Skip to main content

Cara Diet Alami dan Cepat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh yang langsing dan ideal? Semua orang pasti mengidam-idamkan tubuh seperti itu. Alasannya sederhana, tubuh yang langsing dan ideal akan membuat penampilan kita jadi lebih menarik.

Kita akan merasa lebih percaya diri untuk tampil di muka umum dengan tubuh seperti itu. Lebih daripada itu, kita juga akan merasa lebih sehat dengan tubuh yang ideal. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah bahwa orang dengan tubuh langsing dan ideal lebih tahan terhadap penyakit.
Diet Alami dan Cepat

Coba saja bandingkan dengan orang yang bertubuh gemuk. Sudah banyak buktinya kalau tubuh gemuk lebih rentan penyakit kan? Sebut saja kolesterol, jantung, dan lain sebagainya.
Di sini kita akan membicarakan tentang apa itu makna tubuh yang langsing dan ideal serta bagaimana cara mendapatkan diet seperti itu dengan berbagai macam metode diet.

Tentu saja diet yang kita bahas di sini adalah diet yang aman dan terbukti efektif asalkan dilakukan dengan baik dan benar. Yuk, mari kita langsung mulai saja.

Berat Badan Ideal

Sebelum kita mulai membahas tentang cara diet yang baik dan benar secara alami, kita harus memastikan mindset kita benar tentang tubuh yang ideal. Ternyata masih banyak lho orang yang salah kaprah mengenai hal ini. Banyak yang beranggapan, semakin kurus tubuh kita maka akan semakin baik.

Kita akan memiliki penampilan yang lebih baik dan kita juga akan lebih sehat. Pada kenyataannya, banyak orang yang kebablasan tentang hal ini. Alih-alih langsing, orang-orang cenderung untuk membuat badan mereka ceking. Bedakan antara ceking dan langsing ya?

Langsing lebih mengarah pada bentuk tubuh yang proporsional sementara ceking adalah bentuk tubuh yang terlalu tipis. Bukannya mendapatkan penampilan yang menarik dan semakin sehat, tubuh ceking ternyata tidak tampak menawan apalagi sehat. Benar tidak?

Salah Kaprah tentang Rumus Menghitung Berat Badan Ideal

Lalu, apa yang dimaksud dengan tubuh langsing? Ternyata ada hubungannya dengan berat badan yang ideal. Dan lagi-lagi ada masalah persepsi mengenai hal ini. Kebanyakan dari kita menggunakan variabel berat badan dan tinggi badan untuk dimasukkan ke dalam rumus.

Rumusnya adalah seperti ini: tinggi badan (dalam cm) – 100 adalah berat badan ideal. Jadi, jika Anda memiliki tinggi badan 160 cm, berat badan ideal Anda adalah 60 kg. Tapi ternyata rumus tersebut tidak tepat!

Rumus yang tepat dalam menghitung berat badan ideal ternyata berbeda antara pria dan wanita. Untuk pria rumusnya seperti ini: [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]. Sementara untuk wanita, rumusnya adalah [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%).

Untuk contoh konkretnya, jika Anda adalah seorang wanita dan memiliki tinggi 160 cm maka berat badan ideal Anda adalah 60 – 9 = 51 kg. Nah coba bandingkan dengan hasil dari rumus yang sudah disebutkan sebelumnya. Ada perbedaan 9 kg ternyata. Jadi sebenarnya, rumus yang ada di atas adalah rumus perhitungan berat badan NORMAL sementara rumus yang di bawah adalah rumus perhitungan berat badan IDEAL. Sekarang sudah tahu kan bedanya?

Cara Diet yang Baik

Setelah mengetahui perhitungan yang tepat untuk mengetahui berat badan ideal, cobalah sekarang Anda hitung berat badan ideal Anda menggunakan rumus di atas. Apakah sudah ideal? Jika belum, cobalah untuk mencapai target berat badan tersebut.

Jika berat badan Anda saat ini ada di bawah hasil perhitungan, caranya mudah. Cobalah untuk menambah porsi makan Anda. Namun jika ternyata hasilnya ada di atas hasil perhitungan, beberapa metode diet di bawah ini mungkin bisa membantu Anda mengurangi berat. Sehingga nantinya Anda bisa mencapai berat badan ideal tersebut.

1. Diet Alami dengan Air Putih

Diet alami dengan air putih belakangan ini sangat populer karena hasilnya yang menakjubkan. Tapi siapkan mental Anda jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan metode diet ini, karena caranya yang gampang tapi susah untuk dilakukan.

Bahkan bagi beberapa orang cenderung menyiksa. Namun, jika mencapai berat badan ideal dengan cepat adalah tujuan Anda, sebaiknya Anda membulatkan tekad. Cara melakukan diet ini adalah dengan tidak makan apapun selama 5 – 7 hari kecuali hanya minum air putih saja.

Tubuh kita ternyata sudah dirancang untuk bisa tahan tidak makan sampai seminggu, tapi Anda tidak bisa bertahan hidup tanpa minum hanya dalam 2 hari saja. Inilah kenapa Anda minum air putih agar menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Lalu bagaimana hasilnya?

Ternyata menakjubkan. Banyak orang yang mengaku bisa menurunkan sampai 10 kg hanya dalam 7 hari saja. Wow! Tapi ya itu, bagi banyak orang, cara diet ini memang termasuk berat untuk dilakukan.

Apabila anda ingin mencoba diet ini, sebaiknya konsultasikan atau cek kondisi kesehatan terlebih dahulu dengan dokter anda, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

2. Diet Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Banyak metode diet yang memasukkan olahraga sebagai bagian dari caranya. Bagaimana jika Anda tipe orang yang tidak suka olahraga? Bisakah Anda mengurangi berat badan tanpa olahraga? Ternyata bisa! Langkah-langkahnya juga terhitung sederhana karena Anda hanya disarankan untuk makan sayuran dengan porsi yang lebih banyak.

Kemudian, pastikan Anda memiliki porsi tidur yang cukup. Jika Anda termasuk orang yang gemar ngemil, gantilah camilan Anda dengan camilan yang lebih sehat. Sebagai contoh, yoghurt, kacang-kacangan, atau telur rebus.

Cobalah untuk menyusun daftar menu diet sehat dalam seminggu, agar asupan kalori dan protein yang anda konsumsi tidak berlebihan. Yang perlu anda perhatikan adalah hindari konsumsi daging dan makanan yang digoreng, serta junk food.

3. Diet Keto

Pada dasarnya, diet keto itu mirip dengan diet rendah karbohidrat. Jadi, tujuannya adalah mengurangi asupan karbohidrat di tubuh Anda. Apabila Anda tertarik dengan metode diet yang satu ini, cobalah untuk membatasi diri Anda memakan nasi, roti, kentang, dan bahan makanan lain yang tinggi kadar karbohidratnya.

Sebagai pengganti karbohidrat yang berfungsi untuk menyuplai tenaga ke tubuh, Anda bisa mengkonsumsi bahan makanan tinggi lemak tapi yang kadar proteinnya sedang. Lemak akan lebih cepat dibakar oleh tubuh ketimbang karbohidrat sehingga akan memberikan efek penurunan berat badan pada Anda.

Contoh bahan makanan yang tinggi lemak dan kadar protein sedang adalah telur, daging sapi, daging ayam, dan ikan tuna. Selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, ternyata diet keto ini juga bagus untuk membantu pengobatan orang-orang yang menderita diabetes. Kenapa bisa seperti itu? Alasannya adalah karena asupan karbohidrat berkurang, otomatis asupan gula juga akan berkurang.

4. Diet OCD

Diet ini booming beberapa tahun yang lalu dan dipopulerkan oleh Dedy Corbuzier di Indonesia. Metode diet ini sebenarnya mirip dengan diet air putih seperti yang sudah disebutkan di atas. Lebih jauh lagi, metode ini mirip seperti puasa. Jadi Anda disarankan untuk tidak makan dan minum apapun kecuali air putih dan teh tawar.

Yang membedakan diet ini dengan diet air putih adalah waktunya. Diet air putih dilakukan sepanjang hari selama maksimal seminggu. Sementara diet OCD ini memperbolehkan Anda untuk makan di waktu-waktu tertentu. Ada dua waktu bagi Anda untuk makan, dan di sela-selanya Anda melakukan diet OCD yang berlangsung selama 8 – 10 jam. Persis seperti puasa bukan?

Nah, itu dia penjelasan tentang berat badan ideal dan juga beberapa cara diet yang mungkin membuat Anda tertarik. Apakah Anda sudah memutuskan akan melakukan metode diet yang mana? Selamat mencoba dan semoga hasilnya sesuai keinginan!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar