Skip to main content

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Masalah jerawat memang merupakan masalah yang klasik, apalagi bagi para gadis-gadis muda. Pada umur-umur remaja, gejolak hormon dan ditambah aktivitas yang seabreg di luar ruangan bisa menjadi pemicu utama munculnya jerawat.

Sebenarnya, apa sih yang jadi penyebab munculnya jerawat? Pada dasarnya ada beberapa potensi penyebab jerawat seperti kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas. Tapi yang jelas, jerawat muncul karena kotoran menyumbat pori-pori dan kemudian menimbulkan iritasi yang berupa benjolan di kulit.
Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat

Anda harus memahami bahwa cara penanganan jerawat bisa berbeda-beda tergantung jenis jerawatnya. Jadi sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu jenis jerawat apa yang Anda miliki baru mengaplikasikan cara untuk menghilangkannya. Di bawah ini Anda bisa mengetahui beberapa jenis jerawat serta cara efektif untuk mengatasinya.

1. Menghilangkan Jerawat Batu

Jenis jerawat yang satu ini memiliki ciri khas ukurannya yang besar. Biasanya kulit di mana jerawat batu tumbuh akan berwarna kemerahan. Dan sering kali ditemukan benjolan yang cenderung lunak tapi berisi nanah. Rasa sakit dan gatal biasanya dirasakan oleh orang-orang yang memiliki jerawat jenis ini.

Kombinasi dari rasa sakit, gatal, dan juga hilangnya kepercayaan diri karena jerawat macam ini biasanya muncul di wajah, membuat orang yang mengalaminya merasa tersiksa. Inilah kenapa sangat wajar jika Anda ingin segera bisa menghilangkan jerawat ini.

Tips menghilangkan jerawat batu bisa Anda lakukan dengan menggunakan kentang. Ya, ternyata kentang memiliki khasiat yang baik untuk menghilangkan jerawat batu. Cara mengaplikasikan kentang sebagai penghilang jerawat batu juga tidak susah. Anda hanya harus menyiapkan satu buah kentang yang kemudian Anda potong tipis-tipis.

Lalu irisan kentang tersebut Anda tempelkan ke bagian kulit di mana jerawat batu tumbuh. Biarkan irisan kentang tersebut tetap berada di sana selama kurang lebih 10 menit. Kemudian Anda bisa mencuci muka dengan menggunakan air dingin.

2. Menghilangkan Jerawat Pasir

Jerawat pasir pada dasarnya sama seperti jenis jerawat pada umumnya. Akan tetapi, ukuran jerawat pasir biasanya lebih kecil dan jumlahnya banyak. Apabila jerawat jenis ini mengalami peradangan, maka bagian kulit tempat jerawat ini tumbuh akan menjadi merah dan terlihat kurang menarik.

Biasanya, jerawat pasir muncul di bagian wajah terutama di zona T. Zona T sangat rentan menjadi tempat tumbuhnya jerawat pasir karena biasanya produksi minyak di bagian tersebut lebih banyak dibandingkan bagian wajah yang lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat jenis ini?
Kombinasi air perasan jeruk nipis dan air mawar ternyata bisa membantu mengatasi masalah jerawat pasir. Jeruk nipis berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang mati dan air mawar akan membantu mengempeskan jerawat.

Anda bisa mencampurkan air jeruk nipis dan air mawar dan kemudian Anda oleskan ke wajah Anda. Hati-hatilah dalam melakukannya jangan sampai terkena mata karena akan terasa pedih. Diamkan selama sekitar setengah jam lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Menghilangkan Jerawat yang Meradang

Salah satu masalah yang sering menyusul yang diakibatkan oleh jerawat adalah kulit yang meradang. Jika kondisi ini terjadi, sudah bisa dipastikan orang yang mengalaminya akan merasa hilang kepercayaan dirinya.

Belum lagi rasa sakit dan gatal yang dirasakan karena peradangan tersebut. Namun Anda jangan terlalu khawatir jika mengalami kondisi ini karena ternyata ada beberapa bahan alami untuk mengatasinya.

Bahan yang pertama adalah es batu. Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu ternyata es batu sangat efektif untuk mengatasi iritasi yang terjadi akibat peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Anda cukup menyiapkan satu kotak es batu ukuran sedang.

Akan lebih baik lagi jika Anda membuat es batu tersebut dari perasan air lemon atau bisa juga menggunakan air madu. Bahan-bahan tersebut akan lebih membantu mengatasi peradangan.

Bungkuslah es batu tersebut dengan kain yang bersih atau Anda juga bisa menggunakan tisu basah. Lalu kompreskan ke daerah wajah di mana jerawat meradang tersebut muncul. Cobalah untuk menekan-nekannya dengan lembut.

4. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Kebanyakan dari kita hanya terfokus pada bagaimana caranya untuk menghilangkan jerawat. Padahal, jika jerawat sudah hilang, belum tentu masalah akan hilang juga. Banyak orang yang mengeluhkan hadirnya bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Apakah ada yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan kemudian menghilangkan bekasnya juga?

Ternyata ada bahan alami yang bisa digunakan untuk tujuan tersebut, dan Anda bisa menggunakan putih telur. Anda pasti sudah familiar dengan bahan ini, putih telur sering digunakan sebagai masker wajah. Ternyata putih telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan atau paling tidak memudarkan bekas jerawat.

Caranya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan putih telur dari 1 butir telur. Kemudian tambahkan sedikit perasan dari jeruk nipis. Aduk rata dan oleskan ke wajah sebagai masker. Diamkan masker tersebut sampai kering baru kemudian Anda bersihkan dengan sabun wajah pilihan Anda.

5. Menghilangkan Jerawat dalam Sehari

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak percaya tentang menghilangkan jerawat hanya dalam waktu sehari saja. Tapi ternyata hal tersebut mungkin saja dilakukan asalkan Anda tahu triknya. Salah satu trik yang terbukti ampuh adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Ternyata pasta gigi mengandung silica yang bisa membantu membuat jerawat cepat kering dan bisa mempercepat proses penyembuhannya. Tapi pastikan agar Anda memilih pasta gigi yang tidak mengandung mentol dan juga fluoride.

Alasannya adalah karena kedua bahan tersebut bisa menimbulkan iritasi di kulit Anda. Alih-alih menghilangkan jerawat, bisa-bisa malah akan memperparah jerawat yang sudah ada.

Trik yang berikutnya adalah dengan menggunakan makeup. Ya, ternyata penggunaan makeup yang tepat bisa benar-benar menyamarkan jerawat yang ada. Concealer merupakan pilihan yang tepat dan kemudian Anda tutupi lagi dengan bedak agar kulit wajah terlihat halus tanpa jerawat.

Tapi ingat, cara yang satu ini hanya berfungsi bagi jerawat yang kecil-kecil seperti jerawat pasir dan tidak berlaku untuk jerawat batu.

6. Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat dan Berminyak

Yap, tepat sekali, minyak memang sering kali dijadikan kambing hitam penyebab jerawat. Dan ternyata memang seperti itu kenyataannya. Orang-orang yang memiliki kulit wajah berminyak memiliki kecenderungan lebih besar untuk jerawatan ketimbang orang-orang dengan kulit wajah kering.

Inilah kenapa menjaga agar kulit tidak berminyak sangatlah penting. Minyak yang ada di wajah akan “menangkap” kotoran-kotoran yang kemudian menimbulkan iritasi di wajah. Inilah cikal bakal munculnya jerawat di wajah. Untuk mencegah agar kulit Anda tidak terlalu berminyak dan mencegah munculnya jerawat, adalah dengan melakukan perawatan yang tepat.

Yang pertama adalah untuk mencuci wajah Anda secara teratur dan gunakan air dingin. Kalau perlu, gunakan produk pembersih wajah yang diperuntukkan untuk kulit berminyak. Lakukan kebiasaan mencuci wajah secukupnya jika aktivitas Anda sering berada di luar ruangan.

Yang kedua adalah menggunakan toner. Toner memiliki fungsi utama yang mirip dengan produk pembersih. Namun toner memiliki fungsi yang lebih jauh, yaitu mengembalikan pH kulit. Jadi pada dasarnya toner akan membuat kondisi kulit Anda menjadi normal kembali.

Dan yang ketiga adalah dengan menggunakan masker. Banyak pilihan masker yang bisa Anda coba, seperti masker mentimun. Masker yang satu ini memang sudah terbukti dan dipercaya bisa membantu membersihkan kulit wajah, sehingga jerawat dan komedo tidak akan muncul pada wajah Anda. Selain itu, mentimun juga bisa menyerap minyak berlebih di wajah.

Itulah dia beberapa cara mengatasi jerawat berdasarkan jenis-jenisnya. Sekarang, karena Anda sudah tahu mengenai hal-hal di atas, tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk terlalu khawatir dengan wajah berjerawat, bukan?


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar