Skip to main content

Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Siapa di sini yang memiliki permasalahan timbulnya rambut putih alias uban di usia muda? Yup, rambut putih yang biasanya akan muncul saat kita sudah memasuki usia tua ini ternyata bisa loh muncul saat kita masih remaja atau masih di usia produktif bekerja.

Rambut yang memutih biasanya merupakan tanda bahwa pemilik rambut tersebut sudah berusia tua, apa jadinya kalau anda masih muda ternyata rambut sudah beruban, tentu akan mengurangi rasa percaya diri anda dan membuat anda tidak nyaman, apalagi ditambah dengan adanya seseorang yang mengomentari uban pada diri anda.
Uban di Usia Muda
Tenang, jangan panik dulu. Agar uban tidak muncul di usia muda, sebaiknya anda perlu memperhatikan pola hidup dan gaya hidup anda mulai dari sekarang, agar rambut hitam anda tetap awet sampai usia diatas 40 tahun.

Di bawah ini ada beberapa penyebabnya tumbuhnya rambut putih di usia muda, yuk kita lihat:

1. Stress berlebihan

Yup, rasa stress menjadi salah satu penyumbang utama tumbuhnya rambut putih di usia muda. Hal ini karena rasa stress akan mengurangi produksi pigmen pada rambutmu dan menyebabkan rambut-rambut yang tumbuh berwarna putih.

Stress memang sesuatu hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang, karena masalah bisa menimpa siapa saja tanpa memandang usia, akan tetapi stress yang berlebihan tentu akan sangat merugikan, karena akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita.

Pentingnya meredam stress agar tidak merugikan kesehatan bisa melalui berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan olah nafas atau meditasi. Berbagi atau mencurahkan permasalahan dengan orang yang anda percayai atau bahkan mampu memberikan sedikit solusi dianggap bisa mengurangi stress yang sedang dialami.

2. Merokok

Apabila kalian termasuk perokok, maka bukan hal yang aneh bagi kalian apabila memiliki rambut putih atau uban di usia muda. Hal ini karena bahan kimia yang terdapat di dalam rokok yang kalian hisap setiap hari tersebut tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh kalian, tapi juga rambut kalian.

Sebelum semuanya terlambat, alias tidak hanya uban yang bermunculan, tetapi juga penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti kanker paru paru dan lain sebagainya. Sebaiknya berhentilah merokok.

Rokok tidak hanya merugikan pemakainya, tetapi juga orang orang disekelilingnya, baik itu orang dewasa ataupun anak anak. Mulailah hindari rokok dan awali dengan olahraga demi kesehatan tubuh kita.

3. Keturunan

Penyebab ketiga tumbuhnya rambut putih di usia muda merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Namun ada beberapa orang yang memang memiliki uban di usia muda karena faktor keturunan dari ayah atau ibunya. Oleh karena itu, kalian bisa tanyakan langsung ke ayah atau ibu kalian, apakah mereka mempunyai riwayat memiliki uban di usia muda mereka atau tidak.

4. Gaya hidup

Pasti sudah bukan hal yang asing lagi kan bagi kalian apabila melihat begitu banyak orang berbondong-bondong memperbaiki gaya hidup. Entah karena mengikuti tren atau memang menyadari kondisi kesehatannya yang kian menurun karena gaya hidup yang serampangan.

Yup, ternyata gaya hidup yang tidak sehat ini juga berpengaruh pada kesehatan rambut kita. Tidak hanya dari segi makanan, tapi juga gaya hidup yang kurang bersih (jarang keramas, misalnya) menjadi salah satu pemicu tumbuhnya uban di usia muda.

Selain itu, kegemaran begadang atau tidur menjelang pagi juga menjadi pemicu tumbuhnya uban di usia muda. Oleh karena itu biasakan untuk tidur sebelum jam 10 malam agar tubuh bisa beristirahat dengan cukup, sehingga proses metabolisme tubuh dan peremajaan sel bisa berjalan optimal.

Sudah tahu kan penyebab munculnya uban di usia muda, oleh karena itu perbaikilah pola hidup dan gaya hidup anda mulai dari sekarang. Gaya hidup sehat akan menjadikan jiwa yang sehat. Semoga bermanfaat


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar