Waspada Saat Sakit Gigi Secara Spontan Serta Berdenyut

Waspada Saat Sakit Gigi Secara Spontan Serta Berdenyut

Siapa diantara anda yang belum pernah merasakan sakit gigi? Jikalau ada berarti anda orang yang sangat beruntung. Karena kebanyakan orang, baik dewasa maupun anak-anak pernah mengalami sakit gigi, baik dalam jangka waktu yang jarang sampai dengan sering.

Intensitas rasa sakit gigi yang dialami setiap orang biasanya berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan dari kerusakan gigi yang dialami.

Pada umumnya penyebab sakit gigi yang paling sering dijumpai adalah karena gigi yang berlubang. Tetapi, rasa sakit gigi juga dapat muncul karena sebab-sebab yang lainnya, seperti gusi yang mengalami peradangan, tumbuhnya gigi geraham bungsu, penggunaan kawat gigi dan lain sebagainya.

Sakit gigi yang sering dialami oleh beberapa orang yaitu sakit gigi secara spontan serta berdenyut. Pada saat sakit gigi secara spontan serta berdenyut terjadi, biasanya rasa sakit yang muncul sangat mengganggu, bahkan tidak jarang pula rasa sakit yang dialami tidak tertahankan.
Waspada apabila terjadi sakit gigi secara tiba-tiba

Penyebab Sakit Gigi Spontan Serta Berdenyut

Gejala sakit gigi yang timbul secara spontan serta berdenyut adalah tanda bahwa adanya infeksi pada pulpa(saluran akar gigi yang berisi pembuluh darah dan syaraf) dan jaringan periapikal(jaringan sekitar akar gigi).

Terbukanya saluran saraf gigi yang telah terkontaminasi bakteri tersebut disebabkan oleh kondisi-kondisi, misalnya seperti, lubang gigi yang tidak ditambal, tambalan gigi yang bocor, serta gigi yang patah. Keadaan tersebut disebut juga dengan pulpitis akut yang ditandai juga dengan rasa sakit yang dialami secara terus menerus.

Apabila hal tersebut telah terjadi, langkah terbaik yang perlu dilakukan oleh penderitanya adalah dengan secepatnya berobat ke dokter gigi. sebab jika penderita sakit gigi tersebut berusaha mengobati penyakitnya dengan meminum obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat pereda sakit, maka rasa sakit yang dirasakan penderitanya hanya akan hilang untuk sementara saja, tanpa menyelesaikan sumber masalah sakit yang dirasakan.

Perawatan Untuk Sakit Gigi Secara Spontan Serta Berdenyut

Seperti yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, mengenai cara mengobati sakit gigi secara alami, yang hanya bersifat sementara untuk meredakan rasa sakit yang sedang diderita. Sedangkan untuk langkah pengobatan sakit gigi yang sudah parah secara total, tetap diperlukan pemeriksaan ke dokter gigi agar dilakukan tindakan medis yang tepat.

Dokter gigi akan memberikan perawatan saluran akar atau dalam istilah medisnya adalah perawatan endodontik, yaitu prosedur yang digunakan untuk mempertahankan kesehatan pulpa gigi dan jaringan periapikal, dan perawatan pulpa yang telah terinfeksi agar gigi tetap dapat berfungsi dengan baik.

Perawatan Endodontik bisa dilakukan oleh dokter gigi serta dokter spesialis konservasi/dokter yang keahliannya khusus untuk menangani masalah-masalah perawatan saluran akar, dengan penambalan gigi yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih rumit dibandingkan dengan penambalan gigi biasa.

Perawatan untuk menangani kondisi tersebut biasanya akan dikerjakan lebih dari 1x kunjungan. Pasien akan dimintai untuk selalu hadir diwaktu kunjungan yang sudah diperhitungkan oleh dokter gigi, supaya semua tahapan perawatan gigi bisa berjalan dengan lancar.

Ketepatan jadwal perawatan berpengaruh besar terhadap tingkat keberhasilan prosedur perawatan endodontik ini, sehingga gigi dapat kembali berfungsi normal dan dapat dipertahankan di dalam mulut selama mungkin.

Sebelum terlambat, atau mengalami sakit gigi yang spontan dan berdenyut, alangkah baiknya anda memperhatikan kebersihan gigi mulai dari sekarang.

biasakan untuk menyikat gigi 2x sehari dan usahakan untuk memeriksakan kesehatan gigi setidaknya 6 bulan sekali, agar kebersihan selalu terjaga dan sakit gigi tidak menimpa anda.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar