Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami yang Mudah dan Terbukti Ampuh




Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi pada remaja hingga orang dewasa. Namun, selain jerawat yang muncul di wajah, bekas jerawat juga bisa menjadi masalah serius yang mengganggu penampilan. Bahkan, bekas jerawat bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, sebelum mencoba berbagai cara, ada baiknya kamu mengenali jenis-jenis bekas jerawat terlebih dahulu. Ada tiga jenis bekas jerawat, yaitu:

Bekas Jerawat Noda Merah

Jenis bekas jerawat yang satu ini biasanya muncul setelah jerawat meradang dan pecah. Bekas jerawat noda merah ini bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Namun, jika kamu ingin menghilangkan bekas jerawat noda merah secara lebih cepat, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini:

1. Lemon

Jeruk lemon mengandung vitamin C dan alpha hydroxy acid (AHA) yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat noda merah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memeras jeruk lemon dan mengoleskan airnya ke bekas jerawat noda merah. Lakukan secara teratur selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya

Getah lidah buaya memiliki kandungan aloin yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat noda merah. Caranya, kamu cukup mengoleskan getah lidah buaya segar ke bekas jerawat noda merah dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca Juga  Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang dengan Mudah dan Efektif

Bekas Jerawat Bekas Luka

Jenis bekas jerawat yang satu ini biasanya muncul setelah jerawat pecah dan meninggalkan luka. Bekas jerawat bekas luka ini bisa membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh dan memudar. Namun, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini untuk membantu menghilangkan bekas jerawat bekas luka:

1. Madu

Madu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit, seperti vitamin C, asam amino, dan antioksidan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke bekas jerawat bekas luka dan biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang bisa membantu merangsang regenerasi sel kulit dan memudarkan bekas jerawat bekas luka. Caranya, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa ke bekas jerawat bekas luka dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih.

Bekas Jerawat Bekas Bopeng

Jenis bekas jerawat yang satu ini biasanya muncul setelah jerawat pecah dan meninggalkan lubang atau bopeng pada kulit. Bekas jerawat bekas bopeng bisa jadi sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, kamu bisa mencoba beberapa cara alami berikut ini:

1. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam ricinoleat dan asam oleat yang bisa membantu memperbaiki struktur kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Caranya, kamu cukup mengoleskan minyak jarak ke bekas jerawat bekas bopeng dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air bersih.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bisa membantu memperbaiki struktur kulit dan memudarkan bekas jerawat bekas bopeng. Caranya, kamu bisa menghaluskan beberapa siung bawang putih dan mengoleskannya ke bekas jerawat bekas bopeng lalu biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca Juga  Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan dengan Bahan Alami

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu coba. Namun, perlu diingat bahwa hasilnya mungkin berbeda-beda pada setiap orang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencoba satu atau dua cara terlebih dahulu dan lihat hasilnya setelah beberapa minggu. Jika tidak ada perubahan atau bahkan memburuk, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat.