Penyakit Kista Pada Gigi Geraham Bungsu

Penyakit Kista Pada Gigi Geraham Bungsu

Kista adalah sebuah rongga abnormal yang dibatasi oleh epithelium, suatu keadaan yang abnormal dan merupakan tumor jinak yang paling sering ditemui. Bentuk kista  berupa kistik, berisi cairan kental, cairan seperti minyak yang diselaputi oleh lapisan bisa tebal bisa tipis dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Ganas dan tidaknya kista dibedakan menjadi dua, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan. Sedangkan kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya.

Penyebab kista sebenarnya kurang begitu jelas, ada yang mengatakan akibat benturan sehingga tumbuh lapisan di tempat benturan, ada yang menyebutkan sebagai awal dari suatu penyakit kanker.

Kista pada gigi geraham bungsu

Apakah anda tahu bahwa kista juga dapat terjadi pada rongga mulut? Kista pada rongga mulut bisa terjadi serta mengalami pembesaran, baik pembesaran didalam mulut saja ataupun pembesaran sampai kewajah/muka. Berdasarkan dengan dindingnya, kista didalam mulut terbagi jadi 2 bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kista odontogenik yang dinding epitelnya berasal dari bekas epitel organ pembentuk gigi.
  • Kista nonodontogenik yang dindingnya berasal dari bahan-bahan yang bukan organ pembentuk gigi, misalnya seperti epitel, ketika proses pembentukan wajah/muka.

Biasanya, keberadaan kista tersebut tidak disadari oleh penderita, sebab terjadi tanpa adanya gejala. Kista baru akan terdeteksi pada saat melakukan pemeriksaan oleh dokter gigi serta pemeriksaan menggunakan foto x ray. Selain itu, kista juga dapat terdeteksi pada saat sudah terjadi infeksi sekunder, atau pada saat kista sudah membesar sehingga menimbulkan pembengkakkan pada bagian wajah.

Penyakit Kista Pada Bagian Gigi Geraham Akhir, berikut adalah penjelasan dan penanganan untuk yang menderita kista
Gigi geraham bungsu sering sekali mengalami banyak gangguan pertumbuhan yang disebut juga dengan impaksi. Pada bagian gigi yang mengalami impaksi total atau tidak muncul sama sekali, misalnya seperti pada beberapa masalah pada bagian gigi geraham bungsu, dapat terjadi kista dentigerous ataupun kista folikular. Hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh kantung yang menyelimuti benih gigi geraham bungsu yang tidak tumbuh serta mengalami degenerasi kistik.

Pada kista dentigerous yang sudah terjadi di gigi geraham bungsu rahang atas dapat menimbulkan munculnya benjolan pada pipi sehingga wajah/muka menjadi asimetris. Selain bisa menimbulkan terjadinya kerusakkan pada tulang rahang, pembesaran kista akan berakhir pada patahnya tulang rahang. dan kista ini juga dapat berkembang menjadi ameloblastoma atau sering disebut juga tumor yang bila membesar akan merubah lengkung rahang serta mendesak gigi.

Tindakkan medis bagi kista pada gigi geraham bungsu

Enukleasi (Pengangkatan kista beserta isinya atau pengangkatan benih gigi tanpa menimbulkan robekan) merupakan salah satu tindakkan medis yang sering dilakukan untuk menangani penyakit kista dentigerous, dilakukan secara bersamaan dengan pencabutan gigi geraham bungsu.

Apabila tindakkan enukleasi dan pencabutan gigi pada kista yang lumayan besar sangat beresiko terhadap terjadinya kerusakan syaraf dan struktur anatomi jaringan yang ada disekitarnya, maka penata laksanaan kista dentigerousnya dapat dilakukan dengan Marsupialisasi.

Marsupialisasi yaitu tindakan pembedahan yang hanya mengambil isi dari kista saja, tanpa mengambil jaringan kista secara menyeluruh, proses ini dapat mengurangi tekanan intrakista dan membantu proses penyusutan kista. Tindakan Medis Marsupialisasi dapat diterapkan sebagai suatu tindakan tunggal, ataupun sebagai tindakan awal sebelum dilakukan tindakan Enukleasi.

Jika kita menghendaki tubuh dan badan yang sehat, maka kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh serta mulut kita agar kita semua bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Terutama menjaga kesehatan mulut, biasakanlah menyikat gigi sebelum tidur agar mulut kita terhindar dari kuman.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar