Skip to main content

Cara Ampuh Mengobati Sakit Gigi pada Anak dan Dewasa

Sangat wajar jika Anda merasa frustrasi melihat anak Anda mengalami sakit gigi. Yang namanya sakit gigi, tentu tidak enak sekali karena rasa nyeri dan ngilu yang selalu mendera. Orang dewasa saja bisa merasa uring-uringan karena sakit gigi apalagi anak-anak.

Biasanya, anak-anak akan cenderung lebih rewel karena sakit gigi dan bisa menangis meraung-raung karena sakitnya. Nah, di sini kita akan berbicara tentang bagaimana cara mengatasi sakit gigi pada anak dengan melihat dari beberapa kasus yang sering terjadi. Tapi sebelumnya, mari kita coba membahas tentang penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Sakit Gigi pada Anak

Sebenarnya penyebab sakit gigi pada anak kurang lebih sama seperti yang dialami orang dewasa. Tumbuhnya kuman di gigi akibat sisa makanan yang tertinggal adalah penyebab utamanya. Kuman tersebut kemudian tumbuh semakin banyak dan menggerogoti gigi.

Untuk kejadian sakit gigi yang biasanya terjadi pada anak-anak adalah akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi, dan kurangnya pemahaman orang tua dalam menjaga kebersihan gigi anak.

Banyak orang tua yang cenderung mengabaikan pembersihan gigi, terutama jika si anak masih kecil, karena anggapannya si anak masih belum terlalu banyak makan makanan padat. Padahal dari asi atau susu yang diminum anak pun sebenarnya sudah bisa menjadi pemicu tumbuhnya kuman di gigi.

Sebaiknya jika anak sudah tumbuh gigi, walaupun baru satu atau dua, sebagai orang tua, Anda sudah mulai membersihkannya dengan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai.

Berbagai Jenis Pertolongan untuk Sakit Gigi Anak


1. Pertolongan Pertama Sakit Gigi

Jika anak Anda rewel karena sakit gigi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk tetap tenang dan jangan panik. Percayalah, panik hanya akan memperburuk masalah. Jika Anda tenang, anak Anda juga akan cenderung lebih mudah diatur, dan akan lebih mudah bagi Anda untuk memberikan pertolongan pertama padanya.

Jika anak Anda sudah bisa terkondisikan, cobalah untuk langsung menyuruhnya kumur-kumur dengan air garam. Mungkin anak Anda akan menolak ketika pertama kali mencicipi air garam tersebut ketika masuk mulut.

Cobalah untuk meyakinkan anak Anda dengan berkata, “Ini obat biar sakit giginya cepet sembuh, sayang. Rasanya memang asin, tidak enak, tapi sayang tidak perlu menelannya. Cukup buat kumur-kumur saja terus dikeluarkan.”

Air garam memang terbukti cukup efektif sebagai pertolongan pertama pada sakit gigi karena sifatnya yang akan menekan rasa ngilu dan nyeri karena sakit gigi.

2. Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar

Jika Anda menemukan ternyata penyebab sakit gigi anak karena adanya lubang yang besar, ada dua jenis pertolongan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah jika lubangnya masih dalam fase awal atau artinya baru saja terlihat lubang dan belum terlihat tanda-tanda busuk (atau sudah busuk tapi belum parah).

Untuk jenis lubang yang seperti ini, Anda bisa menggunakan air garam atau air minyak cengkeh guna mengatasinya. Kedua jenis obat tradisional tersebut efektif mengurangi rasa sakit yang timbul karena lubang di gigi.

Untuk air garam, Anda bisa meminta anak Anda untuk berkumur-kumur. Sementara untuk air minyak cengkeh, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah Anda rendam di dalam air minyak cengkeh kemudian Anda tempelkan ke gigi yang berlubang tersebut sekitar 5 – 10 menit.

Tapi jika ternyata lubang di gigi anak Anda sudah sampai ke fase pembusukan yang terlihat cukup parah, hanya ada satu langkah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meminta dokter gigi untuk mencabutnya. Alasannya adalah karena jika tidak dicabut, dikhawatirkan pembusukannya bisa menyebar ke gigi-gigi yang lainnya dan akan memperparah kondisi gigi si anak.

3. Mengatasi Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Gusi yang bengkak akibat masalah gigi merupakan hal yang sering terjadi. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan semacam kompres dingin untuk mengurangi bengkaknya, dan pada saat yang sama akan mengurangi rasa sakit.

Masalahnya, bagaimana cara mengompres dingin gusi? Anda bisa menggunakan kain kasa yang sudah direndam dalam air dingin. Kemudian Anda tempelkan di gusi yang bengkak tersebut. Atau bisa juga Anda meminta anak Anda untuk menggigit sendok stainless steel.

Metode yang lainnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji, daun jambu biji dikenal efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan ampuh untuk mengatasi gusi bengkak, hal ini disebabkan karena daun jambu biji mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi dan analgesi yang cukup kuat.

Adapun untuk pengaplikasiannya adalah, suruh anak Anda untuk mengunyah daun jambu biji, apabila anak anda menolaknya, anda bisa merebusnya dengan mengambil beberapa daun jambu biji dan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas saja, lalu usahakan anak agar berkumur dengan rebusan daun jambu biji tersebut.

4. Mengobati Pipi Bengkak Akibat Sakit Gigi pada Anak

Untuk masalah pipi bengkak karena sakit gigi, Anda bisa menggunakan es batu. Cobalah untuk mengambil es batu secukupnya saja dan bisa Anda balut dengan kain. Kemudian tempelkan kain yang berisi es batu tersebut ke bagian pipi yang bengkak.

Usahakan kain tersebut tetap menempel di pipi selama minimal 15 menit. Lakukan metode ini sejam atau dua jam sekali sampai bengkak di pipi anak anda terlihat kempes.

Menggunakan minyak pepermint juga efektif untuk mengatasi pipi bengkak akibat sakit gigi pada anak, caranya dengan mengambil 3 hingga 5 tetes minyak pepermint, lalu oleskan pada pipi yang bengkak, lakukan selama 3 hingga 4 kali sehari hingga bengkak hilang.

5. Cara Merawat Gigi Balita yang Rusak

Merawat gigi balita yang rusak memang merupakan tantangan tersendiri, karena biasanya anak balita lebih susah diurus dan diatur ketimbang anak yang lebih besar. Namun ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti menggunakan sikat gigi khusus anak.

Perawatan gigi yang terbaik adalah dengan menyikat gigi, dan menyikat gigi yang sempurna hanya bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi yang tepat. Sikat gigi untuk anak balita sudah didesain dengan sedemikian rupa seperti ukurannya yang kecil dan bulu sikatnya yang lembut.

Usahakan untuk menyikat gigi yang rusak tapi jangan terlalu keras agar tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika Anda menemukan gigi balita Anda ternyata sudah berlubang, hindari agar jangan sampai menyikatnya terlalu keras, karena bisa menimbulkan rasa sakit yang membuat anak balita Anda jadi rewel.

Agar gigi balita Anda jangan sampai berlubang, cobalah untuk mengurangi pemberian makanan yang terlalu tinggi kadar gulanya. Dan cobalah untuk merubah kebiasaan makan yang buruk seperti minum susu dari botol sambil tiduran.

Usahakan juga, setiap anak selesai makan untuk berkumur kumur dengan air putih. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa makanan tidak menempel pada gigi dan memperparah kondisi gigi anak Anda.

6. Obat Sakit Gigi Anak

Ada beberapa obat alami yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi pada anak. Sebagai contoh, Anda bisa meminta anak Anda untuk berkumur dengan air sirih. Air sirih terbukti bisa berfungsi sebagai obat antiseptik yang bagus, dan akan membantu membunuh kuman-kuman yang menyebabkan sakit gigi pada anak.

Atau bisa juga menggunakan air perasan lemon yang dicampur air putih. Mungkin obat yang satu ini akan sedikit terasa sakit jika terkena gigi yang berlubang, tapi cobalah untuk meyakinkan anak Anda untuk berkumur dengan air tersebut sebagai obat. Dan Anda juga bisa menggunakan air minyak cengkeh seperti yang sudah disebutkan di atas.

7. Cara Mencegah Agar Sakit Gigi Tidak Kambuh Lagi

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah agar anak Anda tidak menderita sakit gigi lagi, cara yang paling jitu tentu saja adalah dengan menyikat giginya secara teratur dan dengan cara yang benar.

Menggunakan sikat gigi khusus anak merupakan metode yang baik. Dan biasakan agar anak Anda menggosok giginya sebelum tidur, karena pada saat tidur itulah kuman-kuman penyebab sakit gigi biasanya tumbuh. Jangan lupa untuk membawa anak Anda ke dokter gigi secara rutin untuk melakukan pengecekan. Minimal Anda ke dokter gigi sekali setiap 6 bulan.

Demikianlah cara ampuh mengobati sakit gigi pada anak dan dewasa yang bisa hanahanif sampaikan, dengan membiasakan anak kita untuk menjaga kebersihan gigi, baik dengan rutin menyikat gigi sehari 2 kali, atau berkumur kumur dengan air putih setiap kali sehabis makan ataupun mengkonsumsi camilan, maka sakit gigi yang diderita anak anda dijamin tidak akan kambuh lagi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar