Cara Mengobati Scabies: Menghilangkan Gatal dan Ruam dengan Pengobatan yang Tepat

Scabies adalah infeksi kulit yang sangat menular dan disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Infeksi ini ditandai dengan gatal, ruam merah, dan pustula. Tungau ini dapat menyebar melalui kontak kulit dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi. Kondisi ini membutuhkan pengobatan segera untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan mengurangi gejala yang tidak nyaman.

Ada banyak cara mengobati scabies, mulai dari pengobatan obat-obatan hingga pengobatan alami. Namun, sebelum memilih pengobatan yang tepat, penting untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda infeksi scabies. Hal ini akan membantu Anda memilih pengobatan yang tepat dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Gejala dan Tanda-tanda Infeksi Scabies

Gejala paling umum dari scabies adalah gatal yang parah, terutama di malam hari. Gatal biasanya terjadi pada area tubuh yang terinfeksi, seperti perut, paha, bokong, dan ketiak. Selain gatal, tanda-tanda infeksi scabies meliputi:

  • Ruam merah dan berbentuk garis kecil atau bintik-bintik kecil
  • Pustula atau lepuhan kecil di kulit
  • Sensasi seperti terbakar atau tergigit pada kulit
  • Kulit yang terinfeksi menjadi kasar dan kering
  • Peningkatan sensitivitas kulit terhadap gigitan serangga

Pengobatan Obat-obatan untuk Scabies

Pengobatan obat-obatan adalah cara paling umum untuk mengobati scabies. Obat-obatan ini biasanya tersedia dalam bentuk krim atau lotion dan mengandung bahan aktif seperti permetrin, ivermektin, atau sulfur. Pengobatan obat-obatan harus diresepkan oleh dokter, dan harus digunakan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Permetrin adalah obat paling umum yang digunakan untuk mengobati scabies. Obat ini bekerja dengan membunuh tungau dan telurnya pada kulit. Permetrin biasanya diberikan dalam bentuk krim atau lotion, dan harus dioleskan ke seluruh tubuh, dari leher ke bawah, selama 8-14 jam. Setelah pengobatan, kulit biasanya akan terasa gatal dan merah selama beberapa hari, tetapi gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga  Cara Mengatasi Susah Tidur Secara Alami

Obat lain yang digunakan untuk mengobati scabies adalah ivermektin. Obat ini biasanya diresepkan untuk kasus yang lebih parah atau untuk orang yang tidak merespons pengobatan permetrin. Ivermektin tersedia dalam bentuk pil dan harus diminum sesuai dengan dosis yang diresepkan oleh dokter.

Pengobatan Alami untuk Scabies

Selain pengobatan obat-obatan, ada juga pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati scabies. Pengobatan alami ini biasanya menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah atau toko bahan makanan. Namun, pengobatan alami ini tidak selalu efektif dan dapat menyebabkan iritasi kulit jika digunakan secara berlebihan.

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati scabies:

  • Cuka apel: Cuka apel dapat membantu membunuh tungau pada kulit. Campurkan cuka apel dengan air, dan oleskan pada kulit yang terinfeksi menggunakan kapas atau bola kapas.
  • Minyak pohon teh: Minyak pohon teh memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu membunuh tungau pada kulit. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, dan oleskan pada kulit yang terinfeksi.
  • Jus bawang putih: Bawang putih memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu membunuh tungau pada kulit. Hancurkan beberapa siung bawang putih, dan campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada kulit yang terinfeksi, dan biarkan selama beberapa jam sebelum membilasnya dengan air hangat.

Cara Mencegah Penyebaran Scabies

Scabies sangat menular, dan dapat menyebar melalui kontak kulit dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi. Oleh karena itu, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mencegah penyebaran scabies.

Berikut adalah beberapa cara mencegah penyebaran scabies:

  • Jangan berbagi pakaian, handuk, atau barang-barang pribadi dengan orang yang terinfeksi scabies
  • Cuci pakaian, handuk, dan linen tempat tidur dengan air panas dan sabun
  • Vakum karpet, sofa, dan tempat tidur secara teratur untuk menghilangkan tungau yang mungkin ada di sana
  • Gunakan sarung tangan saat membersihkan barang-barang yang terkontaminasi, seperti pakaian dan linen tempat tidur
  • Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air
Baca Juga  Cara Membuat Wajah Putih Glowing Secara Alami dan Permanen

Kesimpulan

Scabies adalah infeksi kulit yang sangat menular dan dapat menyebabkan gatal, ruam merah, dan pustula pada kulit. Ada banyak cara mengobati scabies, mulai dari pengobatan obat-obatan hingga pengobatan alami. Namun, sebelum memilih pengobatan yang tepat, penting untuk mengetahui gejala dan tanda-tanda infeksi scabies. Selain itu, mengambil langkah-langkah pencegahan dapat membantu mencegah penyebaran scabies ke orang lain.