Cara Mengobati Cantengan Bernanah di Jari Tangan secara Efektif

Cantengan adalah kondisi medis yang umum terjadi. Ini terjadi ketika sudut kuku tangan atau kaki tumbuh ke dalam kulit, menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Jika tidak diobati dengan benar, kondisi ini bisa memburuk, bahkan menyebabkan nanah di jari tangan atau kaki.

Apa Saja Gejala Cantengan?

Jika Anda mengalami cantengan pada jari tangan, gejalanya mungkin termasuk pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit di sekitar kuku. Jika infeksi terjadi, Anda mungkin juga melihat nanah atau cairan kuning di sekitar kuku. Jika kondisi ini terus dibiarkan, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam berjalan atau berdiri.

Apa Sebab Terjadinya Cantengan?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan cantengan di jari tangan meliputi:

  • Memotong kuku terlalu pendek
  • Memotong kuku dalam bentuk melingkar
  • Memakai sepatu yang terlalu ketat
  • Memiliki kuku yang melengkung
  • Cedera pada kuku atau jari tangan

Cara Mengobati Cantengan Bernanah di Jari Tangan

Jika Anda mengalami cantengan yang sudah bernanah di jari tangan, Anda perlu mengobatinya dengan benar agar tidak semakin parah. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengobati cantengan:

1. Rendam Jari Tangan dalam Air Hangat

Rendam jari tangan yang sakit dalam air hangat selama 15-20 menit setiap hari. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, serta membantu mengurangi risiko infeksi.

Baca Juga  Cara Alami Menghilangkan Bruntusan di Wajah: Tips Ampuh dan Mudah

2. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Jika Anda mengalami rasa sakit yang parah karena cantengan, gunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol untuk membantu mengurangi rasa sakit.

3. Gunakan Kompres Es

Jika Anda mengalami pembengkakan pada jari tangan karena cantengan, gunakan kompres es untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

4. Jangan Memotong Kuku Anda

Jangan memotong kuku Anda jika Anda mengalami cantengan. Biarkan kuku tumbuh dan jangan memakai sepatu yang terlalu ketat. Jika Anda perlu memotong kuku, pastikan untuk memotongnya secara datar dan jangan memotong sudut kuku.

5. Gunakan Obat Antibiotik

Jika cantengan Anda sudah bernanah, Anda mungkin perlu menggunakan obat antibiotik untuk membantu mengobati infeksi. Obat ini dapat diresepkan oleh dokter Anda.

6. Hindari Menggores atau Menekan Area yang Terinfeksi

Jangan menggores atau menekan area yang terinfeksi karena ini dapat memperparah kondisi Anda. Biarkan area tersebut tetap bersih dan kering dan hindari melakukan aktivitas yang dapat memperparah kondisi Anda.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Jika cantengan Anda parah atau tidak kunjung sembuh setelah beberapa hari, Anda harus mencari bantuan medis. Dokter Anda mungkin meresepkan obat antibiotik atau bahkan melakukan tindakan bedah kecil untuk membantu mengobati kondisi Anda.

Bagaimana Cara Mencegah Cantengan?

Beberapa cara untuk mencegah cantengan di jari tangan meliputi:

  • Jangan memotong kuku terlalu pendek
  • Jangan memotong kuku dalam bentuk melingkar
  • Hindari memakai sepatu yang terlalu ketat
  • Jangan memakai sepatu dengan ujung yang sempit
  • Jangan memakai kaus kaki yang terlalu ketat
  • Jangan menggigit atau mencabik kuku Anda
  • Mencuci tangan dan kaki secara teratur

Kesimpulan

Cantengan adalah kondisi medis yang umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit dan infeksi. Jika Anda mengalami cantengan bernanah di jari tangan, Anda perlu mengobatinya dengan benar agar tidak semakin parah. Berbicara dengan dokter Anda atau mengikuti tips di atas dapat membantu Anda mengobati kondisi Anda dan mencegahnya terjadi di masa depan.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Lendir di Paru-Paru dengan Alami