Skip to main content

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Lebah merupakan hewan yang hidupnya sangat teratur, mereka hanya menyerap sari bunga untuk dijadikan sumber makanan yang dinamakan madu, madu dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Sejak ribuan tahun yang lalu, madu sudah digunakan oleh semua kalangan masyarakat mulai dari Raja, Ratu hingga masyarakat biasa sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal termasuk kecantikan, kesehatan dan pengobatan.

Bahkan banyak kisah yang menyebutkan bahwa Cleopatra konon mencampurkan madu kedalam bak mandinya  agar tetap awet muda. Konon tak hanya susu yang biasa dijadikan bahan ramuan untuk upacara pemandian Sang Ratu Mesir tersebut, tetapi juga madu, bahkan madu sudah digunakan sebagai obat luka pada abad ke satu sesudah masehi.

Karena memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, Lebah penghasil madu telah banyak dibudidayakan demi memperoleh madu yang nilai jualnya cukup lumayan mahal, selain madunya, larva lebah madu juga banyak dikonsumsi menjadi masakan yang lezat dan merupakan sumber protein tinggi yang bagus untuk kesehatan.
Manfaat Madu

Diyakini, kebiasaan masyarakat jaman dahulu merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi dari Yunani, lalu bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kecantikan dan kesehatan kulit?

Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern bisa memberikan khasiat yang di yakini selama ini?
Apalagi ditambah dengan deretan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu seistimewa itu? Untuk lebih jelasnya silahkan simak manfaat madu untuk kecantikan berikut ini :

  • Melembabkan Kulit
Senyawa humektan dalam madu mampu melembabkan kulit yang kering, tapi seseorang dengan kondisi kulit berminyak juga tetap bisa mendapatkan keuntungan dari madu, sebab zat pemanis yang terkandung dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembaban dan elastisitas kulit.
  • Melindungi Terhadap Kerusakan
Madu merupakan anti oksidan alami yang bisa melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut dengan stres oksidatif( keadaan dimana jumlah radikal bebas didalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya) selain itu madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
  • Menyembuhkan Luka
Menurut penelitian dari New Zealand Dermatological Society, susunan kimiawi pada madu terutama gula, mempunyai osmolalitas tinggi yang membuat mikro organisme( bakteri, virus, jamur dan ragi) tidak bisa berkembang.

Zat pemanis pada madu juga bisa memproduksi hidrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok,  hal tersebut memberikan manfaat anti bakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat proses penyembuhan.

  • Membuat kulit wajah tampak lebih bersih, campurkan tomat dan madu lalu oleskan pada wajah diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Melembabkan kulit, oleskan madu biasa selama 5-10 menit pada wajah lalu cuci dengan air hangat.
  • Menjaga kulit tetap lembut, bersihkan wajah dengan madu sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.
  • Menunda proses penuaan, oleskan madu pada wajah 30 menit sebelum tidur, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap malam.
  • Mencerahkan dan memutihkan kulit, campurkan tiga sendok air mawar dengan 1/4 cangkir madu dan oleskan pada wajah selama kurang lebih 15 menit lalu cuci dengan air dingin.
  • Menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, oleskan campuran madu dan susu pada wajah, diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hangat.
Dengan rutin menggunakan madu sebagai ramuan pada wajah anda, niscaya wajah akan selalu tampak cerah alami dan terbebas dari kerutan serta jerawat, dan tentunya tanpa menimbulkan efek samping, karena madu adalah bahan alami yang terbebas dari bahan kimia berbahaya. Namun pastikan bahwa madu yang anda gunakan adalah madu asli, agar khasiatnya benar benar anda rasakan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar