Skip to main content

12 Cara Ampuh Berhenti Merokok

Ketika anda membaca artikel ini, apa yang terlintas dalam benak anda saat anda, baik sebagai perokok aktif maupun sebagai perokok pasif mendengarkan curhatan seorang teman yang ingin berhenti merokok.

Apakah anda mendukungnya dengan mengemukakan berbagai akibat negatif seorang perokok, ataukah anda mencemoohnya dan justru mendukung agar teman anda tetap merokok dan bisa santai merokok dengan anda.
Cara Ampuh Berhenti Merokok
Apapun keputusan anda, itu merupakan kewenangan masing masing yang tentu saja anda sudah mempertimbangkan baik dan buruknya asap rokok bagi kesehatan. Agar anda memiliki gambaran mengapa anda harus segera berhenti merokok, sebaiknya simak sedikit data dari WHO berikut ini :

Angka kematian yang diakibatkan oleh rokok setiap tahunnya masih sangat tinggi, dan cenderung meningkat. Permasalahan ini secara jelas dipaparkan oleh Organisasi kesehatan dunia WHO.

Menurut data WHO, rokok bahkan telah membunuh lebih dari 7 juta orang per tahun, yang sebagian besarnya adalah orang-orang yang justru berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Tembakau (Rokok) membunuh sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. Dimana jumah kematian dari perokok langsung (aktif) adalah lebih dari 6 juta kematian dalam setahun. Adapun jumlah kematian perokok pasif adalah lebih dari 890 ribu orang dalam setahun.

WHO mengungkapkan data bahwa hampir 80% dari 1 miliar perokok yang ada di dunia adalah mereka yang tinggal di negara-negara yang berpenghasilan menengah ke bawah.

Bagi anda para perokok pasif, jangan merasa aman, karena justru seorang perokok pasif lebih beresiko tinggi terkena berbagai penyakit pernapasan akut, kanker paru-paru, infeksi saluran pernafasan atas, dan penyakit jantung (termasuk jantung koroner). Adapun pada bayi, bahkan bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Bahaya asap rokok bagi wanita hamil bisa mengakibatkan berat badan bayi yang lahir menjadi rendah. Perokok pasif ini mengakibatkan lebih dari 600.000 kematian bayi prematur tiap tahunnya.

Dan ternyata, Indonesia menempati urutan ketiga setelah China dan India, sebagai negara yang memiliki kasus kematian tertinggi akibat rokok.

Yakin masih tetap ingin terus merokok....??? Jika anda memutuskan untuk berhenti merokok, simak Tips ampuh berikut ini :

Cara Ampuh Berhenti Merokok


1. Informasikan Tekad Anda

Informasikan keinginan anda untuk berhenti merokok pada orang orang terdekat anda, kepada  keluarga, teman ataupun rekan kerja anda. Hal ini bertujuan agar nantinya mereka akan memberi dukungan psikologis agar anda mampu melewati masa masa perjuangan melawan keinginan untuk kembali merokok.

Apabila diantara teman dekat anda ada yang mencibir anda, dan menghasut agar tetap merokok, cobalah sampaikan dengan detail alasan anda memutuskan untuk berhenti merokok, sertakan juga data data berapa korban meninggal akibat asap rokok.

Mudah mudahan mereka bisa sadar dan bersama sama dengan anda untuk berkomitmen berhenti merokok, sungguh merupakan suatu kebanggaan tersendiri jika berhasil mengajak seseorang untuk melakukan hal yang positif.

2. Mencari Kesibukan

Carilah kesibukan, terutama saat hari hari pertama mencoba berhenti merokok. Hal ini agar keinginan anda untuk kembali merokok teralihkan dengan kesibukan yang anda lakukan. Anda bisa menyibukan diri dengan kegiatan bersama keluarga, berolahraga, membaca buku, jalan-jalan santai di sekitar rumah, bersepeda, dan aktivitas lainnya.

3. Hindari Begadang

Istirahat yang cukup sangat diperlukan tubuh agar semua organ vital tubuh bisa beristirahat dan selalu berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itu Anda harus mencukupi kebutuhan tidur, sebisa mungkin hindari tidur terlalu larut malam, karena ketika anda begadang biasanya akan muncul keinginan untuk merokok pada diri Anda.

4. Minum lebih banyak air putih

Kurangnya konsumsi air putih tidak baik bagi kesehatan tubuh, disamping itu, kurang minum air putih juga akan membuat Anda rentan untuk merokok. Dengan minum air putih yang cukup maka keinginan merokok akan berkurang.

Air putih yang diminum juga membantu menetralisir kandungan racun dari rokok yang masih ada di dalam tubuh, hal ini akan mengurangi keinginan untuk merokok.

5. Pergi Ke Tempat yang Dilarang Untuk Merokok

Biasakan untuk menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari di tempat yang tidak diperbolehkan untuk merokok. Contohnya, Anda bisa pergi ke Mall atau Supermarket, perpustakaan, toko buku, dan lainnya.

6. Buatlah tangan anda sibuk

Karena dikhawatirkan, jika tangan Anda tidak memegang sesuatu, nanti akan muncul keinginan untuk memegang rokok. Anda bisa mencoba memegang pena dan secarik kertas, lalu lakukan sesuatu yang membuat tangan anda sibuk, misal menulis sebuah cerita atau lainnya, atau mungkin menggambar, atau mungkin duduklah di depan laptop atau komputer anda, mulailah mengetik dan lain sebagainya.

7. Segera Beraktifitas Setelah Selesai Makan

Setelah makan, maka hendaknya berdiri segera dari meja makan, lalu Anda bisa sikat gigi, jalan-jalan atau aktifitas lainnya. Hal ini mencegah munculnya godaan untuk merokok setelah makan.

8. Gunakan Permen

Anda bisa menggunakan permen sebagai pengganti nikotin. Jika keinginan untuk merokok muncul, maka lebih baik memilih makan permen karet saja. Namun hindari juga permen yang banyak mengandung gula, pilihlah permen bebas gula agar kesehatan anda juga terjaga.

9. Selalu Berpikir Positif

Jangan berpikir bahwa berhenti merokok adalah sebuah siksaan, namun berpikirlah bahwa berhenti merokok berarti Anda akan memperoleh banyak manfaat darinya, baik itu dari sisi ekonomi, kesehatan dan segudang manfaat positif lainnya.

10. Jauhi Lingkungan Perokok

Usahakan semampunya untuk menjauhi atau minimal mengurangi berada di lingkungan perokok atau teman maupun rekan kerja yang sudah ketagihan merokok. Karena saat kiri-kanan Anda semuanya merokok, maka sangat dikhawatirkan hal ini membuat Anda akan ikut merokok.

11. Hilangkan Anggapan Yang Salah

Selama ini, banyak para perokok yang beranggapan bahwa merokok dapat menghilangkan stres berkat kandungan nikotin di dalamnya. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah bahwa perokok sedang dalam kondisi gejala putus obat dari nikotin, sehingga seolah-olah merokok akan terasa menenangkan.

Sangat penting untuk anda ketahui, bahwasanya efek menenangkan nikotin itu hanya sementara. Nikotin bukanlah obat meredakan stres. Bahkan berbagai penelitian menyebutkan bahwa tingkat stres orang yang telah total berhenti merokok akan menurun daripada saat mereka masih merokok.

12. Selalu Ingat Akibat Buruk Merokok

Anda harus selalu mengetahui dan mengingat berbagai kengerian akibat merokok, cobalah untuk memejamkan mata dan bayangkan penderitaan banyak orang yang terbaring lemas di Rumah Sakit terkena penyakit kronis akibat merokok.

Bayangkan jika hal itu menimpa diri anda, penyakit yang anda derita perlahan namun pasti menggerogoti tubuh anda, anda sudah tidak bisa berbuat apa apa lagi, semuanya sudah terlambat, dan anda hanya mampu menyesali semua yang telah terjadi.

Setelah anda membayangkan semuanya, cobalah membuka mata anda, lalu munculkan tekad agar kejadian yang baru anda bayangkan tidak menimpa diri anda, yakinlah bahwa anda bisa merubah kebiasaan merokok yang hanya akan berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Demikianlah cara ampuh untuk berhenti merokok yang bisa hanahanif bagikan. Mudah mudahan dengan artikel ini banyak perokok yang sadar, dan memulai langkah awal untuk selalu hidup sehat bersama keluarga tercinta. Silahkan bagikan apabila artikel ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar