Berbahayakah Air Mineral Dalam Botol Dengan Rasa Tertentu?

Berbahayakah Air Mineral Dalam Botol Dengan Rasa Tertentu?

Air merupakan komponen penting yang tidak bisa terpisahkan dari setiap mahluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan maupun kita sebagai manusia. Manfaat air sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, selain sebagai penghilang haus dan dahaga.

Tubuh kita memerlukan air agar supaya kita tetap sehat. Tanpa air, tubuh kita tidak bisa mengerjakan fungsinya dengan baik. Tanpa air, manusia hanya bisa bertahan hidup beberapa hari saja. Pasalnya, tubuh manusia terdiri dari 55% hingga 75% air dari totalitas berat badannya. Untuk memenuhi keperluan tubuh akan air, sebagian besar orang mengandalkan asupan dari air minum.

Manfaat dan peran air terhadap tubuh kita antara lain :

  • Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan.
  • Menjaga peredaran darah tetap lancar.
  • Memelihara fungsi ginjal
  • Berperan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan atau kekurangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
  • Menjaga kesegaran kulit.
  • Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  • Air akan membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Sesungguhnya kebutuhan tubuh akan air juga bisa dipenuhi melalui makanan-makanan yang mengandung banyak air, seperti sayur dan buah buahan. Namun, memang tidak bisa dipungkiri bahwa sumber asupan air utama untuk tubuh manusia yaitu air minum.

Ditengah-tengah kesibukan menjalankan aktivitas sehari-hari, air putih dalam kemasan botol menjadi salah satu hal yang sangat berguna serta praktis. Tetapi, bagaimana dengan pengaruh yang ditimbulkan dari kemasan botol tersebut terhadap kesehatan?

Badan Kesehatan Dunia, atau sering disebut juga World Health Organization (WHO) memberikan syarat bahwa air minum yang baik bagi kesehatan yaitu air minum yang bebas mikroorganisme (kuman), bebas dari bahan kimia yang berbahaya, serta bebas dari bahan radiologis berbahaya. Oleh sebab itu, air minum dalam kemasan botol yang aman untuk diminum juga perlu memenuhi kriteria tersebut.
Berbahayakah Air Mineral Dalam Botol Dengan Rasa manis

Bagaimana dengan air mineral dalam kemasan botol yang mempunyai rasa manis?

Rasa manis dari air minum dalam kemasan botol bisa timbul sebab adanya kandungan mineral yang ada didalam air minum itu. Kandungan Mineral, misalnya seperti magnesium sulfat, kalium klorida, natrium bikarbonat, kalsium klorida yaitu beberapa jenis mineral yang biasanya ditambah kedalam air mineral  kemasan botol. Mineral-mineral inilah yang kemudian bisa memberikan sedikit rasa asin ataupun rasa manis.

Bahan-bahan tambahan tersebut biasanya berjumlah sangat sedikit dan juga tidak berbahaya untuk kesehatan kita semua, Selama dalam batas-batas yang dianjurkan. Terutama, mineral-mineral yang terkandung di dalamnya bisa memberikan manfaat kesehatan. misalnya seperti kalium yang bermanfaat bagi kesehatan otot serta  saluran pencernaa. Dan secara umum, kalsium, magnesium, serta natrium mempunyai peran yang sangat penting supaya tubuh bisa berfungsi dengan normal.

Natrium diperlukan untuk menjaga keseimbangan air dan juga garam. untuk menjaga keseimbangan air didalam tubuh kita, serta menjaga tekanan darah kita. Magnesium diperlukan untuk menjaga fungsi persyarafan serta otot dan berperan dalam pertahanan tubuh serta fungsi jantung ataupun tulang.

Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi, persyarafan ataupun otot.
Selain itu, mineral-mineral tersebut secara alami terdapat didalam air yang kita minum. Oleh sebab itu adanya tambahan mineral didalam air minum kemasan botol, selama masih dalam batas yang dianjurkan tidak akan berbahaya untuk kesehatan.

Tetapi, hal tersebut jangan sampai membuat kita menjadi tidak hati-hati dalam memperhatikan daftar kandungan bahan-bahan dalam air minum kemasan botol yang kita minum. Apabila terdapat kandungan gula maupun kandungan kalori dalam air minum dalam kemasan botol, maka rasa manis bisa berasal dari gula, bukan dari mineral.

Sesungguhnya kandungan gula pada air minum kemasan botol adalah salah satu hal yang sangat dikhawatirkan. sebab hal tersebut akan berakibat pada konsumsi gula yang cenderung akan berlebihan dan menjadi tidak terkontrol. Di sisi lain, apabila kandungan natrium yang ada didalam air minum  kemasan botol yang kita minum lebih dari kadar yang ditentukan, juga merupakan suatu hal yang tidak baik bagi kesehatan.

Pada dasarnya, air minum di dalam kemasan botol yang rasanya sedikit manis memang tidak membahayakan. Tetapi, kita semua harus tetap berhati-hati dan lebih teliti ketika  mengkonsumsinya. Ada baiknya anda membaca kandungan yang ada didalam daftar komposisi yang tertera pada label kemasan botol yang kita konsumsi.

Air mineral yang alami dan tidak menimbulkan efek yang kurang bagus bagi kesehatan tubuh adalah air kelapa muda, selain segar dan memiliki rasa yang enak. air kelapa muda juga bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah air kelapa yang langsung berasal dari buah kelapa asli, dan sebaiknya hindari air kelapa muda dalam kemasan karena biasanya sudah terdapat zat pemanis, pengawet serta bahan kimia lainnya.


Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar