Skip to main content

Sejuta Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Minyak zaitun secara turun temurun sudah dikenal mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Kandungan lemak jenuh yang rendah menjadikan minyak zaitun jauh lebih sehat daripada minyak lainnya, karena tidak beresiko menimbulkan penyakit kolesterol yang seringkali dikaitkan dengan kebiasaan konsumsi makanan yang berminyak.

Akan tetapi, meskipun minyak zaitun terkenal dengan kandungan lemak jenuh yang rendah, ternyata masih jarang ditemukan masyarakat yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama untuk memasak. 

Alasannya adalah karena harganya yang lebih mahal dari minyak goreng biasa. Padahal apabila kita mempertimbangkan banyaknya manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, tentu jauh lebih berharga daripada uang yang kita keluarkan untuk membeli minyak zaitun.


sejuta Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Minyak Zaitun

Sebelum membahas tentang sejuta manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan, disini hanahanif sedikit menginformasikan mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada minyak zaitun, sehingga memiliki banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan baik itu bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan bagi kaum wanita.


Dalam tiap 100 Gram minyak zaitun mengandung :


Manfaat & Khasiat Minyak Zaitun


1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Minyak dan kolesterol merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Biasanya orang akan beranggapan bahwa makanan yang berminyak pasti mengandung kadar kolesterol tinggi, sehingga cenderung memiliki efek negatif bagi kesehatan, sehingga beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit lainnya. Tapi, itu tidak berlaku bagi si minyak zaitun.

Dalam setiap 100 gram minak hanya 14% saja yang berjenis lemak jenuh, ini berarti sebagian besarnya adalah kadar lemak tak jenuh yang aman dikonsumsi, bahkan bisa menyehatkan. Kandungan vitamin E dan K yang terkandung dalam minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh penyebab penyakit.

2. Menurunkan angka kematian

Minyak zaitun juga dipercaya bisa menurunkan angka kematian. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi yang dilakukan di akhir tahun 1999 di Albania, negara muslim di Eropa. Studi ini ingin mengungkap rendahnya angka kematian di Albania, sekaligus mencari tahu apa latar yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Angka kematian yang tercatat saat itu adalah 41/ 100.000 jiwa, jumlah ini hanyalah separuh dari angka kematian yang tercatat di Inggris.

Setelah studi ini dilakukan, didapatkan kesimpulan salah satu hal yang mempengaruhi rendahnya angka kematian di Albania adalah konsumsi minyak zaitun secara rutin oleh penduduk. Jadi, bagi anda yang ingin berumur panjang, konsumsi minyak zaitun secara teratur mungkin bisa jadi hal yang patut dicoba.

3. Meningkatkan kualitas ASI

Sudah tidak diragukan jika Air Susu Ibu (ASI) adalah jenis makanan terbaik yang telah diciptakan untuk manusia dengan segala keajaiban kandungan zat gizi didalamnya.  Ada sebuah studi menarik yang dilakukan di awal tahun 1996 di Universitas Barcelona, Spanyol. Yaitu dengan mengumpulkan beberapa sampel ASI dari sejumlah ibu yang sedang menyusui, untuk mengetahui jenis lemak yang terkandung di dalam ASI tersebut.

Dari hasil penelitian ditemukan, bahwa ternyata ASI mengandung lemak berantai tunggal. Lemak jenis ini merupakan jenis lemak terbaik yang layak dan paling baik dikonsumsi manusia. Dan lemak ini pulalah yang ditemukan terkandung dalam minyak zaitun. Jadi kesimpulannya, minyak zaitun juga mengandung jenis lemak terbaik yang baik dikonsumsi oleh manusia.

4. Mencegah penyakit jantung

Salah satu organ yang memerankan tugas vital dalam tubuh adalah jantung, yang bertugas untuk memompakan darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung sehat, maka tubuhpun sehat, begitupun sebaliknya. Maka, kesehatan jantung wajib dijaga dengan baik. 

Tumpukan kolesterol yang terdapat di salurah pembuluh darah membuat kerja jantung menjadi semakin berat. Tidak jarang, sumbatan kolesterol ini berubah menjadi plak yang menyumbat peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Dengan rutin mengkonsumsi minyak zaitun, dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga menurunkan resiko terjangkitnya penyakit jantung maupun stroke.

5. Bagus Untuk kesehatan lambung

Meskipun diperlukan studi ilmiah lanjutan, namun minyak zaitun dipercaya juga bisa mengurangi resiko terjadinya peradangan lambung (sakit maag), tukak lambung bahkan  kanker lambung. Kadar polifenol yang cukup tinggi dalam minyak zaitun sepertinya menjadi salah satu penyebab terjaganya kesehatan lambung saat kita secara rutin mengonsumsinya.

Polifenol ini mempunyai sifat antibakteri yang mampu menangkal infeksi bakteri helicobacteri pylori, yang menyebabkan peradangan pada lambung. Bagi anda yang mudah terkena masuk angin atau perut sering merasa begah/ kembung, cobalah untuk mengkonsumsi 1-2 sendok makan minyak zaitun tiap pagi hari 1 jam sebelum sarapan..

6. Mengurangi resiko penyumbatan Pembuluh darah

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1999, disebutkan bahwa minyak zaitun kaya akan nutrisi yang mampu menangkal lemak-lemak jahat yang ada dalam makanan. Lemak jahat ini jika dibiarkan akan menyumbat di saluran pembuluh darah, sumbatan inilah yang nantinya akan memperberat kerja jantung dan berakhir dengan timbulnya beragam penyakit berbahaya seperti hipertensi, jantung dan stroke.

7. Mencegah Kanker Colon

Penyakit kanker colon atau kolon dan rectum adalah kanker yang menyerang bagian usus besar dan rectum. Kanker ini merupakan kanker peringkat ke 2 yang mematikan setelah kanker paru / bronchial.

Para ahli kesehatan meneliti bahwa Fenol dalam minyak zaitun extra virgin telah terbukti dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker usus besar. Menurut ahli, β reseptor estrogen pada minyak zaitun mempunyai efek perlindungan terhadap kankes usus besar dengan cara menghambat proliferasi sel-sel kanker usus besar. β reseptor estrogen merupakan utama dalam mukosa usus manusia. Dalam kanker usus, β reseptor estrogen menurun dan berkaitan dengan perkembangan kanker kolorektal.

Diyakini para ahli bahwa extra virgin yang terdapat dalam minyak zaitun sebagai anti-karsinogenik yang bersasal dari kanker usus besar, zat ini berasal dari susunan kimia yang menyerupai 17 β-estradio (bentuk utama dari estrogen pada manusia) , zat ini dapat melindungi usus besar manusia dari ancaman kanker.

8. Mengobati kanker kulit.

Dalam majalah Dermatdogg Times pada edisi Agustus tahun 2000 merilis hasil studi yang menjelaskan bahwa penggunaan minyak zaitun setelah melakukan aktivitas renang sebagai krim kulit dan selanjutnya berjemur, maka dapat mencegah terjadinya kanker kulit (melanoma).

Pada zaman Yunani, minyak zaitun memang sudah digunakan untuk terapi perawatan kulit. Orang-orang dahulu menjadikan minyak zaitun sebagai pelembab alami.

Pada zaman modern ini setelah di lakukan penelitian, paling tidak terdapat beberapa manfaat minyak zaitun untuk kulit yakni sebagai Antioksidan menetralisir radikal bebas, mengurangi timbulnya kanker kulit meskipun sudah terkena paparan sinar UV, baik diminum maupun di oleskan.

Manfaat lain minyak zaitun bagi kulit adalah membuat kulit tetap kenyal. Kulit kering disebabkan oleh kurangnya asam linoleat, sedangkan asam linoleat sendiri tidak bisa di hasilkan dari tubuh, tapi harus dari luar terutama dari krim topical, lotion atau dari diet. 

Cara penggunaan untuk mencegah kanker kulit dengan cara mengonsumsi minyak atau buahnya, menambahkan minyak ke dalam air mandi atau mengoleskannya secara langsung ke kulit.

9. Mengobati Tukak Lambung

Dalam sebuah hasil studi di kongres organisasi penyakit system pencernaan Amerika pada bulan Oktober tahu 2000, Dr Samut dari Harvard University Amerika, menyampaikan bahwa kandungan dalam minyak zaitun memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi risiko timbulnya penyakit tukak lambung.

Menurut Dr.Romero dalam laporan peneltiannya yang di publikasikan oleh ‘Journal ofAgriculture food chemistry” dan makalah lainnya, menurutnya, dari hasil penelitian membuka kemungkinan mempertimbangkan minyak zaitun extra virgin sebagai substansi pencegah dan pelindung (agen chemoprotective) untuk ulkus peptikum atau kanker lambung.

10. Mengurangi Peradangan Sendi

Majalah AMJ Clin NUTR yang terbit pada November tahun 1999, merilis hasil penelitian terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian seperti arthritis di Yunani utara. Para pasien ini di korelasikan dengan 109 orang yang sehat. Dalam penelitian tersebut tampak bahwa pengkonsumsi minyak zaitun terlindungi dari penyakit ini.

11. Menghilangkan Kutu Kepala

Beberapa hasil penelitian yang di lakukan di beberapa Universitas  dan lembaga penelitian kesehatan di Amerika, menyatakan bahwa kutu di kepala bisa di hilangkan hanya dalam beberapa jam saja dengan penggunaan minyak rambut minyak zaitun.

12. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius, dan banyak terjadi di semua belahan dunia. Penyakit ini disebabkan ketika pancreas sudah tidak mampu membuat insulin yang cukup guna memenuhi kebutuhan tubuh anda.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit diabetes dapat dicegah dengan diet minyak zaitun, karena minyak zaitun mampun mengurangi kadar glukosa, kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida dalam darah. Manfaat lain dari minyak zaitun bagi penderita diabetes, yaitu mampu mencegah penyakit lain yang biasanya muncul pada penderita diabetes, seperti arterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler.

Tidak hanya bisa mengobati diabetes, minyak zaitun juga bisa mencegah dan menunda munculnya penyakit. Bagaimana cara kerja minyak zaitun ini, yaitu dengan mencegah resistensi insulin dan mungkin berakibat pada peningkatan rusaknya HDL Kolesterol, menurunkan trigliserida serta memastikan pengendalian kadar gula darah yang lebih baik dan menurunkan tekanan darah.

13. Mengobati Gangguan Konstipasi (Sembelit).

Kontipasi atau biasa kita sebut sembelit merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Penyakit ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti, pola makan dan minum yang kurang sehat, pola makan yang tidak teratur, beberapa obat-obatan yang memicu munculnya sembelit.

Manfaat minyak zaitun dapat mengobati konstipasi, konsumsilah satu sendok minyak zaitun dan jus jeruk nipis hangat ataupun dingin. Ambillah satu sendok tes jus jeruk nipis, lalu dengan tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. 

Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara teratur maka penyakit kontipasi akan sembuh. Waktu mengonsumsi minyak zaitun sebaiknya dilakukan dipagi hari, sebelum sarapan. Sebab kandungan dalam minyak zaitun akan lebih efektif bila di konsumsi dalam keadaan perut kosong. Bila ternyata sudah makan, sebaiknya tundalah sampai satu jam.

14. Mengobati Kanker Rahim

Pada Bulan Mei 1996, sebuah majalah kanker Britania mempublikasikan sebuah studi yang menguji 145 wanita Yunani penderita kanker rahim. Para peneliti yang menghubungkan wanita-wanita kanker rahim tersebut yang banyak mengonsumsi minyak zaitun. Alhasil, para wanita yang mengonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terserang kanker rahim dan risiko terkena kanker rahim menurun sampai 25%.

15. Untuk Melembabkan Kulit.

Sejak zaman dahulu minyak zaitun di akui sebagai bahan alami untuk melembabkan kulit. Minyak zaitun dipakai selain sebagai bahan makanan, juga sebagai bahan dasar untuk campuran pembuatan kosmetik. Manfaat Minyak zaitun sering pula di jadikan bahan tambahan kosmetik karena manfaat untuk kulit sangat banyak.

Partikel pada minyak zaitun lebih halus daripada minyak sawit (minyak goreng), karenanya minyak zaitun dapat di serap sempurna oleh kulit, sehingga dapat mengatasi kulit kering, keriput dan kasar. Caranya cukup mengoleskan minyak zaitun secara rutin sebanyak 2 kali sehari di bagian kulit yang terlihat kering. Biasanya dalam waktu 2 hingga 3 hari kulit akan terlihat hasilnya lebih halus dan lembut.

16. Bahan Penghalus Kulit

Karena Mengandung vitamin E yang melimpah sehingga untuk urusan menghaluskan kulit, minyak zaitun memang pilihan yang tepat. Untuk menghilangkan kulit kering dan kasar bisa di hilangkan dengan menggunakan minyak zaitun secara teratur, caranya dengan mengoleskannya pada bagian yang kasar seperti telapak tangan 2 hingga 3 kali sehari. Lihat saja hasilnya dalam 3 hari. Kulit tangan akan terasa lebih lembut dan halus.

17. Pemutih kulit alami

Indonesia memang terkenal dengan wanita-wanita dengan kulit eksotis sawo matang. Jenis kulit ini sebetulnya juga cantik, asalkan dirawat dengan baik dan bersih. Namun, gempuran budaya dari negara luar yang masuk ke tanah air membuat banyak wanita yang berlomba-lomba ingin memiliki kulit mulus putih seperti artis-artis Korea atau Jepang.

Kabar gembiranya, minyak zaitun juga berkhasiat memutihkan kulit dengan alami. Hal ini karena dalam minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin C. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, campurkan jeruk nipis dan madu ke dalamnya. 

Setelah diaduk dengan rata, aplikasikan ke seluruh bagian wajah sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat dan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, perawatan ini bisa dilakukan seminggu sekali.

18. Mengobati Kulit kaki Pecah

Akibat dari kelembaban kulit kaki yang tidak terjaga, olive oil juga bisa menjadi pilihan alami mengobati kulit kaki pecah-pecah. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun secara teratur pada siang hari dan malam sebelum tidur, tunggulah beberapa saat sebelum di cuci. 

Bila pemakaian secara rutin dilakukan, kurang dari seminggu kulit kaki akan terlihat lebih sehat, pecah-pecah di kaki akan berkurang dan hilang.

19. Mengencangkan kulit dan Menghambat Penuaan

Karena usia yang semakin bertambah berakibat pada pengriputan kulit di wajah, itu sudah umum terjadi. Hal ini biasanya di tandai dengan munculnya garis-garis halus di sekitar daerah mata dan pipi. Untuk mengatasi hal ini cobalah menggunakan krim malam. 

Oleskan olive oil sebelum tidur, dan biarkan kandungan dalam manfaat minyak zaitun bekerja di kulit selama anda tidur. Setelah bangun tidur anda akan merasakan perubahan pada kulit wajah anda, biasanya akan terasa lebih kencang dan halus. Bila dilakukan secara rutin setiap 3-4 kali seminggu, maka hasilnya akan terlihat jelas.

20. Menghilangkan Mata Panda

Istilah mata panda ini merujuk pada adanya warna hitam di sekitaran mata terutama di bagian bawah, mata panda disebabkan beberapa hal yaitu kurang tidur, dehidrasi, terlalu lama di depan computer, menangis dan juga faktor keturunan.

Untuk menghilangkan mata panda ini cukup mudah, cukup dengan mengoleskan minyak zaitun di sekitar bawah kelopak mata secara perlahan sambil di pijit lembut untuk meregangkan otot-oto yang kaku sekaligus mengurangi pembengkakan ringan di daerah tersebut. Setelah di rasa cukup , bilaslah dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu, maka dalam pemakaian yang tidak lama, mata panda akan hilang.

21. Mengatasi Wajah Berminyak

Bagian kebanyakan orang yang memperhatikan penampilan, wajah berminyak menjadi masalah serius. Oleh karenanya, penting untuk dicarikan solusi agar masalah tidak menjadi berlama-lama.
Tahap pertama yang perlu anda coba adalah menggunakan masker yang telah di campur minyak zaitun dan bubuk cendana. 

Sebaiknya gunakan ketika wajah terasa lelah, gunakan masker selama 15 menit. Setelah di rasa cukup, angkat masker menggunakan air dingin, keringkan wajah menggunakan tisu atau seka dengan tangan. Gunakan secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Dalam beberapa hari akan tampak hasilnya.

22. Mengangkat Kotoran di Wajah

Bila mak orang yang sering bepergian keluar rumah atau biasa di lapangan, pastikan memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan, terutama kulit. Setelah melakukan aktivitas di luar ruangan, gunakan minyak zaitun. Pertama, cuci muka menggunakan air hangat atau bisa juga menggunakan uap mendidih. Ini bertujuan untuk membuka pori-pori di wajah. 

Kemudian gunakan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Bila dirasa cukup, bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi menggunakan air dingin supaya kotoran yang sudah keluar tidak bisa masuk ke dalam prodi-pori lagi.

23. Menghilangkan jerawat

Jerawat biasanya jadi keluhan masalah kulit wajah yang paling sering dikeluhkan, meskipun sebetulnya jerawat tidak hanya muncul di area wajah, karena bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya seperti bagian punggung, dada atau leher. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, misalnya kebersihan wajah yang kurang terjaga, tingginya kadar minyak di kulit wajah, atau stress.

Apapun penyebabnya, masalah jerawat haruslah segera diatasi agar kita bisa tampil dengan lebih percaya diri. Manfaat Minyak zaitun bisa membantu untuk mengatasi masalah jerawat dengan cara yang sangatlah praktis. Caranya, cukup siapkan minyak zaitun secukupnya, kemudian dihangatkan. Setelah itu, langsung aplikasikan minyak zaitun ke seluruh bagian wajah.

24. Menangkal Radikal Bebas

Hidup di zaman modern seperti sekarang ini, bahaya radikal bebas banyak mengintai kesehatan. Ada banyak cara mencegah dari bahaya radikal bebas, salah satunya dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung antioksidan polifenol yang membantu tubuh untuk melindungi dari serangan radikal bebas dengan cara detoksifikasi molekul tak seimbang sehingga ampuh untuk mencegah serangan radikal bebas yang merusak kesehatan.

25. Menurunkan Tekanan darah tinggi

Bagi anda yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi atau yang sekarang sedang dalam rentang konsumsi obat penurun tekanan darah tinggi, maka cobalah konsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari. 

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Napoli, Italia pada tahun 2000 didapatkan hasil bahwa konsumsi minyak zaitun memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan kadar tekanan darah. 

Penelitian ini dilakukan pada 32 orang pasien yang sedang dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Sebagian pasien mengonsumsi minyak zaitun dan sebagian lainnya tidak, dari hasil diketahui kelompok pasien yang mengonsumsi minyak zaitiun menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sebanyak 7 poin.

26. Mencegah Kanker Payudara

Khasiat lain mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin adalah bisa mencegah terjadinya kanker payudara. Hingga kini, kanker payudara masih bertengger di urutan teratas sebagai kanker pembunuh kaum wanita. 

Berbagai penelitian telah banyak dilakukan untuk mengetahui apakah minyak zaitun memberikan dampak positif terhadap kesehatan wanita, khususnya mencegah wanita terjangkit kanker payudara.

Ada 2 penelitian penting yang sampai saat ini menjadi rujukan ilmiah, yaitu studi yang dipublikasikan pada tahun 1995 dan 1998. Penelitian dilakukan pada lebih dari 2500 wanita. 

Hasilnya, didapatkan adanya hubungan dan andil besar dari konsumsi minyak zaitun terhadap upaya pencegahan dan perlindungan wanita dari serangan kanker payudara. 

Selain itu, dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa konsumsi satu sendok minyak zaitun secara rutin setiap hari bisa mengurangi resiko terjadinya kanker payudara hingga 45%.

27. Mengembangkan Rambut

Siapa bilang perawatan rambut itu selalu mahal dan harus dilakukan di salon kecantikan? Cukup dengan membuat ramuan tradisional dengan bahan minyak zaitun dan bahan lainnya, anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang tidak kalah dengan perawatan di salon kecantikan.

Minyak zaitun ini juga bisa bermanfaat untuk membut rambut mengembang. Nah, ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai rambut tipis, sehingga terkesan  lepek.

Caranya sangat mudah, yaitu siapkan dua butir telur, mangkuk, sendok makan, satu cangkir minyak zaitun, dan madu secukupnya. Langkah pertama, kocok dua butir telur diatas mangkuk yang sudah disiapkan. 

Aduk hingga rata dengan menggunakan sendok. Tambahkan satu gelas minyak zaitun dan 2 sendok makan madu. Aduk hingga rata, dan diamkan sekitar 2 menit hingga campuran kalis. 

Setelah itu usapkan campuran tadi ke atas kepala dengan perlahan dan merata, sambil dipijat dengan ringan. Diamkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas rambut hingga bersih.

28. Mengobati rambut rontok

Rambut rontok seringkali jadi masalah terutama berhubungan dengan kepercayaan diri saat tampil di depan orang lain. Mencoba berganti-ganti merk shampoo tapi tidak memperbaiki rambut, bahkan kerontokan justru bertambah parah? Ada baiknya anda mencoba perawatan rambut dengan tambahan minyak zaitun, karena minyak zaitun terbukti bisa mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok dan bercabang.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun bisa menghambat terjadinya kerusakan sel pada rambut yang menyebabkan kerontokan. Selain itu, minyak zaitun juga bisa menekan produksi hormone DTH di kulit kepala yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

Cara  perawatan rambut dengan minyak zaitun adalah sebagai berikut :
Haluskan kelopak bunga mawar, ekstrak bunga melati, madu dan minyak zaitun, kemudian campur dan aduk semua bahan, masukkan ke dalam botol dan diamkan selama 24 jam agar semua ramuan bisa tercampur dengan baik. Setelah itu, ramuan bisa langsung dipakai. 

Caranya, basahi dulu semua permukaan rambut, dianjurkan untuk membasuh dengan air hangat tujuannya untuk membuka pori kulit kepala. Oleskan semua ramuan ke kulit kepala dengan rata, sambil dipijat dengan ringan. Diamkan selama beberapa menit, barulah dibilas dengan air dingin.

29. Membersihkan sel kulit mati

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membersihkan sel-sel kulit mati di area-area tubuh yang biasanya agak sulit dibersihkan, misalnya di area selangkangan, lipatan paha, bagian belakang telinga dan area lipatan tubuh lainnya. 

Mempunyai fungsi yang sama seperti halnya baby oil, dengan menggunakan minyak zaitun sel-sel kulit mati biasanya akan dengan mudah dibersihkan dan membuat kulit menjadi bersih kembali. 

Caranya, cukup oleskan minyak zaitun secara merata ke daerah yang akan dibersihkan. Kemudian gosok dengan perlahan hingga bersih. Minyak zaitun membantu proses pembersihan dengan lebih mudah.

30. Menghilangkan stretch mark

Pasca melahirkan atau anda mengalami kenaikan berat badan, biasanya menyisakan stretch mark atau garis halus di beberapa bagian tubuh seperti perut dan paha. Garis halus seperti ini tentu akan mengganggu penampilan dan kepercayaan kita di depan suami ya Mak. Nah, kita coba yuk menghilangkan stretch mark ini dengan menggunakan minyak zaitun. 

Caranya pun sangat mudah, cukup oleskan minyak zaitun secara merata pada area stretch mark sambil dipijat dengan halus dan lembut. Penggabungan antara pijatan dan minyak zaitun, membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, regenerasi kulit menjadi lebih cepat dan stretch mark pun bisa segera hilang.

31. Mengatasi Bibir Kering, Pecah-pecah

Bibir anda kering dan pecah-pecah ? penggunaan lipstick atau pelembab bibir tidak membantu mengurangi keringnya? Coba oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Minyak zaitun mengandung pelembab alami, sehingga bisa mencegah terjadinya bibir kering dan pecah.

32. Mencegah Osteoporosis

Minyak zaitun berperan membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Jika kalsium diserap dengan optimal oleh tubuh maka masa tulang menjadi lebih padat dan bisa mencegah osteoporosis di usia lanjut. Minyak zaitun juga sangat baik dikonsumsi oleh anak,karena bisa membantu tubuh anak menjadi lebih tinggi .

33. Mencegah penyakit Alzheimer

Oleocanthal adalah jenis senyawa fenolic alami yang terdapat dalam ekstra virgin olive oil (EVOO). Oleocanthal inilah yang diketahui bisa mengatasi protein abnormal penyebab dan membantu mengurangi akumulasi beta-amyloid sebagai penyebab Alzheimer. 

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa di negera-negara Mediterania, kasus Alzheimer sangat rendah, setelah diamati karena masyarakat disana banyak mengonsumi minyak zaitun.

34. Mengobati Peradangan Pankreas Akut

Kandungan hidrokortisol dan asam oleic yang terdapat dalam minyak zaitun terutama jenis Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO) terbukti efektif memperlambat proses peradangan pada pankreas.  Penelitian yang dilakukan di Universitas of Granada, Spanyol juga mendapatkan hasil yang sama. Kandungan yang terdapat dalam EVOO bisa mencegah tubuh terserang penyakit pancreatitis akut.

35. Menjaga kesehatan hati

Manfaat lain dari mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin adalah menjaga kesehatan hati. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas King Saudi, Arab Saudi dan Universitas Monastir, Tunisia mendapatkan hasil bahwa Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO) bisa memberikan perlindungan organ hati dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan molekul berbahaya lain yang ada dalam tubuh.

36. Menurunkan berat badan

Salah satu rahasia kesehatan penduduk negera-negara Mediterania, sehingga tetap sehat dan tidak mengalami masalah berat badan adalah konsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari. Jika diakumulasikan, konon penduduk setempat bisa menghabiskan 20 liter Ektras Virgin Olive Oil (EVOO) per tahunnya. 

Minyak zaitun sangat baik digunakan sebagai kombinasi menu diet bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan menurut seorang kepala produsen minyak yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan, Leandro Ravetti mengatakan, diet yang kaya EVOO bisa menghasilkan berat badan ideal yang lebih stabil dibandingkan diet dengan prinsip rendah lemak. 

37. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kaya akan antioksidan yang membantu tubuh menangkal berbagai radikal bebas, membuat minyak zaitun sangatlah baik untuk meningkatkan system kekebalan tubuh manusia. Konsumsi minyak zaitun secara rutin terbukti efektif membuat tubuh menjadi tidak mudah terserang berbagai jenis infeksi. Dan hebatnya, ada banyak zat antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun yang tidak ditemukan dalam jenis minyak yang lainnya. 

38. Mencegah Depresi

Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik, minyak zaitun juga memberikan manfaat pula bagi kesehatan mental kita. Berbeda dengan diet yang berprinsip rendah lemak, biasanya yang terjadi adalah peningkatan level stress dan kecemasan, diet yang menambahkan minyak zaitun justru terjadi sebaliknya.

Depresi ataupun masalah mental/psikis lainnya bisa terjadi saat otak tidak mendapatkan cukup asupan “hormone bahagia” seperti dopamine serotonin. Hormone cinta ini sangat penting sebagai senyawa kimia yang membantu mengatur perasaan, meningkatkan kualitas tidur hingga mengatur bagaimana pikiran kita berjalan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Las Palmas, Spanyol menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak memiliki hubungan terbalik dengan angka kejadian depresi, atau dengan kata lain lemak tak jenuh tidak punya hubungan apapun dengan depresi. 

Namun kebalikannya, justru lemak jenuh memiliki hubungan dengan tingkat depresi seseorang. Semakin tinggi kadar lemak jenuh yang dikonsumi maka tingkat depresi pun akan semakin tinggi.

39. Mencegah Kepikunan

Selain karena faktor usia, menurunnya fungsi sel syaraf otak, stress dan faktor kurangnya tidur, faktor konsumsi makanan yang buruk juga mempengaruhi seseorang terkena penyakit pikun ini. Kurangnya asupan asam lemak tak jenuh juga bisa menyebabkan kepikunan. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh sehingga bisa mengurangi resiko atau mencegah kepikunan sejak muda.

40. Membantu Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Minyak zaitun juga bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh dan mengurangi resiko terjadinya PMS (pre-menstrual syndrome), kemandulan atau menopause dini. Jadi, sangat dianjurkan untuk selalu menyertakan minyak zaitun di dalam daftar menu sehari-hari kita,  jika ingin mendapatkan beragam manfaatnya.

Minyak zaitun mensuplai kebutuhan lemak penting/essensial yang bisa membantu bekerjanya  tyroid, adrenalin dan kelenjar pituitary. Ketiganya bekerja bersama untuk memproduksi dan menyeimbangkan hormon tubuh.  Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi estrogen.

Nah itulah sejuta manfaat minyak zaitun yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya dengan teratur. Selamat mencoba.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar