Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak

Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak




Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak



Cantengan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika sudut kuku tumbuh ke dalam kulit jari kaki atau tangan, sehingga menimbulkan peradangan dan rasa sakit. Jika tidak ditangani dengan baik, cantengan bisa memburuk dan menyebabkan bengkak atau bahkan infeksi. Lalu, bagaimana cara mengobati cantengan yang sudah bengkak? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Cantengan

Sebelum membahas cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, penting untuk mengetahui penyebab terjadinya cantengan. Beberapa faktor yang bisa memicu cantengan antara lain:

  • Potongan kuku yang terlalu pendek atau tidak rata
  • Memotong sudut kuku terlalu pendek
  • Memakai sepatu yang terlalu sempit atau ketat
  • Cedera pada jari kaki atau tangan
  • Infeksi bakteri atau jamur

Gejala Cantengan

Gejala cantengan yang paling umum adalah rasa sakit dan pembengkakan di sekitar kuku yang terkena. Beberapa gejala lain yang bisa muncul antara lain:

  • Kemerahan dan peradangan di sekitar kuku
  • Timbulnya nanah atau cairan dari kuku yang terkena
  • Benjolan atau pembengkakan yang terasa nyeri

Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak

Jika cantengan sudah mengalami pembengkakan, maka perlu dilakukan penanganan yang tepat untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah beberapa cara mengobati cantengan yang sudah bengkak:

Baca Juga  Cara Mengobati Dubur Sakit Setelah Bab dengan Mudah dan Efektif

1. Perendaman Kaki atau Tangan

Perendaman kaki atau tangan dalam air hangat bisa membantu meredakan rasa sakit dan peradangan akibat cantengan. Caranya, rendam jari yang terkena cantengan dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam selama sekitar 15-20 menit. Ulangi sebanyak 2-3 kali sehari.

2. Penggunaan Antibiotik

Jika cantengan sudah parah dan terinfeksi, maka perlu dikonsumsi antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Namun, penggunaan antibiotik sebaiknya hanya dilakukan atas rekomendasi dokter.

3. Mengompres dengan Es Batu

Untuk meredakan pembengkakan dan nyeri, cobalah mengompres jari yang terkena cantengan dengan es batu yang dibungkus dengan kain bersih. Lakukan selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Hindari Memakai Sepatu yang Sempit atau Ketat

Memakai sepatu yang terlalu sempit atau ketat bisa memperparah kondisi cantengan. Sebaiknya, pilih sepatu yang nyaman dan tidak terlalu menekan jari kaki atau tangan.

5. Konsultasi ke Dokter

Jika cantengan sudah parah atau tidak kunjung sembuh setelah melakukan perawatan di rumah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

Cara Mencegah Cantengan

Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cantengan:

1. Potong Kuku dengan Benar

Potong kuku secara teratur dan pastikan tidak terlalu pendek atau tidak rata. Hindari memotong sudut kuku terlalu pendek, karena bisa memicu terjadinya cantengan.

2. Jangan Memakai Sepatu yang Sempit atau Ketat

Pilihlah sepatu yang nyaman dan tidak terlalu menekan jari kaki atau tangan. Hindari memakai sepatu yang terlalu sempit atau ketat.

3. Jaga Kesehatan Kuku

Rajinlah membersihkan kuku dan jangan biarkan kuku terlalu panjang. Gunakan gunting kuku yang bersih dan tajam untuk memotong kuku.

Baca Juga  Cara Memakai Scrub Wajah yang Benar dan Efektif

4. Hindari Cedera pada Jari Kaki atau Tangan

Hindari cedera pada jari kaki atau tangan, karena bisa memicu terjadinya cantengan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan alas kaki yang tepat saat berolahraga atau aktivitas lainnya.

5. Jangan Mencabik-cabik Kuku

Jangan mencabik-cabik kuku atau memainkan kuku dengan jari, karena bisa memicu terjadinya cantengan atau infeksi lainnya.

Kesimpulan

Cantengan memang bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Namun, dengan melakukan perawatan yang tepat dan mencegah terjadinya cantengan, kita bisa menghindari masalah kesehatan yang satu ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kuku dan jari kaki atau tangan, serta berkonsultasi dengan dokter jika kondisi cantengan sudah parah atau tidak kunjung sembuh.