Skip to main content

Cara Agar Tetap Segar Di Bulan Puasa Dengan Air Nabeez

Bulan Ramadhan sudah hadir di tengah kita semua, bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan dimana semua umat islam berpuasa untuk mendapatkan ridho dan pahala dari Yang Maha Kuasa. Saat berpuasa kita harus bisa menahan lapar mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Puasa dengan menahan makan dan minum semenjak fajar hingga terbenam matahari bagi sebagian orang akan mengakibatkan badan terasa lemas dan kurang bertenaga. Agar ibadah puasa tetap sehat dan bugar, serta bisa beraktifitas seperti biasa, tentu sangat perlu untuk memperhatikan asupan makanan agar tetap memenuhi kebutuhan energi tubuh.
Tetap Segar Di Bulan Puasa Dengan Air Nabeez

Selain dengan mengkonsumsi makanan dan sayuran serta buah-buahan, anda sebaiknya perlu mencoba infuzed energi dengan minuman olahan dari rendaman kurma yang satu ini. Yaitu Air Nabeez, air nabeez adalah minuman kegemaran Nabi Muhammad, yang terbuat dari air rendaman kurma atau kismis/raisin.

Air Nabeez ini merupakan air tonik alkalin yang memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah sebagai berikut: 


  • Membantu metabolisme tubuh
  • Mengurangi kadar keasaman pada lambung
  • Membantu membersihkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh
  • Membantu meningkatkan fungsi pencernaan
  • Menambah daya ingat
  • Memperbaiki masalah limpa, hati
  • Sebagai salah satu alternatif terapi untuk penderita arthritis dan gout. 
Selain memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, Air Nabeez juga sangat bagus untuk membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh kita saat berpuasa, agar tidak cepat letih dan lelah. Untuk cara pembuatan Air Nabeez juga sangat mudah, yaitu dengan merendam beberapa butir kurma dalam segelas air minum. Dianjurkan untuk mengikuti sunnah Nabi dengan mengambil kurma secara ganjil, misalnya 3/5/7 butir kurma. Air rendaman kurma ini bisa anda minum setelah 10-12 jam kemudian. 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat air nabeez ini, konsumsilah secara teratur setiap hari saat anda berbuka puasa dan saat sahur. Apabila anda ingin mengkonsumsi air nabeez saat berbuka puasa, maka rendamlah kurma pada saat waktu sahur, begitu juga sebaliknya, apabila anda ingin mengkonsumsinya saat waktu sahur, rendamlah kurma saat anda berbuka puasa. 

Dengan disiplin minum air nabeez setiap hari, meskipun saat sahur anda hanya mengkonsumsi sedikit makanan, badan akan tetap terasa segar dan lebih bertenaga, sepanjang anda berpuasa badan akan tetap segar dan fit untuk melakukan aktifitas, saat sore hari anda bisa melakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar

Hal yang perlu anda ingat adalah, bahwa air nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2-3 hari, karena akan menyebabkan terjadinya fermentasi, sehingga bagi kita selaku umat muslim tidak boleh lagi dikonsumsi. Karena saat fermentasi sudah terjadi, maka akan terbentuk alkohol artinya air nabeez yang sudah terfermentasi akan mengandung alkohol dan dalam agama islam hukumnya menjadi haram. 

Jadi sebaiknya buatlah air nabeez selalu dalam kondisi segar setiap hari dengan jangka waktu perendaman kurma tidak lebih dari 15 jam. Dalam artian buatlah air nabeez saat sahur untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, dan buatlah air nabeez pada saat berbuka puasa untuk dikonsumsi pada saat sahur.

Adapun kurma hasil rendaman air nabeez tetap bisa anda konsumsi, kurma yang direndam bisa langsung anda makan setelah airnya diminum. Kurma rendaman air nabeez akan terasa lebih nikmat, empuk dan lembut. 

Selamat mencoba, Insya Allah dengan mengkonsumsi air nabeez secara teratur saat berbuka dan sahur, anda akan merasakan manfaatnya, badan menjadi lebih segar dan tetap bertenaga.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar