Skip to main content

Cara Membuat Masker Pisang Untuk Kecantikan

Cara Membuat Masker Pisang – Pisang merupakan buah yang tumbuh subur dan banyak terdapat di Indonesia. Hampir di setiap kebun pekarangan rumah kita niscaya terdapat pohon pisang. Maka, tidak mengherankan apabila penggemar buah pisang di Indonesia pun sangat beragam. Selain dimanfaatkan untuk konsumsi karena rasanya yang manis, buah pisang juga bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Penasaran kan bagaimana caranya?
Cara Membuat Masker Pisang
Kombinasikan buah pisang dengan madu untuk hasil maksimal 
Buah pisang sudah dikenal secara turun temurun mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan kecantikan, kandungan potasium dan mineral kalsium dalam pisang dipercaya bisa menjaga sistem imun kita dari berbagai macam serangan penyakit berbahaya. Selain itu, kandungan berbagai nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, C, dan E ternyata juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit secara alami.

Lalu apa sajakah manfaat buah pisang untuk kecantikan? Silahkan simak manfaat selengkapnya mengenai khasiat buah pisang dan cara membuat masker buah pisang untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Ada banyak sekali manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu dikarenakan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin dalam buah pisang yang bermanfaat dan dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. Adapun khasiat buah pisang untuk kecantikan diantaranya:
  • Mampu mengatasi jerawat dan komedo di wajah
  • Melembabkan kulit secara alami
  • Mencegah serangan radikal bebas penyebab penuaan dini
  • Menghilangkan flek hitam secara alami
  • Merawat kulit wajah yang berminyak
  • Mengatasi kulit wajah kering dan kusam.
Dan masih banyak lagi manfaat buah pisang yang akan sobat hanhan dapatkan. Nah, setelah hanhan membahas mengenai manfaat pisang, hanhan akan sampaikan beberapa cara menciptakan masker pisang untuk perawatan kulit secara alami. Sehingga sobat hanhan tidak perlu pergi ke klinik kecantikan ataupun salon, cukup gunakan beberapa masker yang akan hanhan bahas di artikel ini, maka kulit akan terlihat lebih bagus dan sehat alami.

Cara Praktis Membuat Masker Buah Pisang Untuk Perawatan Wajah


Memang khasiat buah pisang bagi kecantikan sangatlah besar, namun supaya masker ini nantinya bisa merawat kulit sobat hanhan secara maksimal, maka  hanhan sarankan untuk menambah beberapa bahan alami lainnya.

1. Masker pisang dan madu

Madu mengandung senyawa yang bersifat lembab, nah sifatnya inilah yang bisa menciptakan kulit kering sobat hanhan menjadi lebih lembab secara alami. Terlebih kalau dikombinasikan dengan buah pisang, maka akan menjadi sebuah ramuan yang cukup mujarab. 
Cara menciptakan masker pisang dan madu:
  • Siapkan dulu 1 buah pisang dan 3 sendok makan madu.
  • Campur dan aduk-aduk kedua bahan tersebut hingga merata dan membentuk semacam pasta atau krim.
  • Sebelum menggunakan, bersihkan wajah terlebih dulu dengan memakai air hangat supaya pori-pori terbuka dan kotoran tidak menghambat penyerapan.
  • Setelah bersih, mulailah mengoleskan masker pisang tersebut secara merata keseluruh wajah.
  • Agar masker pisang dan madu bekerja serta meresap secara maksimal, diamkan masker tersebut selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan memakai air hingga bersih.

2. Masker pisang, yoghurt, dan putih telur

Apakah sobat hanhan ingin memiliki kulit yang lebih kencang dan terbebas dari jerawat? Jika iya, maka wajib memakai masker yang satu ini. Yoghurt mengandung asam laktat yang dipercaya bisa mengencangkan kulit, sedangkan putih telur mengandung antibakterial dan protein yang bisa membuat kulit kita terbebas dari berbagai gangguan jerawat.

Cara menciptakan masker pisang, yoghurt, dan putih telur:
  • Langkah pertama siapkan terlebih dahulu 1 buah pisang segar, 4 sendok makan yoghurt, dan 1 butir telur, lalu ambil putihnya saja.
  • Campurkan semua materi diatas hingga merata dan membentuk krim/pasta. Usahakan agar tidak terlalu encer, karena nanti masker akan sulit dioleskan.
  • Sebelum mengaplikasikan ke wajah, bersihkan dulu area wajah dengan sabun khusus muka supaya kotoran di pori terlarut.
  • Setelah memastikan bersih, oleskan masker wajah alami ini secara merata keseluruh wajah. Beri pijatan lembut selama 5-10 menit supaya masker meresap sempurna.
  • Selanjutnya diamkan masker tersebut sekitar 30 menit. Apabila sudah kering dan mengencang bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Masker pisang dan lemon

Manfaat buah pisang untuk kulit berminyak cukup besar. Buah ini mengandung senyawa potasium dan vitamin C yang sanggup meringkas pori-pori di wajah, sehingga minyak berkurang. Kombinasikan dengan lemon segar supaya khasiatnya menjadi semakin maksimal.

Cara menciptakan masker pisang dan lemon:
  • Pertama kali siapkan 1 buah pisang segar dan 1 buah lemon.
  • Haluskan pisang tersebut dan campur dengan air perasan lemon hingga membentuk pasta/krim.
  • Oleskan masker wajah alami satu ini saat sobat hanhan selesai mandi. Sebab saat selesai mandi kulit dalam keadaan higienis dari kotoran.
  • Setelah masker dioleskan ke seluruh wajah, diamkan masker tersebut selama 30 menit. Agar khasiatnya maksimal, beri pijatan lembut pada bagian kulit yang berminyak seperti hidung, kawasan T, dan pipi yang merupakan sumber minyak.
  • Apabila wajah sudah mengencang dan kaku, bilaslah dengan memakai air hangat hingga bersih.

4. Masker pisang, air mawar, dan minyak zaitun

Jaman dahulu nenek moyang kita telah menggunakan air mawar dan minyak zaitun yang banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Menurut beberapa sumber, minyak zaitun dulunya dipakai oleh ratu Mesir yang secara rutin menggunakan minyak zaitun sesudah ia selesai mandi air mawar, ia ialah Ratu Cleopatra. Kombinasi antara pisang, air mawar, dan minyak zaitun akan menciptakan wajah yang nampak lebih awet muda.
 
Cara menciptakan masker pisang, minyak zaitun, dan air mawar:
  • Siapkan 1 buah pisang, 3 sendok makan minyak zaitun, dan 4 sendok makan air rendaman mawar.
  • Selanjutnya campurkan semua materi tersebut untuk menciptakan masker wajah alami. Pastikan adonan yang sobat hanhan bentuk pas dan tidak terlalu encer.
  • Sebelum menggunakan, bersihkan dulu wajah sobat hanhan dengan sabun muka sesuai jenis kulit.
  • Setelah higienis oleskan masker buah pisang tadi secara merata keseluruh wajah. kemudian diamkan 30 menit dan kemudian bilas dengan memakai air hangat.

5. Masker pisang, buah alpukat, dan tomat

Cara menciptakan masker wajah alami yang terakhir ialah dari gabungan pisang, alpukat, dan tomat. Bahan-bahan ini cukup berguna untuk menjadikan kulit sobat hanhan nampak lebih sehat dan cerah secara alami. Sebab kandungan nutrisi dalam pisang, alpukat, dan tomat akan merangsang regerenasi sel-sel kulit secara optimal.

Cara gampang menciptakan masker pisang, alpukat, dan tomat:
  • Siapkan terlebih dahulu 1 buah pisang, 1 cangkir buah alpukat, dan 1 buah tomat.
  • Haluskan semua materi tadi kemudian campur menjadi satu hingga membentuk pasta atau krim.
  • Oleskan masker alami yang sobat hanhan buat tadi setelah mandi keseluruh wajah. Diamkan masker selama 1 jam supaya meresap secara optimal.
  • Setelah meresap dan terasa kaku di wajah, bersihkan dengan memakai air hangat. keringkan dengan handuk halus, selesai.

Itulah beberapa cara menciptakan masker pisang yang bisa hanahanif sampaikan. Sobat hanhan bisa mencoba memakai salah satu masker diatas yang menurut sobat hanhan paling mudah. Cukup gunakan secara rutin 1x sehari saja dalam 1 bulan, maka sobat hanhan akan memiliki wajah yang cantik serta terbebas dari jerawat dan komedo.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar