan oleh penyakit Gastroesophageal Reflux Disease atau (GERD) memang sangat mengganggu sekali. GERD yaitu, suatu keadaan dimana asam lambung naik ke kerongkongan (esofagus), sehingga terkadang dapat menimbulkan rasa terbakar pada daerah leher hingga ke dada.

Penyebab seseorang mengalami GERD (naiknya asam lambung ke kerongkongan/ esofagus) pada umumnya karena LES (Lower Esophagial Sphincer) tidak berfungsi sebagaimana mestinya, LES adalah lingkaran otot yang terdapat di bagian bawah kerongkongan atau esofagus, yang berfungsi sebagai pintu otomatis, yang akan membuka ketika ada makanan atau minuman yang turun dari kerongkongan menuju ke lambung, dan akan menutup kembali secara otomatis agar makanan atau asam lambung tidak naik kembali ke kerongkongan.

Apabila LES menjadi kendur atau longgar, sehingga tidak bisa menutup dengan baik, maka asam lambung bisa dengan mudah naik dan menyebabkan penyakit asam lambung, yang cenderung menimbulkan rasa nyeri ulu hati.

Faktor lain penyebab penyakit maag ataupun asam lambung bisa karena faktor keturunan, stress, obesitas atau kelebihan berat badan, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, konsumsi obat-obatan tertentu, wanita yang sedang hamil.
 
Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mencegah atau meredakan nyeri pada ulu hati dengan cepat. Tindakkan apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa cara untuk meredakan nyeri pada ulu hati dengan cepat.

Cara Mengobati Nyeri Ulu Hati

1. Mengganti Menu Makanan

Memperhatikan menu makanan, bagi seseorang yang menderita nyeri ulu hati karena asam lambung menjadi tindakan pertama yang mudah dilakukan untuk mengobati asam lambung yang naik. Beralihlah untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak seperti daging sapi, ayam, dan ikan yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

Konsumsi sayuran hijau seperti kacang hijau, asparagus, brokoli, mentimun dan kentang merupakan sayuran rendah lemak dan gula. Konsumsi makanan diet seperti oatmeal dan buah buahan seperti pisang, semangka, pear, apel dan melon.

2. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Biasanya setelah anda makan dengan lahap, maka anda merasa mengantuk. sehingga langsung mengambil keputusan untuk tidur sesudah makan. Alangkah baiknya hal tersebut bisa dihindari dan tidak dilakukan. Karena langsung beranjak tidur maupun hanya sekedar tiduran sesudah makan dapat memicu munculnya nyeri ulu hati, terlebih saat anda mengkonsumsi makanan dalam porsi yang cukup besar.

Banyak ahli medis menyarankan bahwa paling tidak anda perlu menunggu 1 hingga 2 jam sesudah makan sebelum beranjak tidur ataupun tiduran. Cara tersebut bertujuan agar supaya tubuh dapat mencerna makanan di dalam lambung dengan baik.

3. Jangan Langsung Berolahraga

Sesudah anda mengkonsumsi makanan dalam porsi yang cukup besar, atau perut anda dalam keadaan kenyang, dan anda mungkin berkeinginan untuk berolahraga, alangkah baiknya anda menunda hal tersebut. Berolahraga sesudah makan dapat memicu munculnya nyeri ulu hati, sebaiknya anda menunggu 2 jam sesudah makan untuk mulai berolahraga.

4. Posisikan kepala lebih tinggi pada saat tidur

Meskipun terdengar janggal, tidur dengan posisi kepala ditinggikan contohnya seperti dengan menggunakan 2 bantal dapat mencegah nyeri ulu hati. anda dapat mencoba memposisikan kepala sampai kepala berada diatas dada. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan terlalu tinggi sehingga anda justru tidak nyaman, karena posisi tidur dengan bantal yang terlalu tinggi bisa menyebabkan nyeri otot leher.

5. Kurangi makanan pemicu yang menyebabkan nyeri ulu hati

Salah satu langkah yang paling baik untuk mencegah nyeri ulu hati yaitu dengan mengurangi makanan pemicu. Berikut beberapa jenis makanan pemicu yang bisa dikurangi yaitu buah-buahan jenis sitrus misalnya seperti jeruk, kopi, minuman berkafein, alkohol, makanan yang mengandung lemak, makanan yang pedas, tomat, bawang, dan juga cokelat.

6. Gunakan pakaian yang longgar

Cara anda berpakaian juga dapat memicu munculnya nyeri ulu hati. Baju yang terlalu ketat sering sekali dikaitkan sebagai pemicu nyeri ulu hati. Hal ini disebabkan karena pakaian yang ketat cenderung akan menekan perut anda, sehingga kemungkinan naiknya asam lambung ke kerongkongan menjadi lebih besar. Sebuah penelitian mengatakan bahwa menggunakan baju yang lebih longgar dapat mengurangi resiko nyeri ulu hati.

Pola hidup dan makan yang sehat sangat berpengaruh dengan kesehatan lambung kita, usahakan untuk menghindari begadang, minuman beralkohol dan makanan yang pedas apabila anda menderita penyakit maag.

Apabila anda sudah menerapkan keenam cara diatas, tetapi nyeri ulu hati masih belum teratasi, segeralah berkonsultasi ke dokter atau klinik terdekat agar diketahui penyebab pasti rasa nyeri pada ulu hati yang anda alami. Dan nantinya Dokter akan memberikan penanganan lebih lanjut untuk mengobatinya. 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar