Skip to main content

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Semangka adalah tanaman merambat yang masih satu kerabat dengan keluarga labu-labuan, melon, dan ketimun. Buah semangka mempunyai kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan garis-garis hijau tua yang agak tidak beraturan. Ada dua jenis buah semangka, yaitu daging buahnya yang berwarna merah atau kuning.

Buah semangka dapat kita temukan dengan mudah di Indonesia. Buah ini bisa ditemukan setiap saat tanpa memandang musim, biasanya buah semangka akan terasa sangat manis saat musim kemarau. Buah semangka mempunyai daging berwarna merah dan terdapat biji kecil pada bagian dalam dagingnya. Semangka banyak mengandung air dan memiliki rasa yang sangat manis.

Seiring perkembangan teknologi pertanian, sekarang sudah banyak dikembangkan beberapa varietas semangka, mulai dari semangka tanpa biji, semangka kuning dan varietas lain. Meskipun sekarang sudah ada berbagai macam jenis semangka, namun setiap jenis semangka pada umumnya memiliki kandungan gizi yang seimbang.
Manfaat Buah Semangka

Kandungan Gizi Semangka

Semangka buah yang sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga manula. Rasa buah yang manis, lembut dan menyegarkan membuat buah ini amat digemari. Selain rasanya yang manis, buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, karena memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, yaitu mineral, vitamin, zat antioksidan dan kandungan kalori yang cukup rendah.

Kandungan gizi semangka per 100 gram sajian :

Kalium 319 mg
Fosfor 31 mg
Magnesium 30 mg
Kalsium 19 mg
Sodium 2,9 mg
Zat Besi 0,98 mg
Selenium 1,2 mcg
Mangan 0,112 mg
Tembaga 0,15 mg
Seng 0,32 mg
Vitamin A 1630 IU
Tiamin 0,092 mg
Riboflavin 0,09 mg
Niasin 0,521 mg
Folat 9 mcg
Asam Pantotenat 0,654 mg
Vitamin B6 0,123 mg
Vitamin C 23,4 mg
Vitamin E 0,15 mg
Vitamin K 0,4 mcg
Protein 1,74 g
serat 1,9 g
Kalori 85 kalori

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dari kandungan gizi yang tertera diatas, dapat diketahui bahwa Semangka merupakan buah yang banyak mengandung sumber nutrisi lengkap. Dalam sepotong semangka segar, Anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat nutrisi. Karena itulah semangka menjadi salah satu buah yang bisa digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat konsumsi buah semangka berikut ini :

1. Mengatasi Sembelit

Bagi anda yang mengalami sembelit, mungkin perlu mencoba untuk mengkonsumsi buah semangka, karena buah semangka mengandung serat alami dan air yang sangat tinggi. Kandungan serat yang terdapat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit yang disebabkan karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat alami yang terkandung dalam buah semangka juga akan membantu penyerapan nutrisi makanan dalam usus lebih maksimal.

2. Membuat Kulit Lembut dan Halus

Semangka kaya dengan kandungan vitamin A sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab, dimana telah kita ketahui bersama bahwa manfaat vitamin A adalah mencegah kulit kusam dan kekurangan nutrisi. Baik pria maupun wanita yang mengkonsumsi semangka secara teratur bisa memiliki kulit yang lembut dan tidak kering. Vitamin A dalam semangka juga memperbaiki sistem jaringan sel tubuh, terutama pada bagian rambut dan kulit.

3. Sumber Kolagen Alami

Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Semangka mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Salah satu manfaat Vitamin C adalah membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu semangka yang kaya akan kandungan air akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk memelihara sel kulit.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka mampu meningkatkan sistem imun / kekebalan tubuh, sehingga berperan penting dalam menangkal radikal bebas serta terhindar dari mudahnya seseorang terkena penyakit menular seperti influensa.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Semangka juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Apabila anda memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengkonsumsi buah semangka secara rutin sangat dianjurkan. Semangka membantu mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

6. Mencegah Kanker

Selain tinggi vitamin C, buah semangka juga tinggi akan  kandungan zat licopen. Zat ini sangat berperan penting sebagai antioksidan, yaitu untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat semangka untuk kesehatan sangat baik dikonsumsi, terutama bagi para penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya, karena semangka merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi.

7. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu keadaan yang disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Kekurangan cairan bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal. Semangka menjadi buah yang bisa anda konsumsi tatkala merasa kehausan, selain manis, buah semangka juga menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air.

8. Baik Untuk Fungsi Syaraf

Peradangan bisa dialami oleh siapa saja, peradangan bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kolin, yaitu nutrisi yang terdapat dalam buah semangka berfungsi penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, kesehatan otak, sangat baik untuk kecerdasan serta memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, menurunkan resiko terkena stroke, penyakit jantung, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik, serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

9. Detoksifikasi dan Mengatasi Nyeri Otot

Kandungan asam amino citruline yang terdapat dalam buah semangka, terutama pada bagian kulitnya memiliki efek yang sangat baik untuk menghilangkan senyawa racun seperti amonia yang ada di dalam hati, sehingga berfungsi sebagai detoksifikasi. Senyawa ini juga mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan kelelahan dan stress.

10. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang

Senyawa likopen yang terkandung dalam buah semangka berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung. Selain itu Likopen juga efektif memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.

11. Mencegah Imp0tensi

Khasiat semangka bagi kaum pria yaitu mencegah imp0tensi. Kandungan senyawa citruline yang dikonversi oleh tubuh menjadi senyawa arginin berperan untuk menjaga aliran darah tetap lancar, sehingga mampu mencegah masalah disfungsi er3ksi pada laki-laki. Manfaat semangka untuk kesuburan mampu meningkatkan ga!rah s3ksual, mengurangi rasa lemah dan lesu serta meningkatkan l!bido.

12. Baik untuk Diet

Kandungan asam amino citruline dalam buah semangka ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa citrulin yang terkandung dalam buah semangka akan dirubah oleh ginjal menjadi senyawa arginin. Kemampuan senyawa citrulin akan lebih efektif ketika sudah dirubah menjadi arginin, yang akan membantu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan akan larut dalam saluran pengeluaran.

13. Memelihara Kesehatan Mata

Semangka adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan zat beta karoten. Kedua macam zat ini bermanfaat untuk membantu tubuh dalam memelihara kesehatan retina dan lensa mata. Semangka juga bisa membantu mata untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena faktor usia, seperti penyakit katarak dan penyakit rabun pada orang tua.

14. Mengatasi Peradangan

Beberapa jenis senyawa yang terkandung dalam buah semangka seperti senyawa fenolik, triterpenoid, karotenoid, dan flavonoid. Likopen dalam semangka sangat efektif untuk mengatasi peradangan dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan semangka juga mengandung cucurbicatin yang bisa menjadi agen anti inflamasi sehingga menyebabkan sel tubuh cepat pulih. Senyawa ini juga akan membantu tubuh dalam membuat sistem kekebalan alami.

15. Melancarkan Urin

Bagi anda yang memiliki masalah dengan saluran diuretik dan ginjal bisa menggunakan semangka sebagai terapi alami. Semangka mengandung air yang sangat tinggi dan bisa melancarkan aliran urin dalam tubuh. Kandungan Citrulin dalam buah Semangka juga berkhasiat membantu membuang racun dalam hati sehingga meringankan sistem kerja ginjal.

Tips Mengkonsumsi Semangka

Untuk mendapatkan semua manfaat buah semangka yang sangat banyak, maka konsumsi buah semangka juga harus menggunakan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa tips mengkonsumsi semangka agar tetap sehat.

  • Cuci terlebih dahulu buah semangka sebelum dikupas untuk membersihkan kulit dari bakteri atau kuman selama semangka dalam penampungan atau toko.
  • Untuk menghindari kontaminasi oleh kuman dan bakteri, segera sajikan semangka saat sudah dikupas kulitnya.
  • Cuci terlebih dahulu pisau yang akan digunakan untuk memotong semangka.
  • Hindari mengkonsumsi semangka yang sudah dipotong dan disimpan lebih dari 24 jam.
Demikianlah manfaat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan, selain rasanya yang manis dan segar, anda juga akan memperoleh manfaat yang baik bagi tubuh anda.  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar